Posts

Tips Memilih Sekolah PAUD ala mama Jojo

Setelah saya pikir - pikir, daripada sebut merk mending saya kasih tips dalam memilih sekolah untuk anak yang oke aja deh ya. Siapa tau bisa jadi dasar pertimbangan para mommies untuk memilih sekolah. Harusnya kalo uda bulan segini sih uda pada daftar sekolah ya. Ya sapa tau buat taun depan pas mau cari sekolah buat anaknya jadi bisa nambah - nambah pertimbangan. Postingannya saya bagi 2 aja ya. Buat TK dan SD. Kalo SMP dan SMU monmaap saya ga bisa kasih dulu. Soalnya belom punya anak umur SMP plus dulu sekolah tempat saya kerja belum sampai SMP. Jadi saya ga berani kasih tips. Hehehe
Untuk PAUD sendiri, seperti postingan saya sebelumnya tentang Gimana cara mengajarkan calistung ke Jojo sebutkan bahwa saya sangat anti mencari sekolah yang pendekatannya ke calistung di usia PAUD. Jadi buat emak - emak yang berbeda pandangan dengan saya, lewatkan saja postingan ini. Soalnya pasti malah bakal salah pilih sekolah. Hehe..
Buat saya sendiri, kenapa sih saya ga mau cari sekolah yang pendek…

Gimana cara mengajarkan calistung tapi ga bikin anak frustasi

Image
Saya adalah tipe orangtua yang percaya kalau anak yang berusia di bawah 5 tahun sebaiknya tidak diajarkan calistung. Namun boleh aja kalau mau memperkenalkannya . Ingat, hanya memperkenalkan ya. Bukan melalui worksheet yang banyak, tetapi dari aktivitas dan permainan. Makanya saya sangat hati - hati dalam mencari sekolah yang mempunyai prinsip yang sama dengan saya. Ga banyak yang bisa konsisten melakukannya. Apalagi di kota Bogor ini. Dulu ya tapi..
Saya senang sekarang sudah mulai banyak sekolah - sekolah besar membuka cabang di Bogor. Sehingga sudah mulai banyak pilihan sekolah idealis dalam dunia pendidikan disini. Kapan - kapan saya akan berikan list  sekolah - sekolah yang menurut saya cukup bagus di Bogor menurut saya ya. Jadi bukan yang rame dan waiting list kalo mau masuk.
Thanks God banget, waktu JOJO umur 2,8 tahun saya bisa punya kesempatan menyekolahkan JOJO di sekolah yang buagus banget. Padahal dari saya hamil, saya uda mengincar sebuah sekolah. Soalnya waktu itu saya Cum…

Kembar identik, karakter identik?

Image
Uda lama banget gak ngeblog tentang perkembangan JOJO, jadinya uda kehilangan banyak banget momen2 Jojo. Tadinya sempet galau ini blog mau dibawa kemana. Tapi saya pikir - pikir lebih baik kembali ke tujuan utama. Blog ini ya untuk mendokumentasikan tentang kehidupan sehari - hari. Jadi saya kalo mau inget - inget dan flash back bisa nyontek blog ini.
Saat ini JOJO uda berusia 6 tahunan. Kira - kira karakternya gimana ya? Apalagi kembar identik yang dari perut aja uda bersama - sama. Saat Jojo masih di bawah 3 tahun (belum sekolah), saya agak sulit membedakan karakter mereka. Saya ga bisa menggambarkan dengan pasti sebenernya karakter mereka seperti apa sih. Soalnya saya merasa mereka tuh bisa tuker - tukeran gitu karakternya. Mungkin karena mereka saling ketergantungan juga kali ya. Jadi misal dia liat kembarannya ada yang melakukan sesuatu dan menarik perhatian orang - orang besar, ya yang 1 lagi bakal ikut - ikutan melakukan atau memberikan respon yang sama. Tapi semenjak mereka sek…

Pengalaman liburan dengan Jojo ke negara lain

Selama ini liburan paling jauh yang pernah Jojo pergi cuma Singapore dan Malaysia. Alasannya yang pertama uda pasti karena biaya yang muahal apalagi 2 anak dan alasan kedua karena anak - anak balita kayaknya ga akan inget deh dia uda liburan kemana aja. Paling cuma inget 1 - 2 bulan. Abis itu ya lupa. Kayaknya bagi mereka mau jalan - jalan ke Bandung atau Singapore ga ada bedanya soalnya yang mereka inget cuma naek pesawat, tidur di hotel plus ada kolam renangnya. Sisanya blank. Mungkin hanya itu yang menarik bagi anak - anak balita,

Pertama kali Jojo di ajak ke Malaysia, tepatnya KL dan Genting itu pada saat mereka usia 4,5 tahun.  Saat ini saya rasa mereka udah ga terlalu inget dengan perjalanan tersebut. Mungkin hanya Snow World di Genting yang tak terlupakan sampai sekarang di hati mereka. Soalnya kita sempet foto bareng dan di cetak terus di pajang deh di rumah. Jadi mungkin teringat terus kali ya di hati. hehe  Waktu itu kami memutuskan ajak jalan - jalan ke sana soalnya hanya G…

Buat apa bayar mahal2 sekolah, kalo ortu masih harus ngajarin di rumah?

Saya sering mendengar celetukan orang tua seperti itu. Terutama para ibu yang tentunya lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak - anaknya.  Sebenarnya saya setuju dan tidak setuju dengan kalimat seperti pada judul di atas. Tergantung dengan kondisi yang dimaksud. Saya setuju dengan kalimat tersebut bila kejadiannya guru yang sering memberikan PR amat sangat susah, dimana anaknya masih cengo dengan soal - soal yang ada dan amat sangat tidak sesuai dengan umurnya. Sebagai contoh, saya pernah mendengar cerita teman saya yang anaknya masih duduk di TK A dan pusing karena membantu anaknya mengerjakan PR. Anaknya mendapat soal pertambahan 2 digit. Misalnya saja 27 + 56 = ?
Wew... TK A uda dikasih soal segitu rumit. Sementara anaknya bener - bener ga ngerti sama sekali. Lalu kita orang tua yang harus ngajarin konsep. Lalu apa tugas gurunya? Apalagi umur segitu sepertinya belum pantas mendapatkan soal seperti itu. Jika mengikuti kurikulum pemerintah, harusnya kelas 1 SD baru mulai diajarka…

Tempat les recommended di Bogor untuk anak

Saya ingin berbagi informasi mengenai tempat les recommended yang memang kebetulan saya ketahui dan tempat dimana saya merasa cocok dengan konsep, kurikulum, pengajar, dst. Ini bener - bener bukan promosi apalagi endorse-an. Kenapa saya memutuskan berbagi tentang tempat les ini? Soalnya jujur aja menurut saya memilih tempat les itu sama pentingnya dengan memilih sekolah. Selain itu, susah sekali saya mencari info tentang hal ini di Bogor. Entah mengapa emak emak di Bogor jarang sekali memberikan info seperti ini di internet. Entah di Bogor jarang blogger atau memang banyak yang males sharing - sharing hal beginian. Hehe..

Oh ya, kenapa saya bilang tempat les itu begitu penting? Jadi saya mau share sedikit. Dulu saya pernah ikut sebuah seminar yang pembicaranya adalah seorang psikolog yang bernama Ibu Jacinta F Rini. Ada sebuah pernyataan dari beliau yang benar - benar merubah cara pikir saya tentang yang namanya les. Saya dulu berpikir namanya ngelesin anak - anak itu jika memang dibu…

Pengalaman pertama ke Kidzania

Akhirnya setelah sekian lama kepingin banget ke kidzania, kesampean juga Jojo pergi. Tapi sayangnya yang pergi hanya Jo1. Jo2 tiba - tiba sakit dan berdampak ga ikut. Jadi emang dari dulu uda nahan - nahan ga ke kidzania. Soalnya sudah mendengar konon anak - anak yang cukup besarlah yang cocok untuk berpetualang disana. Daripada uda bayar mahal - mahal dan ternyata anak2 ga bisa main ini itu. Sayang juga kan. Saya paling ga suka pergi ke tempat hiburan itu di weekend atau tanggal merah. Asli, pasti ga happy deh akhirnya. Yang ada kelamaan ngantri plus sumpek juga. Kebetulan Jojo lagi liburan mid term yang berbarengan dengan sepupunya yang juga sekolah di merk yang sama walau berbeda kota. Jadilah kita janjian untuk playdate bareng di hari Rabu kemarin. Kami sudah merencanakan perjalanan ini dari beberapa minggu sebelumnya. Jadi Jojo tuh uda seneng banget karena akan pergi ke kidzania. Saya sudah mempersiapkan semuanya di H-1. Namun tiba-tiba di subuh jam 4 pagi, Jo2 bangun dan bilang …