Tips Memilih Sekolah PAUD ala mama Jojo


Setelah saya pikir - pikir, daripada sebut merk mending saya kasih tips dalam memilih sekolah untuk anak yang oke aja deh ya. Siapa tau bisa jadi dasar pertimbangan para mommies untuk memilih sekolah. Harusnya kalo uda bulan segini sih uda pada daftar sekolah ya. Ya sapa tau buat taun depan pas mau cari sekolah buat anaknya jadi bisa nambah - nambah pertimbangan. Postingannya saya bagi 2 aja ya. Buat TK dan SD. Kalo SMP dan SMU monmaap saya ga bisa kasih dulu. Soalnya belom punya anak umur SMP plus dulu sekolah tempat saya kerja belum sampai SMP. Jadi saya ga berani kasih tips. Hehehe

Untuk PAUD sendiri, seperti postingan saya sebelumnya tentang Gimana cara mengajarkan calistung ke Jojo sebutkan bahwa saya sangat anti mencari sekolah yang pendekatannya ke calistung di usia PAUD. Jadi buat emak - emak yang berbeda pandangan dengan saya, lewatkan saja postingan ini. Soalnya pasti malah bakal salah pilih sekolah. Hehe..

Buat saya sendiri, kenapa sih saya ga mau cari sekolah yang pendekatannya ke akademis?
  1. Pengalaman saya pribadi. Kebetulan saya ini tipe kinestetik dan sangat lemah dengan hapalan. Jadi saya sangat menderita saat dulu di suruh sekolah kerjanya ngapalin terus. Uda gitu saya orangnya penasaran dengan banyak hal. Kalo saya pengen tau banget tentang sesuatu, ga tidur beberapa hari buat mempelajari atau mencari tau juga bakal bisa banget. Tapi kalo saya ga tau ini tujuan ngapalin buat apa, mau saya baca kenceng - kenceng itu pelajaran semaleman juga ga ada yang nempel di kepala saya. Entah mengapa. Saya melihat Jojo juga tipe belajarnya kinestetik. Kaya saya. Jadi saya kebayang banget kalo mereka berdua disuruh ngikut gaya belajar auditori ( kebanyakan yang dipraktekkan sekolah ), bakal stress kaya apa.
  2. Kebutuhan dunia jaman sekarang. Anak jaman sekarang itu beda dari anak jaman dulu. Karena semua sudah begitu cepat dengan adanya teknologi, semakin cepat juga lah perkembangan anak - anak kita. Mau tau apa aja ga usah nunggu ganti bab atau naik kelas buat belajar suatu topik. Tinggal googling or utube, ketemulah apa yang ingin mereka tahu. Nah kebayang kan kalo anak - anak masih diajarin gaya belajar dari hapal buku tok. Yang ada manusia - manusia lain uda sampe planet mana, eh anak kita masih disini - sini aja.
  3. Ga mau mengambil hak main mereka di usia mereka. Menurut saya ga adil banget kita punya masa kecil yang bahagia, tapi kita membuat anak - anak kita ga bahagia dengan masa kecilnya. Emang, dulu sekolah kita juga sama susahnya. Belajar tiap hari, disiplin banget dan banyak tugas dan ulangan. Tapi kita ga mulai dari usia TK kan melakukan itu semua. Saya ingat sekolah mulai menakutkan itu kira - kira kelas 5 SD ke atas lah.. Di mana pas ujian uda mulai mules. Sebelumnya? Saya inget tiap hari masih maen - maen sama tetangga ampe sore. Ga pernah les pelajaran juga atau tambahan. Pokoknya masih leha - leha banget. Tapi jaman sekarang? Umur 3 taun aja uda ada sekolah yang menerapkan tambahan di pulang sekolah atau bahkan umur 4 -5 taun uda pada les calistung. Belom les bahasa inggris dll. Sampai rumah masih harus kerjain PR atau bahkan ada sekolah yang TK aja uda dikasih ulangan ( ga semua loh ya ). Jadi masih harus belajar. Akibatnya si anak akan menjadi anak yang masa kecil kurang bahagia dan akan berdampak ga baik di masa yang akan datang.
  4. Keseimbangan otak kanan dan kiri / multiple intelligences. Ternyata untuk bikin anak cerdas itu bukan hanya menstmulasi otak kiri aja. Otak kanan tuh ga kalah penting. Otak kiri pun ga Cuma ngomongin calistung kok. Banyak hal yang perlu di stimulasi. Makanya saya cari sekolah untuk PAUD yang menstimulasi semuanya ini. Jadi otak anak bisa berkembang dengan baik. Ternyata keseimbangan otak ini juga mempengaruhi karakter anak di masa yang akan datang loh.

Oke, itu kira - kira alasan saya kenapa saya cari sekolah yang pendekatannya bukan akademis/text book di usia PAUD. Sekarang saya kasih beberapa pertimbangan dalam memilih sekolah PAUD

  1. Visi Misi Sekolah
Bagi saya untuk PAUD, penting banget visi misi sekolah ini ya. Hal pertama yang saya lakukan buat research suatu sekolah ya buka websitenya. Saya baca bagian about us. Kenapa sekolah itu bisa berdiri. Biasanya disana diceritakan siapa penggagas dari sekolah itu dan kenapa dibuka sekolah itu. Dari situ saya bisa menilai kira - kira sekolah ini didirikan emang karena kerinduan si pendiri untuk mengembangkan dunia pendidikan PAUD apa gak. Setelah itu saya akan survey dengan datang langsung ke sekolah. Bicara sama staff/marketing atau mungkin guru dan principalnya juga saya uda bisa merasakan kehausan sekolah ini dalam dunia pendidikan itu seperti apa ( lebay ya saya ). Hehe.. Tapi serius loh. Dari sebelum saya kerja di dunia pendidikan, saya selalu punya daftar list pertanyaan yang panjang saat saya mau survey ke sekolah. Tapi pertanyaan saya ya bukan ada kolam renang apa ga? Terus guru bule apa ga? (Tipikal pertanyaan yang banyak saya dapat dulu. Hehe ).. Tapi saya lebih memperdalam tentang topik - topik di nomor selanjutnya.  Saya pernah suatu kali survey dan saat saya tanya bagian adminnya, kebanyakan hanya menjelaskan hal - hal administrasi. Misalnya seperti fasilitas, jadwal dan harga. Ga ada presentasi kurikulum, pendekatan ke anak - anaknya kayak apa atau ngapain aja sekolahnya. Bahkan kalo di tanya, kadang staffnya juga ga tau. ;( .. Langsung illfeel saya. Coret pasti.

  1. Kurikulum
Setelah saya tau visi misi sekolah tsb ga Cuma 'bikin sekolah', biasa saya tanya kurikulumnya. Untuk PAUD sendiri, saya lebih suka kurikulum yang dibentuk based on research. Jadi memang ada perubahan terus menerus mengikuti hasil riset terbaru. Biasanya ya ciri - ciri sekolah yang up to date itu mereka punya koordinator kurikulum atau R&D (Research & Development) lah. Kalo sekolah yang terpusat alias banyak cabang, biasanya R&D nya ini dilakukan di pusat. Jadi cabang - cabang ya hanya tinggal menerima dan mempraktekkan. Terus biasanya guru - gurunya ini di training dan rutin. Di 2 sekolah Jojo ( sekolah lama dan baru ) saya sering banget liat guru - gurunya pergi seminar or training. Semua guru ya. Bukan digilir. Minimal 1 taon 1 kali lah setidaknya. Jadi guru - gurunya juga uptodate. Nah kalo masalahnya kurikulumnya apa? Untuk PAUD sih banyak ya. Menurut saya selama kurikulumnya ini based on research aman. Mau montessori kek, Highscope kek, ataupun lokal. Ga masalah. Pokoknya jelas gitu. Selama kurikulumnya ini bukan text book ya. Kalo cuma di dominasi calistung aja isi kurikulumnya. Biasa saya coret dah.

  1. SDM
Ini juga penting banget. Saya tuh kadang suka kagum sama kepsek - kepsek yang saya kenal tapi saya tau bagaimana mereka sangat passionate dan abis - abisan dengan dunia pendidikan. Wow. Bener2 pahlawan tanpa tanda jasa deh mereka itu. Saya juga percaya, kalo sampe yayasan atau visi misi suatu sekolah itu emang bagus dan mulia, pasti principal yang dipilih juga TOP. Begitu juga dengan guru - gurunya. Biasa kalo sekolah yang serius, mereka ga akan pelit - pelit untuk training guru2nya secara rutin, mendatangkan pakar untuk upgrade kemampuan guru - gurunya. Selain itu guru min S1 itu menurut saya cukup penting ya. Bahkan saya dengar di negara - negara maju, guru itu min S2. Bukan masalah gelar, tapi kalo si guru itu aja ga merasa pendidikan itu penting, bagaimana mereka bisa menularkan antusiasme kepada murid - muridnya dalam mengejar pendidikan. Bahkan di PAUD Jojo yang sekarang, saya dengar mereka memberikan kesempatan beasiswa S2 kepada guru - gurunya. Secara memang mereka punya universitas sendiri yang cukup bonafit dalam fakultas pendidikannya di Jakarta sana. Jadi memang guru - gurunya kebanyakan S2. 

  1. Material
Untuk anak PAUD, menurut saya material itu penting banget ya. Soalnya yang mau di stimulai itu kan banyak dan biasanya berhubungan dengan fisik. Jadi harus ada hands-on material. Sesuatu yang bisa di pegang, dilihat dan di rasakan gitu. Jadi anak - anak bisa terstimulasi dengan baik. Biasanya kita bisa tanyakan dari kegiatan - kegiatan yang dilakukan anak - anak selama sekolah. Banyak mainannya ga? Mainan ini super penting, terutama anak di bawah umur 5 taun ya menurut saya. Mainannya juga ga hanya sekedar mainan. Tapi emang mainan edukatif. Memang saya akui untuk poin ini, sekolah Highscope dan Montessori masih juaranya lah. Aktivitas - aktivitas di kelasnya juga sangat menarik. Ga Cuma ngewarnain dan nulis terus.

  1. Fasilitas Penunjang
Bagi saya fasiltas penunjang yang sangat penting itu adalah outdoor playground. Walau saya taruh di no 5 sih. Soalnya memang aktivitas seperti ini bisa kita berikan di luar sekolah. Tapi kalo ada akan sangat jauh lebih bagus. Apalagi untuk usia PAUD. Anak - anak butuh di stimulasi saraf motorik dan sensoriknya. Berbahagialah yang tinggal di Bogor, karena kita punya kebon raya moms. Daerah - daerah hijau pun masih banyak sepertinya. Mengingat di Jakarta sana orang sudah mulai banyak yang tinggal di apartemen atau sampai rumah pun daerahnya masih gersang. Makanya di Jakarta gampang banget ya cari gymnastic buat anak - anak macem Rockstar. Hehe..  Saya suka banget itu konsep rockstar. Coba ada di Bogor, uda pasti ngikut deh. Hehe..

  1. Harga
Kalo untuk masalah harga, sebenernya relatif ya. Ada harga ada kualitas. Tetapi saya dan suami tipikal orang yang mau spend banyak untuk menambah ilmu. Baik buat kami, apalagi anak - anak. Ilmu itu ga ada yang ga ada gunanya. Pasti sangat bermanfaat. Jadi daripada kita beli tas - tas branded tapi pelit buat edukasi, mendingan spend uang di pendidikan, tapi ga apa - apa deh pake tas diskonan yang uda lewat mode. Hehe.. Soalnya pendidikan ini investasi masa depan buat anak - anak. Kalo sampe terlewat ga bisa kita ulang. Tapi kalo barang - barang branded ga punya, nanti kapan - kapan kalo punya uang lebih terus beli ga telat kok. XIXIXI.. Tapi tetep ya sesuaikan dengan budget. Jangan sampe budget terbatas, terus kita paksain untuk anak kita sekolah di tempat yang elite. Kasian kan kalo anak2 kita jadi Sanchai. Mending kalo ketemu Tao Ming Se ( halah! Apa coba?)... ;p


Yah, sekian tips - tips dari saya untuk mencari PAUD. Susah - susah gampang, tapi masih lebih gampang cari PAUD bagus daripada SD bagus. Percayalah. Soalnya PAUD ini modalnya ga gede. Jadi untuk orang idealis di dunia pendidikan masih sangguplah. Tapi kalo uda bangun sampai SD, liat laporan pengeluaran, langsung buru - buru pengen balik modal aja. Huahuahuaua.



Comments

  1. Hi mama Jojo.. sy tertarik skl dgn blog anda. Kebetulan sy punya anak yg br berusia 3 thn. Sy tertarik dgn sekolah paud tmp Jojo. Boleh share dimana? Sy jg lokasi di Bogor. Lg pusing cari sekolah yg cocok dgn anak sy. Wilma blm mau pegang pinsil dll. Lebih suka main. Sementara sekolahnya skg sdh ajarkan calistung. Thx b4 mama Jo.

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat