Kembar identik, karakter identik?


Uda lama banget gak ngeblog tentang perkembangan JOJO, jadinya uda kehilangan banyak banget momen2 Jojo. Tadinya sempet galau ini blog mau dibawa kemana. Tapi saya pikir - pikir lebih baik kembali ke tujuan utama. Blog ini ya untuk mendokumentasikan tentang kehidupan sehari - hari. Jadi saya kalo mau inget - inget dan flash back bisa nyontek blog ini.

Saat ini JOJO uda berusia 6 tahunan. Kira - kira karakternya gimana ya? Apalagi kembar identik yang dari perut aja uda bersama - sama. Saat Jojo masih di bawah 3 tahun (belum sekolah), saya agak sulit membedakan karakter mereka. Saya ga bisa menggambarkan dengan pasti sebenernya karakter mereka seperti apa sih. Soalnya saya merasa mereka tuh bisa tuker - tukeran gitu karakternya. Mungkin karena mereka saling ketergantungan juga kali ya. Jadi misal dia liat kembarannya ada yang melakukan sesuatu dan menarik perhatian orang - orang besar, ya yang 1 lagi bakal ikut - ikutan melakukan atau memberikan respon yang sama. Tapi semenjak mereka sekolah dan sempet dipisahin kelasnya selama 3 tahun, akhirnya terbongkar juga karakter mereka sesungguhnya. Saya merasa mereka jadi menemukan jati diri mereka.
Walau akhirnya 1 tahun belakangan ini mereka kembali 1 kelas karena sekolahnya baru buka dan muridnya Cuma 5, tapi saya merasa mereka masing - masing sudah punya karakter yang kuat.
Namun, tahun depan mereka kembali pisah lagi. Soalnya murid yang daftar di sekolah tempat JOJO sekolah sudah 60 lebih menuju 70 murid. Jadi akan ada 3 kelas dalam 1 angkatan. Sempet sedih sih. Terutama Joyce. Soalnya Joyce ini yang paling susah beradaptasi di lingkungan baru..

Oke, saya langsung aja deh cerita bagaimana karakter mereka 1 per 1. Ini buat catatan saya aja. Saya ga tau saat saya menulis tentang karakter mereka saat mereka usia remaja itu akan seperti apa. Hehe


  1. Joyce
Joyce ini anaknya sangat logic. Dia sangat susah dipaksa untuk melakukan sesuatu yang menurut dia ga ada gunanya, ga ada untungnya, ga ada enaknya. Pokoknya tipe yang ga mau susah2 melakukan sesuatu lah. Tapi jujur, kalo dia uda sampai mau, cepet banget bisanya dan nyeletok banget.
Contoh, Joyce ini tipe anak yang uda tau mau makan apa kalo lagi di restoran dan susah banget buat di nego untuk ganti menu lain.

Selain itu, Joyce juga kalo main lego itu paling ga suka lego yang harus ngikutin tutorial. Jadi dia lebih suka main sebebas - bebasnya dia mau bentuk apa.

Joyce ini paling males kalo disuruh belajar sesuatu yang baru. Bukan karena males sebenernya. Tapi gengsinya tinggi. Jadi dia itu ga mau keliatan bodoh dan paling takut sakit, susah dan ga enak. Makanya dia cenderun hanya mau melakukan apa yang dia uda tau dan uda bisa. Tapi sebenernya anak ini tipe cermat. Jadi kalo misalnya dia ga mau melakukan, sebenernya diem - diem dia ini ngamatin. Semua dicerna di dalem otak dia dan suka diem - diem belajar sendiri. Sampai dia uda yakin dia bisa dan uda tau akibat - akibatnya, barulah dia mau menunjukkan sama orang lain. Contoh, waktu pertama sekolah di usia 2,8 tahun dia ga pernah mau ngomong di kelas selama 1 tahun. Cuma diem di pojokkan dan ngeliatin doang. Soalnya dulu sekolahnya berbahasa Inggris. Tapi di tahun ke 2, tiba2 dia uda lancar aja ngomongnya dan sampai sekarang Inggris dia lebih advance dibanding Joanne.

Saya merasa Joyce ini karakter leadershipnya lebih kuat. Soalnya dia tipe orang yang berani menyuarakan pikiran dia dan gesit banget saat ingin memperolehnya. Jadi contohnya kalo saya memberikan tawaran ke mereka ber2, Joyce ini Cuma butuh waktu 1 - 2 detik untuk menjawab mau yang mana. Saya ngerasa dia decision maker yang bagus. Saya juga ga akan khawatir dia di bully temen. Soalnya dia ini berani berkata tidak dan bisa tegas kalo ga suka dengan tindakan orang lain. Anak yang jauh lebih besar pun dia ga sungkan untuk menegor langsung. Tapi kalo sama orang dewasa yang dia ga kenal, baru deh langsung ciut. Hehehe..


  1. Joanne
Joanne ini berbeda banget dengan Joyce. Kalo Joyce anaknya tipe logic, Joanne anak yang penuh perasaan. Tipe empati yang super duper tinggi. Kalo kata papanya, sertifikat tanah juga bisa dikasih ke temennya kali. Hehe.. Pokoknya kalo ada temennya main ke rumah tuh langsung sibukk banget. Apapun disediakan dan diberikan ke temennya. Tipe anaknya selalu mengalah dan carenya luar biasa. Di sekolah sampai di rapotnya di tulis terlalu ngurusin orang lain sehingga anak lain jadi ga bisa mandiri. Hehehe.. Saya pernah diceritain kalo di sekolah kan ada jam makan. Habis jam makan itu, jam bermain di playground. Bermain di playground ini Cuma seminggu sekali. Di hari main playground ini, kelasnya digabung dari PG - TK B. Jadi dia sekelas dengan anak - anak yang jauh lebih kecil dari usia dia. Nah anak2 PG ini kan pada belum bisa makan sendiri. Jadi Joanne tuh bisa yang nyuapin temennya yang masih PG sampai habis baru dia pergi main. Sekalipun akhirnya jadi main sebentar banget di playground, dia rela.

Selain itu, Joanne ini anaknya tekun banget. Kalo dia lagi belajar sesuatu, dia maunya sampai bisa. Kalo belom bisa ga mau berhenti. Dari kecil, kalo saya sering marahin Joyce untuk banyak mencoba, kalo Joanne saya sering marahin untuk berhenti. Jangan kelewatan gitu. Contohnya, Joyce maen lego paling 5 menit ditinggal kalo susah. Kalo Joanne ini bisa setengah jam ngutak ngatik. Terus kalo ga bisa, dia bisa ngamuk - ngamuk kesel tapi disuruh lanjutin besok biar ga ngebul ga mau.

Sebelum di sekolah diajarin calistung, saya sering ditodong untuk ngajarin dia. Kadang saya juga uda mentok ngajarinnya karena kan saya bukan guru ya. Jadi ga bisa juga ngajarin sampai bisa. Tapi Joanne ini bisa maksa banget untuk ajarin dia sampai bisa. Jadi maknya frustasi karena ga tau pake gaya apalagi supaya dia bisa baca, anaknya juga frustasi karena penasaran tingkat dewa.

Joanne ini lebih lama kalo disuruh ambil keputusan. Jadi selalu dapet sisanya Joyce karena uda dipilih duluan. Tipe yang kalo mau apa - apa itu kasih kode. Ga to the point mau apa. Makanya saya dan papanya selalu menjadikan ini PR banget buat ngajarin Joanne untuk cepat dalam mengambil keputusan dan mengajarkan Joyce untuk lebih memikirkan orang lain saat mau mengambil sebuah keputusan.

So, kesimpulannya JOJO ini kembar identik tapi karakternya berbeda banget yak? Saya kadang suka hati - hati banget dalam mendidik mereka. Soalnya beda orang beda penanganannya juga kan. Tapi saya percaya setiap anak itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Sampai Jojo di beri karakter yang berbeda banget, pasti Tuhan punya rencana buat hidup mereka. Perbedaan karakter juga bukan membatasi mereka untuk berprestasi. Tapi justru berprestasi dengan kelebihan dan kelemahan mereka. Saya ga setuju banget kalo ada ortu yang bilang "duh, anak saya mah susah. Bukan tipe yang gampang diajar. Ga bisa diajarin. Jadi harus dipaksa. " Saya yakin setiap anak itu pasti BISA melakukan sesuatu. Tapi ya cara kita ngajarin yang harus disesuaikan dengan karakter mereka. Bukan dengan pemaksaan. Next, saya akan menceritakan bagaimana saya mengajar JOJO untuk calistung, namun tetap bikin mereka seneng.
















Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat