Gimana cara mengajarkan calistung tapi ga bikin anak frustasi


Saya adalah tipe orangtua yang percaya kalau anak yang berusia di bawah 5 tahun sebaiknya tidak diajarkan calistung. Namun boleh aja kalau mau memperkenalkannya . Ingat, hanya memperkenalkan ya. Bukan melalui worksheet yang banyak, tetapi dari aktivitas dan permainan. Makanya saya sangat hati - hati dalam mencari sekolah yang mempunyai prinsip yang sama dengan saya. Ga banyak yang bisa konsisten melakukannya. Apalagi di kota Bogor ini. Dulu ya tapi..

Saya senang sekarang sudah mulai banyak sekolah - sekolah besar membuka cabang di Bogor. Sehingga sudah mulai banyak pilihan sekolah idealis dalam dunia pendidikan disini. Kapan - kapan saya akan berikan list  sekolah - sekolah yang menurut saya cukup bagus di Bogor menurut saya ya. Jadi bukan yang rame dan waiting list kalo mau masuk.

Thanks God banget, waktu JOJO umur 2,8 tahun saya bisa punya kesempatan menyekolahkan JOJO di sekolah yang buagus banget. Padahal dari saya hamil, saya uda mengincar sebuah sekolah. Soalnya waktu itu saya Cuma tau sekolah itu yang menerapkan prinsip ga mengajarkan calistung di usia PAUD. Puji Tuhan, Tuhan buka jalan sampai saya menemukan sekolah lain yang jauh lebih bagus dan saya bahkan diberikan kesempatan untuk bekerja di sekolah tersebut. Jadi saya bisa dapet banyak ilmu tentang dunia pendidikan dan tetap bisa mengawasi anak - anak saya selama bersekolah disana. ..dan yang paling penting bisa dapet diskon karyawan. ;p

Sewaktu saya sekolahkan JOJO disana selama 3 tahun, kira - kira sampai TK A lah. Saya ingat banyak orang - orang yang bertanya sama saya. Ga takut anaknya nanti ketinggalan sama anak - anak yang lain? Di sekolah lain anak umur 3 tahun saja uda bisa calistung loh. Sedangkan anak - anak saya sampai usia 5,5 tahun aja  belom lancar calistung. Saat lulus TK A kemarin di sekolah yang lama, Jojo memang belom bisa baca sama sekali. 1 suku kata pun belum bisa. Kemampuan dia hanya bisa di huruf A - Z ( tapi belum hapal semua bentuknya) dan 1- 10.

Bahkan, mertua saya sempet khawatir karena dia lihat JOJO kok belom bisa baca sama sekali. Pokoknya kalo dibandingkan dengan anak - anak seumurannya, JOJO itu ketinggalan jauhh banget. Saya lihat banyak anak - anak yang seumuran Jojo saat itu yang sudah mulai bisa membaca namun belum lancar. Bahkan mereka sudah pada bisa menulis beberapa kata atau kalimat.


TAPIIII…. Justru saya merasa sangat bersyukur dengan semua itu. Saya baru bisa melihat hasil dari apa yang JOJO pelajari dan dapatkan selama sekolah 3 tahun di sekolah yang lama ya pada saat ini, tepatnya setelah JOJO sekolah selama hampir 1 tahun di sekolah yang baru sekarang.

Saya tidak gentar sekalipun banyak yang membandingkan anak - anaknya dengan anak saya yang uda pada lancar calistungnya. Bahkan banyak anak - anak seumuran JOJO dulu yang uda mulai dilesin di BIMBA, I Can Read, Kumon, Sempoa, dll. Pokoknya les - lesan calistung gitu. Dari dulu saya sudah bertekad tidak akan lesin JOJO calistung, kumon, sempoa, ataupun pelajaran. Ga mau buang - buang duit buat itu. Biar mereka belajar di sekolah aja untuk pelajaran. Tapi di luar sekolah, sebaiknya mereka les yang bersifat nambah skill yang ga diajarkan di sekolah. Misalnya musik, menari, bahasa, olahraga tertentu , masak dll. Tergantung minat dan bakat mereka juga nantinya.

Kembali ke sekolah JOJO, pertanyaannya jadi JOJO itu sekolah ngapain kalo ga belajar calistung? Jawabannya BERMAIN. ASLIK Cuma BERMAIN. Tapi bermainnya ini sebenernya bentuk stimulasi mereka untuk berbagai aspek. Kalo pernah denger tentang multiple intelligences , bisa saya bilang Jojo sangat distimulasi multiple intelligences nya. Kalo yang mau tau apa itu multiple intelligences, silahkan googling untuk tau detailnya ya. Saya akan jelaskan secara garis besar nya aja. Jadi ternyata kecerdasan manusia itu tidak hanya kecerdasan akademis saja yang biasanya mendominasi kegiatan belajar di sekolah - sekolah Indonesia. Tetapi ada banyak kecerdasan. Sebenernya ini banyak versi ya tergantung berdasarkan pakar yang mana. Contoh kecerdasan yang dimiliki anak itu ada kecerdasan fisik, musik, interpersonal, intrapersonal, logika, dll. Semuanya ini setiap manusia harus punya. Memang bakat dan minat setiap anak - anak berbeda. Tapi setidaknya mereka harus bisa semua. Sebagai contoh orang yang hanya jago matematika tapi ga punya kemampuan kinestetik juga ga bagus. Ternyata saya juga pernah diberitahu oleh seorang psikolog, kepintaran kinestetik/fisik kita ini mempengaruhi kepribadian kita loh. Jika kita tidak nyaman dengan badan kita, maka akan mempengaruhi ke perkembangan yang lain - lain. Intinya otak kita ini harus seimbang. Baik kiri dan kanan kita ya melalui melatih multiple intelligences dalam diri kita.

Karena topik saya membahas tentang bagaimana mengajar Jojo calistung, saya akan bahas ke 3 topik, yaitu ca - lis - tung baik dari sekolah maupun bagaimana saya support Jojo di rumah.

  1. MembaCA.
Di sekolah lama? Jojo diajarkan phonic ( letter sound ) dari setiap alfabet. Karena sekolahnya ini sekolah berbahasa Inggris, phonic yang diajarkan dalam berbahasa Inggris dan memang masih phonic standard dari A - Z. Tetapi cara belajarnya ini ga dengan menghapal seperti sekolah kita jaman dulu  yang harus mengeja ba bi bu be bo itu loh. ;p

Jadi mereka mengajarkannya dengan berbagai aktivitas dan simbol. Di dalam kelasnya sangat banyak material yang bisa dimainkan. Misalnya masak - masakan, mobil - mobilan, salon - salonan, lego, dll. Pokoknya banyak banget dan semua mainannya itu dimasukan ke dalam keranjang masing - masing dan diberikan deskripsi barang lengkap dengan simbolnya. Misalnya di keranjang sayur di tulis Vegetables. Pada keranjang ini kita belajar huruf V yang mungkin sama dengan nama murid yang namanya Venus. Setiap loker murid juga diberikan simbol benda yang huruf depannya sama dengan nama pemilik loker tsb. Jadi anak - anak ini tanpa sadar sedang diberitahukan tentang konsep letter sound dari sebuah huruf. Memang setelah Jojo lulus dari sana, ga semua huruf dia hapal. Tapi huruf - huruf yang dia tau ya emang bener -  bener dia tau. Misalnya huruf A. Jojo tau huruf A itu ada di kata apa saja.

Di rumah? Waktu Jojo sekolah di tempat yang lama, jujur aja saya ga banyak memberikan aktivitas calistung buat Jojo. Jadi saya lebih membacakan buku cerita aja dan membiarkan mereka bermain sepuasnya. Mereka paling sering main gambar2, ngewarnain, ataupun main sepeda di halaman.

Pindah ke sekolah yang baru gimana?  Awal sekolah, ternyata sekolah yang baru ini tidak mengajarkan membaca juga. Jadi 6 bulan pertama hanya diajarkan A - Z. Tapi bener - bener semuanya. Kayak huruf besar dan kecilnya, penulisannya, dll. Jadi bisa dibilang kayak diperlengkapi banget alfabet Jojo yang masih kurang - kurang. Tapi bukan phonic ya yang diajarkan. Terus begitu masuk term 3, barulah Jojo mulai diajarkan phonic dan membaca. Saya kaget banget Jojo itu belajar baca 1 suku kata hanya dalam 1 hari. Karena jujur aja saya sempet panik di awal2 kok anak saya Cuma diajarin A - Z, saya sempet ngajarin Jojo membaca tapi saya nyerah. Ga bisa - bisa. Mungkin emang saya bukan guru, jadi ga ngerti juga cara ngajarin membaca ke anak - anak. Akhirnya saya putuskan mempercayakan saja kepada sekolah.
Nah suatu hari, saya ingat Jojo dengan excitingnya pulang sekolah cerita tadi abis diajarin baca sama gurunya. Emang Jojo ini kan pengen banget bisa baca dari uda lama. Soalnya cita - cita dia pengen bisa baca buku sendiri tanpa di bacain emaknya lagi. Jadi waktu diajarin baca, dia seneng banget. Saya penasaran dong. Saya coba tes mereka untuk membaca 1 suku kata. Terus bisa dongg…
Lalu 1 minggu kemudian, gurunya bilang Jojo uda bisa 1 suku kata yang terdiri dari 3 huruf. Saya bilang belom bisa kok bu. Orang saya masih tes 2 hari yang lalu ga bisa. Kata gurunya di sekolah bener terus. Saya penasaran dan pas saya coba, bener aja dong. Jojo tiba - tiba bisa 3 huruf dalam 1 suku kata.

Terus ga sampai 1 bulan sepertinya sudah bisa 1 kata dan kira - kira 2 bulanan sudah bisa 1 kalimat pendek. 4 bulan kemudian sudah bisa 1 buku. Lancar bangett.. Sampai baca kata - kata yang sulit juga bisa. Akhirnya buat menambah keberanian, saya tantang mereka ikut lomba membaca yang diadakan Kidzoona. Mereka semangat banget. Sampai - sampai tiap hari di rumah, di mobill bahkan sampai di sekolah pun kerjaannya bacaa terus. Gurunya pun bilang tiap hari Jojo latihan membaca di waktu bermain dengan semangat.


Gambar Jojo menang Lomba

Sayang banget pas lomba dimulai, 6 peserta lainnya ga berani ikut serta. Jadilah hanya tinggal Jojo yang berpartisipasi untuk tingkat TK B. Alhasil jadi dapet juara 1 dan 2 deh. Tapi ga apa - apa lah ya. Itung2 melatih pengalaman dan keberanian mereka. Soalnya mereka bilang nyesel suaranya kecil pas disuruh baca. Kalo bisa diulang, mereka pengen ulang lagi katanya.


  1. MenuLIS
Di sekolah lama? Setau saya mereka diajarkan menulis dengan cara mengcopy huruf. Jadi di sekolah lama Jojo kalo usia PAUD itu ga boleh yang namanya anak lagi nulis huruf, terus gurunya pegangin tangan muridnya untuk menulis huruf. Mereka juga ga kasih belajar dengan cara tracing atau bikin huruf pake titik - titik itu. Jadi cara mereka mengajarkan murid2 menulis adalah dengan mengcopy dari apa yang mereka lihat. Misalnya aja huruf B. Ya terserah si anak untuk menuliskan dari bentuk mana dulu. Yang penting bentukny B. Saya ingat dulu Joanne bikin huruf B itu garis lurus dulu, abis itu bikin 2 buletan atas bawah. Ga apa - apa.. Yang penting si anak tau bahwa bentuk B itu seperti itu. Kalo jaman kita SD itu kan di ajarin misalnya huruf A harus garis miring nya dulu kiri kanan, baru garis datar di tengah kan. Nah kalo di sekolah lama Jojo dibebaskan. Anak - anak akan lebih cepet nyeletok di kepalanya kalo mereka sendiri yang mencari dan menemukan caranya. Nah lama - kelamaan baru bener sendiri cara penulisannya.

Tapi memang dari sekolah lama Jojo hanya bisa menulis nama dia dan mengcopy tulisan. Jadi misal kita tulis dulu sebuah kalimat, mereka bisa salin lagi.

Oh ya, saya juga mau tambahin. Di sekolah Jojo yang lama ini playgroundnya gede banget dan banyak mainan manjat2. Ternyata main manjat - manjat itu bagus buat saraf motorik mereka loh yang berfungsi untuk bisa pegang pensil dan menulis dengan kuat. Jadi kalo tangannya ga kuat saraf motoriknya, pegang pensil dan nulisnya juga otomatis bakal lemah. Selain itu di sekolah sering banget aktivitas play dough. Dari bikin doughnya sampai di bentuk2. Nah kalo ini saya kadang juga suka buat di rumah dan main dengan Jojo. Ini juga penting banget buat menstimulasi tangan mereka supaya bisa pegang pensil dan tulisannya bagus.

Di sekolah baru? Saat mereka bisa baca, entah bagaimana otomatis mereka juga bisa nulis. Inilah keuntungannya belajar baca dengan phonic. Jadi dengan letter sound, mereka jadi tau kata - kata tersebut terdiri dari huruf apa saja. Memang sampai sekarang pun kadang masih ada typo atau huruf yang kurang. Tapi menurut saya wajar ya. Masih TK B. Sekarang mereka uda bisa bikin kaya komik gitu. Jadi gambar - gambar terus ada cerita singkatnya.


  1. MenghiTUNG
Di sekolah lama? Saya suka banget dengan konsep berhitung di sekolah Jojo dulu. Jadi di kelas itu banyak banget mainannya. Salah 1 tujuannya untuk berhitung. Jadi ada yang namanya teddy bear counter, transportation counter, fruit counter. Nah ini tuh mainan yang bentuk2nya sesuai dengan namanya. Bentuknya sama semua tapi warna warni.

Kaya begini bentuknya :


Memang di Indonesia kayaknya belum ada yang jual. Waktu itu saya ingat beli beginian harus cari importir mainan dari Amerika. Makanya tau kan kenapa sekolah2 macem begini ini bisa mahal. Hehe

Saya ngerasa Jojo bisa ngerti konsep hitungan tuh paling besar jasanya ya si mainan ini. Jadi guru akan ngajak main anak, padahal sambil ngitung. Misal teddy bear merah ada berapa ya.. Trus si anak mulai ngitung deh. Biasa bertahap. Dari konsep 1 - 3 dulu. Uda ngerti, baru ke konsep 5 dst. Pokoknya sampai lulus Jojo bisa hitung 1 - 10, tapi konsepnya dapet ya. Saya pernah tes keponakan saya yang bisa hitung sampai 20an di usia lebih besar, tapi ternyata hanya di hapal. Jadi konsep bendanya ada 20an dia ga dapet. Nah keuntungan anak belajar hitungan dengan konsep benda, jadi gampang banget diajarin pertambahan dan pengurangan bahkan perkalian.

Di sekolah yang baru? Saya ngerasa Jojo ga ada masalah dengan hitung - hitungan yang diajarkan. Jadi bisa ngikutin dan dapet konsepnya. Walau saya lihat hitung - hitungan yang diajarkan di TK B ini masih basic ya. Mungkin nanti kelas 1 baru lebih dalam.

Jujur aja di rumah saya ga terlalu push masalah hitungan. Paling saya suka ajak main ular tangga ( ini yang bikin mereka bisa ngitung sampai 100), main congklak atau kalo lagi jalan - jalan dan mereka bosen saya kasih soal pertambahan dan pengurangan. Mereka lumayan enjoy. Misalnya lagi di restoran, sambil nunggu makanan gitu. Makanya setiap kemana - mana perlengkapan perang banyak . Hehe


  1. Musik
Di sekolah lama? Saya ingat banget, di sekolah lama dari kelas toddler ( 1,5 tahun ) mereka tuh diajarkan beat/ketukan. Jadi setiap pagi mereka mulai dengan nyanyi dulu sama - sama. Tapi nyanyinya harus pakai beat dengan tepukan tangan. Awalnya Cuma tepukan sih, tapi lama - lama jadi bertambah sulit karena harus sambil pegang pundak, tepuk paha dll. Pokoknya supaya mereka dapet ketukannya. Ini guna banget lohh.. Waktu saya lesin piano, jadinya mereka lebih mudah untuk ngikutin ketukannya. Gurunya bilang, walau harus baca not, mereka ga kesulitan main di ketukan yang bener. Soalnya uda terbiasa dari sekolah yang lama kali ya.

Di sekolah baru ? Saya ga tau konsep musik yang diajarkan di sekolah yang baru. Saya sih belom pernah denger Jojo cerita kalo mereka diajarkan musik ya. Saya juga kalo keliling kelas ga melihat ada alat musik atau kecrekan.

Jadi intinya jangan khawatir dengan pikiran takut anak telat dan ga bisa ngikutin. Saya pun awal - awal menchallenge diri saya sendiri kira - kira dengan saya ga push calistung di usia balita, anak - anak ketinggalan gak ya. Sampai kelas TK B ini sih saya merasa tidak ada masalah ya. Tapi saya akan update perkembangan mereka nanti di kelas 1. Soalnya nanti di kelas 1 mereka akan pisah kelas dan 1 kelas akan ada lebih dari 20 murid. Jadi akan lebih kelihatan.

Saya mau mengutip sedikit kalimat dari buku yang saya baca tentang parenting.

  

Sumber : Buku "Maksimal Otak Anak Anda" karya Ir. Jarot Wijanarko , M.Pd. Dan Ir. Ester Setiawati ,M.Pd. 


Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat