Kuliah lagi...

Bukan, bukan gue yang mau kuliah sodara - sodara. Sekalipun gratis, kayaknya kalo gue mah bakal mikir 100x kalo disuruh kuliah lagi. hihihi..

Jadi ceritanya, jaman dulu sebelom merid, gue sama Leo entah iseng entah berdoa entah dapat bisikan dari Tuhan pokoknya tiba - tiba terlintas kalo Leo bakal S2 di usia 28 tahun. Ini ceritanya kok mirip dengan jaman gue dapet tentang pasangan hidup ya. Ceritanya kek gini juga soalnya. Gue kira pikiran gue semata, tetapi ternyata semua menjadi kenyataan sesuai dengan apa yang dulu gue dapatkan.  Nah sama juga dengan kisah tentang S2 ini.

Setelah menikah, gue ga sangka - sangka kan anaknya langsung 2. Secara dulu waktu kita ngimpi di siang bolong tentang S2 ini kan jaman belom nikah apalagi punya anak. Leo ini orangnya planner abis. Jadi dia tuh jaman belom merid, uda bikin excel planning keuangan kita. Kurang lebih kenaikan gaji tiap tahun berapa persen, promosi berapa tahun sekali. Pakai plan A plan B lagi. Jadi ngitung - ngitung kalo mao S2, bisa di usia 28 dengan budget di bawah 50 juta untuk S2.

Ternyata oh ternyata begitu merid, tanpa ada jeda langsung ngisi dan 2 lagi di tambah prematur (lebih cepat dari perkiraan ) hilanglah semua pikiran tentang S2 ini. Boro - boro kepikiran dah. Semua serba double dan semua serba cepat sodara - sodara. Maklum lah ya kita ber2 merid di usia sebelum 25 tahun dan gue jadi full time mother alias kaga kerja. Jadi keuangan kita hanya dari 1 sumber. Pokoknya amat sangat mustahil deh kalo ngomongin masalah S2 ini.

Waktu terus berjalan, sampai akhirnya gue itung2 biaya sekolah Jojo dari PG sampai lulus TK kurleb menghabiskan 120 - 150 juta ( harganya harga taun lalu, entah kalo mengikuti kenaikan sekarang jadi berapa). Itu biaya untuk 2 anak. OMG, luar biasa fantastis ya? Yang mau merid jangan lupa nabung ye buat sekolah anak yang luar biasa mahalnya ini. Apalagi kalo tinggal di Jakarta. Ga keitung lagi mungkin sama gue. hauhaua.. segini harga Bogor bok..

Asli loh sampai gue merencanakan sekolah anak2, belom terbersit pikiran S2. Btw, gue uda ngincer sekolah anak2 dimana itu semenjak Jojo masih di perut loh.. mak lebay ya.. Jadi gue uda tau anak2 mau skul dimana sekalipun tetep kemaren sempet survey kesana kemari dan berakhir tetep di pilihan pertama gue.

Nah tiba - tiba entah angin darimana tiba - tiba kepikiran masalah S2 ini. Sempet kepikiran dari sisi kondisi, waktu dan lain - lain keknya saat - saat ini adalah saat yang paling tepat. Jojo mumpung masih belom sekolah, tempat kerja Leo yang bisa dibilang jam kerja operasional ( bukan kek jaman dulu project based jadi pergi pulang tidak tentu ), ditambah lagi atasan dia sekarang super - super baik dan cooperative. Jadi kayaknya sangat memungkinkan. Terus gue iseng - iseng dong browsing cari sana sini dan agak shock melihat harga - harga S2 di muka bumi ini. (jakarta deng.. lebay dikit boleh dong).

Inceran pertama gue adalah Prasetya Mulya.. Asli loh gue naksir banget ama nih kampus. Apalagi gue pikir dosen2nya banyak praktisi alias wiraswasta or bos2 or atasan2 di perusahaan2 besar. Jadi bisa dapet channel banyak dan diajarin ga cuma teorinya aja. Ini masih menurut pikiran manusia gue. Gue juga yakin mahasiswa2nya berasal dari kalangan wiraswasta, anak pengusaha, or pimpinan2 perusahaan. Jadi menurut logika gue ya ini paling worth it.

Btw, sebenernya alasan utama kita kenapa mau Leo S2 cuma supaya nambah channel. Bukan masalah naek gaji or jabatan di kantor. Soalnya asli loh S2 itu ga terlalu ngaruh buat kerjaan ya kalo menurut gue. Gue juga sempet browsing and survey2. Kayaknya mau S2 or kaga, ya gaji dan posisi mirip2. Semua sesuai dengan pengalaman dan skill kita. Untuk jenjang karir, di perusahaan sekarang pun masih bagus. Posisi2 top management banyak yang ga S2 juga keknya bisa. So, bukan karena itu kita putusin.

Kenapa kita butuh channel? Soalnya kerjaan Leo sekarang, bukan kerjaan pada umumnya. Maksdnya tinggal buka Jobsdb or jobstreet bisa deh ketemu banyak lowongannya. Itu posisi yang mudah di cari bukan? Tapi posisi dia itu amat sangat jarang di jobsdb or jobstreet or hunter2 lainnya. So, dia itu bisa pindah ya cuma bisa bergantung sama head hunter or hijack dari kantor langsung. Bisa dibayangkan kan kalo ampe ga pnya banyak channel bisa tua dia di perusahaan itu. hihihi...

Selain itu, emang kita punya mimpi pengen punya bisnis sendiri yang membutuhkan banyak channel. Jadi bisa dibilang S2 ini investasi doang. Buang duit banyak, tapi baru bisa dirasakan dampaknya di kemudian hari. Nah, karena kita butuh channel bukan title tentunya kita butuh kampus yang bonafit dong. Soalnya banyak juga kampus2 gajebo yang menawarkan program s2 dengan harga yang dibawah 50 juta. Bahkan ada yang cuma belasan juta mungkin. Tapi buat apa?

Bukan itu yang kita cari. Kalo cuma title mah, ga butuh. Serius loh. Karena kita tau itu ga gitu guna, Kecuali job spesialis macam dokter, ilmuwan, pengajar dan sejenisnya ya. Itu sih ngaruh banget menurut gue.

Nah setelah browsing sana sini, muncul beberapa kandidat. Kalo Prasmul akhirnya kita coret, soalnya jauh bookk.. Di Cilandak sono. Kantor di Kebun Jeruk. Jam kuliah juga mulai kalo ga salah jam 5 apa jam 6 sore gitu ( lupa). Cuma bisa sampai kalo pake awan kinton gue rasa. Secara Jakarta itu macetnya luar biasa bukan temen2.. Sempet naksir PPM, cuma itu kuliahnya sampe Sabtu.. Gue tidak setuju kalo kuliah sampai Sabtu. Gue yakin Leo bisa gila. Ga ada waktu istirahatnya berarti kan. Gue yakin minggunya dia berkutat buat kerjain tugas soalnya. Jadi kapan dia bisa refreshing dong. Bisa berantem2 nanti kita karena dia kalo emosi itu nyebelin (siapa juga yang emosi ga nyebelin ya? :D)

Uda gitu kandidat ke 3 UI. Duh, ini tuh kita uda yakin banget loh mau masuk sini tadinya. Soalnya tempatnya deket dari rumah ortu Leo, kuliah Senin - Jumat dan cukup bonafit lah ya. Gue rasa banyak yang masuk sini kalo posisi kerja uda lumayan oke. Tapi entah mengapa kok kita ga gitu semangat ya. Gue sih tetep cari info, tapi ga pernah sampai telepon or datengin kampusnya. Berasa masih lama juga lagian. Oh ya total biaya S2 kelas malemnya kurleb 100 juta disini. Untuk S2 keknya kampus negeri malah lebih mahal dari swasta ya? :(

Kita pikir juga masih taun depan ini. Masih lama, nanti - nanti aja lah cari infonya. Sampai di bulan Oktober apa November ya (yang banyak bener yang merid), kita ke undangan salah 1 temen kul. Ketemulah kita dengan temen - temen kuliah jaman dulu (gue sama Leo temennya sama secara 1 kampus dan 1 jurusan.. :D)
Eh pas lagi ngobrol dengan salah 1 temen kita, dia cerita kalo dia baru lulus dari UGM. Gue kira UGM itu cuma ada di Yogya loh. Ternyata gue baru tau UGM ada di Jakarta juga. Tapi khusus buat S2 nya doang. Tempatnya juga deket dari rumah ortu Leo. Selain itu kuliah juga Senin - Jumat, tapi Jumat cuma kalo ada kuis aja masuknya.  dannn yang paling bikin kita semangat 45 adalah jurusan yang dia tawarkan itu passss bener sama kerjaan si Leo yang ajaib itu. Kampus lain ga ada loh jurusan itu. Di UI aja akhirnya kita putusin ambil jurusan yang melenceng dikit. Kurang tepat sasaran gitu.
Jurusannya sebenernya MM, cuma peminatannya di UGM lebih tepat sasaran aja.

Akhirnya pulang dari undangan, gue sempet browsing2 di BB (nginep di rumah mertua), jadi terbatas deh nyari2nya.Tau sendiri kan ya lemotnya dan layarnya kecil macam semut. Gue ampe ga bisa tidur loh. Bener2 ampe pagi ga bisa tidur. Gimana ama si Leo? dia mah tidur dengan nyenyak. Entah mengapa kalo semangat sesuatu, gue selalu ga bisa tidur. Hasil pencarian gue adalah, gelar yang dikasih kalo lulus itu MBA (ihh makin semangat deh gue), Dosen2nya juga langsung di terbangkan dari Yogya (untuk menjaga kualitas). Pas liat tanggal pendaftarannya ternyata uda mau tutup bentar lagi. Mulai kuliahnya juga bulan Maret. Gile mepet banget. Besok paginya langsung gue tlp tuh kampus tanya2, malemnya Leo langsung ke TKP ambil formulir dst2.

Singkat cerita, langsung deh kita daftar dan selesai. Tes bulan Jan kemaren. Oh ya, untuk tes ini ternyata pendaftar bisa gagal alias ga keterima juga loh. Waduh, deg2an dong kita kalo ga keterima gimana. Bukannya apa2. Malunya itu loh.. huahauhaua...

Tesnya ada tes bahasa inggris macem TOEFL ( lupa nama tesnya apa ), TPA (test potensi akademik) sama tes wawancara kalo tertulis nya itu lulus. Gue ama Leo cuma deg2an sama si TOEFLnya ini. Soalnya dia kan kerja di perusahaan lokal, bahasa Inggrisnya ya terbatas. Walo di kerjaan masih di pake sih. Buat berhubungan ama konsultan dan direktur yang expat. Tapi tetep aje jiper bow..

Akhirnya pergi teslah akhir bulan kemaren, dan hasilnya berhasill.. (yeaayy). Ternyata dia lolos tanpa syarat. Nilai dia bagus, jadi interviewnya uda pasti lolos.

Gue ga tau yang ikut tes itu ada berapa. Yang pasti total yang di terima ada 45 orang dan 25 orang lulus tanpa syarat. 20 lagi nilai tesnya kurang tapi lolos setelah interview. Biasanya mereka disuruh tes ulang.

Di MMUGM ini, ada 3 kelas kuliahnya. Kelas reguler ( kayak kuliah S1 pagi - sore), eksekutif A (Senin - Jumat) dan B(2 apa 3x seminggu gitu, jadi dikebut 1 harinya lama kuliahnya).

Leo ambil yang kelas eksekutif A karena gue ga setuju sabtu kuliah. hehe.. Lagipula Sabtu 1 bulan 1x Leo kerja. Sayang kan potong cuti.

Nah waktu interview, dia masuk ke sebuah ruangan dan di interview oleh seorang doctor yang masih cukup muda. Ditanya - tanya dan dia bilang nilainya bagus. Coba pasang kuping. UGM suka bikin pertukaran pelajar. Nilai kamu cukup buat ikut begitu - begituan. Biasanya ada sponsor yang bayarin buat kuliah diluarnya. Wah, kita sih ga ngincer sampai kesitu jujur aja. Tapi kalo memang benar terjadi ya puji Tuhan deh.. Tapi jangan lupa rombongan sirkus dibawa ya... :p

Sekilas tentang UGM, ternyata si UGM ini S2 nya uda terakreditas A. Uda gitu dia punya prestasi sesuatu yang gue ga tau namanya. Pokoknya dia uda membangun itu selama 9 tahun buat menjaga nilainya. Kampus2 lain uda pada KO dan ga mau ngelanjutin buat mengejar nilai itu. Kalo sampai ada yang mau ngejar juga harus bangun dari 0 sampai min 5 tahun.

Pelayanan di kampus ini juga baikk banget. Kata temen gue yang kuliah disini, dari CS, OB, dosen dan semua2nya sangan santun dan baik. Mungkin budaya orang Yogya kali ya. Apalagi gue ini kan fans beratnya Jokowi, jadi makin cinta deh sama nih kampus (apa hubnya coba) . Oh ya buat harga total2 abis kurleb 80jutaan lah. Sidang thesis dan wisuda dilaksanakan di UGM Yogyakarta.

Jadi yang mau kul disini, kudu itung2 biaya tiket, hotel kurleb 2-3x juga. Soalnya ada kemungkinan 1 matkul yang perlu ke Yogyanya. Ga selalu , tergantung kesepatakan 1 kelas. Kalo semua setuju ke Yogyanya ya berangkat. Kalo ga setuju berarti di Jakarta aja. Kalo sampe matkul ini di Jakarta, berarti cukup 2x ke Yogyanya.

So, Awal Maret ini mulai deh kuliahnya. Martikulasi dulu sih 1 semester baru dah semester 1 di September nanti. Total kuliah kalo tepat waktu 2,5 tahun (+martikulasi). Artinya Maret ini mulai deh Leo jadi bang Toyib alias pulang seminggu sekali. Ya, paling sesekali rombongan sirkus ikut nginep disitu.. hehehe..

Oh ya sebagai penutup, Agustus tahun ini Leo umur 28. Jadi pas kan ya S2 nya itu umur 28 sodara2? hehehe

Comments

  1. Puji Tuhan yah, cara Tuhan bekerja ajaib bener.. Btw, gw kmren pas S2 gak ngeh sama UGM ini. Soale gak sempet cari2 krn Binus S2 nya ngesot dari kantor. Trus waktu itu budget dr ortu cuma 50jt. Jadi pas di Binus. Keren deh UGM dapet gelar nya MBA. Lebih kece drpd MM.haha.. Iya bener, temen sekantor kmren cuti bbrp hari krn kudu ke yogya. :D

    Semangat yah buat Leo, siapa tahu beneran dapat pertukaran pelajar yah.. Aminn.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya beberapa tahun yang lalu, temen gue yang baru lulus 1 taun ini.. pas jaman dia cuma 60 jutaan. Sekarang baru naik jadi mahal. Karena dulu masih baru kali ya dan gedungnya masih gedung lama. Kalo binus MM nya lebih ke IT bukan?

      Thanks ya.. aminn..haha

      Delete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat