Tentang sekolah lagi

Sepertinya masalah persekelohan ini gak ada beres - beresnya ya. Padahal Jojo baru 2 taun, tapi dilema gue uda berkepanjangan.
Awalnya gue uda mantep mau sekolahin anak taun depan aja pas Jojo umur 3,5 tahun. Tapi denger - denger bisik tetangga di deket rumah, ada rumah bermain gitu. Mirip playgroup tapi ga belajar beneran kayaknya. jadi cuma bener - bener rumah yang isinya banyak mainan. Biasa yang join ke sana juga emang para batita.
Seminggu cuma 3x dan bayarnya juga murah tanpa uang pangkal. Ya karena emang judulnya maen2 doang kali ya. Tetangga gue masukin situ sekitar 4 taun yang lalu kalo ga salah cuma bayar 100 apa 200rb gitu sebulan. Wah, kita iseng - iseng dong survey sono.
Sempet nanya temen - temen gue letak persisnya dimana. Eh dia malah ga recommend ke sono. Katanya mending sekalian ke TK babtis aja. Disitu ada PGnya dari 2 taunan dan sekolah Kristen pula basicnya.
Duh karena emang gue ga ada rencana mau sekolahin, gue ga tertarik kalo judulnya sekolah. Gue cuma mikir pengen ajakin ke tempat bermain karena daerah rumah gue ini jarang ada anak kecil dan ga ada taman. Jadi kebayang kan tiap ari mereka cuma di dalem rumah aja kerjanya. gue agak worry dengan kemampuan sosial mereka. Mengingat cerita gue tentang mereka suka gebuk - gebukan dan kalo ketemu orang asing yang dewasa mereka cenderung malu - malu dan ga mau bertegur sapa. Tapi kalo ama anak kecil sih mereka cenderung agresif sekali. Sampai banyak yang kabur.. hihi
Jadilah gue ga menggubris saran temen gue ini pada awalnya.
Terus pergilah gue, cici gue ( uda kayak suami ke2 gue yang suka nemenin kemana2. dulu hamil pertama kali periksa ke spog aja ditemenin cc gue. hihi), sama Jojo ke tempat yang dimaksud. Waktu itu gue pergi hari Jumat. Kebetulan lagi libur. Jadi dari depan sepi gitu. Kata tetangga suruh masuk aja. Kita coba kan masuk, tapi ga ada orang dan pintunya terkunci. Karena pintunya kaca, kita penasaran liat dalemnya. Duh pemandangannya agak horror. Jadi tempatnya agak berumur lama dan kurang bersih gitu. agak kumuh. Kita kan jadi horror.. Akhirnya ilfeel dan kabur deh pulang ke rumah. hihi
Letak tempat bermain ini persiisss banget di belakang rumah gue. Tapi kalo jalan kaki lumayan juga kudu muter sana sini. Pagi - pagi gue sering denger suara anak kecil pada nyanyi or teriak. Gue tadinya semangat masukin Jojo situ karena mikir lucu juga ya bisa denger suara si Jojo dari rumah. huehhe. Padahal mah kalo sekolah kudu ditemenin. Harus ada pendamping, karena emang judulnya cuma tempat bermain aja.
Kata temen gue yang lain sih don't judge the book by it's cover. Tetapi entahlah gue masih belun ada hasrat buat survey kesono lagi.
Begitu sampai rumah, jadi penasaran jg ama si TK Babtis. Akhirnya ambil mobil dan kita capcus lah ke si TK ini. Btw, TK babtis ini TK gue waktu kecil.. hihi.. Guru gue pun masih ngajar disitu. alamakk..
Gue baca daftar guru - gurunya rata - rata kelahiran 60an semua. Ini berarti guru jaman gue TK sampe sekarang masih pada ngajar.. *takjub
Tapi jadi kepikirannya duh gurunya pada tua - tua, pada galak - galak ga ya.. hehe
Sebernya gue agak lupa bentuk TK gue jaman dl seperti apa. Bok uda 22 taun yang lalu gitu loh..Eh ya TK ini sebenernya bener - bener deket sama rumah gue sesungguhnya. Asli kalo dari atas tinggal di lempar, sampe langsung.   *cuma perumpamaan, tolong jangan laporkan saya ke Ka Seto
Cuma gue kan lagi ga tinggal dirumah sendiri alias ngungsi, jadi agak jauh dikit.
Halamannya masih sama seperti dulu.Besaarrr dan rumput hijau. Jadi klo jatuh ga sakit. Dulu gue seneng banget maen di halaman ini. Tiap pagi kejar - kejaran ama temen sekolah. hihi
Tapi mainan - mainannya uda ganti semua. ya iyalah ya.. uda 20 taon lebih kalo ga ganti malah horror.. :p
Cuma jeleknya banyak nyamuk. Si Joyce sampai rumah kakinya pada bentol - bentol semua. Kalo kata temen gue yang sekolahin anaknya disitu, tiap pagi dibalurin MKP anak-anaknya sebelom sekolah.
Tapi anehnya si Joanne kaga digigit sama sekali. Mungkin darah si Joyce manis kali ya.
Akhirnya gue pun ngobrol - ngobrol sama bagian adminnya. Dijelasin kalo mereka ada PG junior ( min 2,5 tahun) dan PG Senior abis itu TK.
Untung uang pangkal PG dan TK dipisah. Jadi kalo cuma mau PG doang ya ga rugi gitu. Tapi uang pangkalnya ga kecil - kecil amat buat ukuran iseng - iseng sekolah. hehe
Uang pangkal PG 2 juta belom semua - semua, macem seragam, dan uang ini itu. Lupa apa aja.
Uang bulanannya 200rb, ditambah uang mkan 10,000/bulan dan uang rekreasi 10,000/ bulan ( katanya mau naik cuma belom tau)
Uang makan ini untuk tabungan. Jadi tiap jumat, mereka ada acara makan - makan yang dimasak oleh ortu murid buat sekelas. Jadi bergilir... eng ing engg.. gue langsung lemes. Jangankan buat sekelas, buat Jojo aja sekarang nebeng masakan emak gue terus. kikikik..
Tapi tenang kata si bu admin. Kalo merasa keberatan dan ga sanggup , bakal dioper ke mama lain yang mau. *buang nafas lega..
Uda gitu uang rekreasi ini sifatnya tabungan. Jadi pas hari H ternyata kurang, harus tambah sisanya.
umm sebenernya gue seneng ama ini sekolah, tapi ada beberapa pertimbangan gue kalo PG disini :
1. Gurunya pada tua, nanti galak - galak ga ya. Kan katanya anak ampe umur 5 bahkan 7 ga boleh di didik galak - galak
2. Disini full Indo, nanti TK nya kalo pindah ke monte yang full inggris, bisa ngikutin ga ya.
3. Lulus PG itu kan sekitar umur 4,5 tahun nanti. Gue perhatiin anak - anak temen dan keponakan yang berumur segitu kok kayaknya uda gede ya. Uda bisa ngomong apa yang dia mau dan ga. Kalo nanti dia ga mau pindah giman ya? apa gue yg terlalu parno ya?
umm keknya itu aja sih kekhawatiran gue. Duh gue yang uda mantep sekolahin anak taun depan kok jadi tergoda mau sekolahin lagi abis survey2 ini ya.. hehe
Eh ya di TK babtis, sekolah seminggu 3x.. jam 8-10 pagi.. Hari jumat belajar agama.
Setelah survey ke sini, akhirnya merasa nanggung, jadi lanjutlah kita survey ke TK Recis. Denger - denger ada PGnya dari ibu yg ga sengaja ketemu di babtis tadi.
Sejujurnya untuk SD, gue rencana masukin ke Recis. Soalnya lulus TK kurleb umur 6,5 uda cukup umur lah ya buat dididik ala militer. hehe
Kalo sekolah katolik emang lebih strict sama aturan. Pengalaman gue waktu smu disono juga gileee tiada hari tanpa belajar. Beda banget ama skul SD dan SMP gue dulu yang skul katolik jg tapi ga se strict di recis ini. Cuma gue liat emang rata - rata yang dari SD - SMU di Recis pada 'jadi'. Temen - temen gue banyak yang keterima di Univ negeri unggulan macam UI, ITB dan beberapa juga dapet beasiswa di singapore macam nanyang.
Uda gitu banyak juga yang kul di berbagai pelosok negara lain. Jadi secara ga langsung jadi punya koneksi luas juga dung kita. Untuk kerjaan pun, gue liat mantep - mantep. Gue ampe cek yang sd - smu disono kerja apa aja rata - rata. hehe..
Selain itu jaman dl gue skul disitu banyak juga yang menang olympiade ini itu. Dulu kakak kelas menang olympiade fisika dunia. Lupa dapet piagam apa.. Yang jelas denger2 gosip ditawarin sama kampus MIT amrik buat kul sono.
Jadilah gue rencana mau masukin Jojo disini. cuma ya itu SD nya untuk masuk harus tes calistung. huhu.. Denger - denger juga kalo masuk TK sono, ke SD nya ga perlu tes lagi. Sedangkan yang dari luar, di tes. Jadilah gue mau coba survey mana tau ada sesuatu yang bikin gue sreg gitu ama TKnya.
Oh ya sekolah Recis ini juga tinggal ngesot dari rumah gue.. Jaman gue skul gue berangkat 2 menit sebelom bel dari rumah.. baru jalan dikit ada suara bel di depan gang, gue langsung lari dah.. wkwk.. persis kaya adegan nobita doraemon..
Begitu sampai TKnya, halaman gabung sama SD. Halaman khusus TK nya ga terlalu besar dan lantainya aspal. huhu.. ini sih bisa bikin lutut beset2..
Pas mau masuk ga sengaja ketemu salah 1 guru TKnya. Jadi gue tanya - tanya aja deh. Katanya PGnya mulai dari umur 3 taun dan kelasnya sore. 14.30 - 17.00 kalo ga salah. Soalnya mereka gantian sama TKnya.. ya amploop..
Seminggu 3x juga..
Untuk biaya gue ga tanya, tapi sempet nemu di forum emak - emak bogor ada yang sharing 1-2 taun yang lalu harganya mirip ama si TK babtis ini untuk PGnya..
Mereka diajarin calistung pas TK dan ga pernah ada PR samsek sampai lulus TK.
Duh, karena dia sekolah sore, uda gitu ada calistung dari TK A sama halaman yang beraspal, kayaknya gue ga akan masukin JOJO TK situ dah.
Lebih baik di tempat lain, klo ampe tes SDnya ga masuk, ya sudahlah pasrah cari tempat lain aja. Emang ga jodoh berarti *pasrah
Begitu gue pulang, gue sempet curhat - curhat sedikit sama temen gue tentang hasil survey. Dia kasih tau ada sekolah baru di Bogor namanya Gymboree. Gue gugling dong, dan betapa senangnya gue karena ini bener - bener sesuai kebutuhan gue banget.. Tapi kok gue cari ga ada cabang bogor dan ga ada info samsek di bogor.. Saammmpaaii ga sengaja gue ketemu nama sekolah sebenernya.. Bukan gymboree ternyata. Tapi mirip itu.
Sekolah ini jg pake kurikulum montessori katanya dan pas gue browsing ke blognya, ternyata hampir semua guru - kepseknya itu mantan di sekolah monte yang gue mau masukin ini. Jadi pada keluar buat sekolah baru. jahhhh.. Panik dong gue. Langsung interogasi temen gue yang ngajar disono. Menurut temen gue sih masih banyak guru expert di monte ini kok. Pengalaman lumayan lama juga mereka. Entahlah karena emang dia guru disono apa gimana.
Yang pasti Sabtu 2 minggu lagi gue uda buking trial class di sekolah baru itu. Biasa kepo mau cobain.. Sebenernya agak keberatan kesono karena agak jauh. Kalo BMS yang gue mau join ini kan tinggal ngesot dari rumah. Ga sampe 5 menit perjalanannya..
Cuma plusnya sekolah yang baru ini dia ada kelas dari nursery, PG 1, PG 2, K1 dan K2. Jadi ada banyak step - stepnya. Kalo temen gue baca blognya, dia bilang contentnya kinderfield banget.. Persis..
Kalo BMS ini cuma ada toddler, K1 dan K2. Kalo skul dari umur 2taunan kan berarti toddler 2 taon.. bosen banget. Sementara gue liat kemaren pas trial dsitu ada anak umur 2,5 taon uda pinter. mao direkomenin pas semster 2 langsung ke k1. lahh ntar jangan - jangan si Jojo sekolah situ 4taunan uda lulus K2 lagi.  *sombong
Makanya gue ga mau masukin dari sekarang. Jadi intinya gue masih galau bimbang. Mau lesin, ga ada les yang bisa dari umur 2 taun kecuali berenang. Cuma berenang gue rempong nganternya. 2 anak.Belom nanti kudu mandiin 1-1.. duh pusing dehh..
mak galau tiada akhir.. .

Comments

  1. Thanks for sharing.. boleh di share juga ga nama sekolah yg mirip Gymboree?

    ReplyDelete
  2. Kayaknya kegalauan ini akan terus lanjut sampe anak masuk Univ deh.. Tapi kalo dah gede kan anak bisa aja ngeluarin usul yah. hehe.. Semangatt Mama JoJo :D

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat