Cari suami kaya, hoki atau bencana

Iseng - iseng kalimat di atas terbersit di kepala gue. Kalo kemaren yang berat - berat yang gue bahas, sekarang bahas sesuatu yang agak ringan dikit deh. hehe

Jadi ceritanya gue sering mendengar cerita atau melihat beberapa kenalan yang kayaknya tergiur dengan pria kaya (baca : anak orang kaya).

Jadi pas belom merid, bawa mobil seri terbaru yang harganya bisa beli rumah, suka jajanin si cewe barang - barang branded or mungkin di ajak makan di tempat - tempat mewah. Waah, langsung luluhlah si wanita dan bersedia menikah dengan orang macam itu.

Ada beberapa wanita bahkan yang sengaja mengincar tipe - tipe pria kayak gitu. Tau apa yang dibenak si wanita? wah, gue merid ama doi gue bakal jadi irt yang bahagia. Tiap hari ke salon, pakai barang branded dan di rumah berleha - leha aja ga perlu ngapa - ngapain. Pokoknya gue pasti BAHAGIA.

Lalu apa yang terjadi saat sudah menikah? Banyak cerita yang suka gue denger ( bukan sinetron ) tentang kasus - kasus miris yang terjadi setelahnya.

Kasus 1 : Anak orkay yang kurang pintar. Malah mungkin ga kuliah atau kuliahnya ga beres.
Begitu merid, ortu menyiapkan sebuah rumah, sebuah mobil dan sebuah usaha untuk anaknya.
Akhirnya, karena kurang tekun dan duit ga dikelola alias dihambur - hamburin akhirnya usaha ga menguntungkan. Hanya di awal pernkahan bisa borju dan gila2an pake duit. Akhirnya usahanya bangkrut, si istri harus jaga anak dan ga bisa kelayapan. Bahkan harus berhemat - hemat ria.

Bahkan ada yang berakhir cerai karena si istri merasa ekspektasi dia akan pernikahan bahagia hancur

Kasus 2 : Anak orang kaya yang cukup pintar bahkan usahanya cukup berhasil

Ada kenalan gue yang menikah dengan tipe 2 ini. Mereka melangsungkan pernikahan di tempat yang mewah dengan pesta yang mewah pula. Cuma kali ini si calon suami bukan ank orang kaya yang ga bisa apa2. Tapi pengusaha muda yang malah bisa memajukan usaha yang diberikan ortunya.

Yang begini masih agak hoki sih sebenernya, hidup berkelimpahan di awal, sampai akhirnya usahanya terkena masalah dan usaha sedang kembang kempis. Jadi mau ga mau hidup pas - pasan.

Kasus 3 : anak orang kaya yang bantu usaha ortunya

Hampir mirip sama kasus 1, cuma ini ceritanya bantu usaha ortu. jadi masih jadi bawahan ortu. Pas pacaran borju abis, begitu merid ternyata si suami hanyalah makan gaji. Dijanjikan akan dibelikan rumah sendiri suatu hari tapi ternyata hari itu tidak pernah datang.

Si orang tua yang merasa membangun usaha setengah mati dan ga mau duitnya di hambur - hamburin sama si menantu, jadilah kasih gaji ga banyak - banyak dengan pikiran "kan ga usah bayar biaya operasional rumah dan makan gue yang bayarin"

Si istri yang ngebayangin hidup enak, ternyata malah terkungkung di rumah mertua indah dan ga bisa ngapa - ngapain secara bebas.

Kasus 4 : anak orang kaya yang dari kecil sangat manja dan bossy. Begitu menikah, ga pernah menghargai istri bahkan si istri ga dikasih pegang duit sama sekali. ini kisah nyata nih.Bahkan keluarga si istri bener - bener ga dianggep.

Akhirnya ga sampai 1 tahun, pernikahan selesai padahal dulu pestanya juga di tempat bergengsi dan mewah.

Pesan moral : jangan fokus mencari suami kaya apalagi punya harapan hidup bahagia karena bisa senang - senang dan ongkang ongkang kaki. Walaupun sebenernya ada juga sih gue liat yang menikah sama orang kaya dan ekspektasinya terpenuhi, tetep bisa kelayapan, senang - senang dan ongkang ongkang kaki. Tapi kita ga tau kan kondisi orang itu bsa seperti itu terus atau berubah.

Harta di dunia bukan milik kita. Kita bisa kaya hari ini miskin esok hari. Gak ada yang tau. Malah gue sering menemukan ekspektasi wanita yang mau hidup enak bahagia malah berakhir harus hidup pas - pasan dan susah.

eh tapi ada yang malah kebalikannya.

Kasus 1 : ga pernah ekspektasi hidup enak atau berkelimpahan. Malah berpikir siap hidup susah sama pasangan, eh pas menikah malah karena ketekunan suaminya dan sifat pekerja kerasnya, sang suami yang tadinya bukan siapa - siapa, lama kelamaan jadi pengusaha kaya sukses. Sang istri pun dapet efek sering jlan - jalan ke luar negeri, pakai barang branded, dst2. Walaupun mungkin itu dia dapatkan setelah 10 tahun pernikahan.

Kasus 2 : Ga pnya ekspektasi seperti di atas, eh si suami yang tadinya di kerjaan biasa - biasa aja tiba- tiba dapet opportunity besar dan sukses.

Gue cuma mao bilang kebahagiaan itu ga bisa terukur dari materi semata. Tapi carilah suami yang bertanggung jawab, pekerja keras dan yang terlebih dari itu semua takut akan Tuhan. Kalo dia punya Tuhan dan takut sama Tuhannya, pasti hidupnya akan berhasil.

Beneran loh. Gue perhatikan temen2 gue yang ga cuma orang rohani, tapi gue tau gimana mereka humblenya, takut akan Tuhannya, rajin, bisa dipercaya dll pekerjaannya ngebut. Promosi terus. bahkan di usia 25 taun rata2 salary uda 2 digit.. Temen gue bahkan dalam 1 thun promo 3x. salut.

Ya intinya masa depan lo lebih terjamin dan jelaslah. walo mungkin di awal pernikahan kudu tinggal di rumah mungil dan hematnya bukan main. Tapi di akhir hidup sejahtera. Itu jauh lebih baik bukan daripada merid di awal sejahtera sesaat sisanya melarat.

Selain itu gue jg mau bilang orang pinter or ipk cumlaude ga selalu sukses. Bahkan banyak yang mentok. Mungkin di awal aja kelihatannya lebih dr yang lain. Tapi begitu mentok 1 titik, sulit maju alias mentok.

Orang yang mudah sukses itu adalah orang yang humble, pekerja keras, mau belajar sama takut akan TUHAN. --> clue buat cari suami.. hihi

Kadang bertemu dengan orang tepat pada waktu yang tepat juga mengambil peran yang sangat besar dalam kesuksesan. Gue dan suami merasa previlege ini yang kita dapatkan dari point takut akan Tuhan. Tiba - tiba ketemu a pas bener lagi butuh dan kesempatan itu datang.

Gue ambil contoh kayak Jay chou sama Wang lee hom. No offense buat penggemar Jay Chou. Menurut gue, Wang Lee Hom itu jauuhhh lebih ganteng, suara jauhh lebih bagus, dan lagu2 jauh lebih enak dari pada si Jay Chou. Tapi mengapa dia kalah jauhhh dari si Jay Chou masalah ketenaran ini. Malah menurut gue, acting dia di kungfu dunk amit2. ga banget. Ngomong jarang, ekspresi ga ada. Tapi kok malah dia bisa dapet banyak tawaran main film bahkan denger2 ke hollywood. ini hoax apa beneran ya. hehe

Tapi 1 kesimpulan gue ama temen gue, si Jay Chou ini hanya pnya kesempatan lebih besar. Dia bertemu dengan orang2 yang tepat di waktu yang tepat. Makanya dia lebih sukses.

Ada contoh lain. Ada kenalan gue kakak beradik. Sebenernya sama - sama pinter cuma, kayaknya pinteran kakaknya. Jadi dia lulus kuliah bisa langsung keterima di sebuah perusahaan besar yang tesnya berlapis - lapis dan hanya orang pintar yang bisa masuk. Tau lah ya perusahaan apa kira - kira. hehe

Adiknya malah kerja jadi sales sepatu brand lokal. Si kakaknya ini bahkan ga lama jadi manager something di perusahaan ternama itu. Jadi pas adiknya memulai karir, si kakak uda jadi manager di perusahaan besar itu.

Si kakak ini orangnya sombong, sok pinter dan ga pernah mau dengerin orang lain. Dia selalu merasa dirinya hebat dan paling tau. Bahkan dulu ke bokap gue yang jauh lebih tua dari dia pernah diremehkan karena bokap gue bukan orang berpendidikan.

Lain dengan si adik. Si adik ini sangatttt humble. Tutur katanya ga pernah merendahkan orang lain. Nyokap gue selalu suka dengan si adik karena tiap nyokap gue masak buat dia, si adik selalu makan dengan lahap dan bilang enak makanan nyokap. apapun masakan nyokap. Nyokap bilang dia yakin pasti ada yang kurang enak, tapi orangnya begitu humble.

Di waktu percakapan bokap gue dengan si kakak yang waktu itu dia meremehkan bokap gue, si adik menyela "uda, u dengerin aja kenapa kak. Walo dia bukan orang kuliahan, tapi pengalaman dia jauh lebih banyak dari u dalam hidup. mungkin aja yang diomongin bener."

Intinya percakapan itu bagaimana si bokap sharing cara memperbaiki TV ala bokap. Bokap itu suka utak atik barang rusak di rumah. Ga pake teori apa2, tapi entah gimana suka bener barangnya. Makanya gue selalu merasa bokap bagaikan MacGyver.

Tapi si kakak seperti menertawakan dan menantang bokap untuk menjelaskan dengan teori fisika. yahh namanya bokap ini kan bukan anak kuliahan. smp aja kaga lulus malah disuruh jelasin pake rumus fisika. Jadi berdebatlah si bokap ama si kaka panjang lebar. haha. bokap gue jg ya gampang kepancing. Namanya orang tua di begoin sama orang jauh lebih muda gimana coba ya.

Untunglah si adik yang melerai. Intinya si adik ini punya hati yang humble lah ya (maksd cerita ini,)

Berlanjut di karir si adik, ternyata si adik begitu giat hingga dia bisa berprestasi jadi sales sepatu dan akhirnya di tawarin sama perusahaan yang ternyta 1 grup sama si kaka untuk jadi sales mobil di perusahaan itu (makin jelas lah ya perusahaan yang gue maksud).

Bonyok pernah beli mobil melalu si adik, duhh excellent service banget. Bahkan di anter ke rumah ama doi sendiri padahal shorum nya di Jakarta. Saat itu uda jadi kepala cabang doi.

Jadi intinya dalam waktu singkat, doi di puter - puter jadi kepala cabang A,B,C.. Intinya daerahnya makin naek aja.

Sekarang? Jadi vice president sajaa dung di perusahaan itu. Padahal ga tua - tua amat loh..Kalo ga salah dia dapet posisi itu dari usia kepala 4 agak awal.

Mantep deh. Dia awal itu dari 0. Tinggal rumah kecil, sampai sekarang rumahnya di kawasan pondok indah saja. Gimana nasib istrinya? inilah yang gue bilang beneran hoki. Istrinya ini cuanntttiikknya luar biasa loh. keturunan indo belanda. Waktu merid ama si suami, suami belom jadi apa2. masih jadi sales. Mantep ya. 

Nah sekarang gimana nasib si kakak? ternyata karena keras kepala dan kesombongannya, si kakak masih tetap di posisi yang sama dari dulu sampai sekarang. Tetap manager. kenapa? denger2 atasan dan rekan2 kerja pada ga suka sama dia. Akhirnya dibikin mentok posisinya. Terus kenapa dia ga pindah? karena mao pindah siapa yang berani bayar dia. Di perusahaan itu gaji ga terlalu besar tapi tunjangannya amat besar dan setahun bisa sampai 18x gaji(makin tau lah ya perusahaan apa yang dimaksud).

Jadi intinya kepintaran, anak orang kaya bukan kunci kesuksesan or kebahagiaan lah ya.

Jangan punya ekspektasi macam itu atau anda akan kecewa. Hehehe

Comments

  1. aku suka artikelnya... agak mirip sinetron sih.. tp bisa nyadarin aku klo ternyata punya suami kaya belum tentu bahagia.
    Tjx udah sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks 4 commentnya juga.. memang ternyata sinetron2 itu ga bohongan ya.. apa orang2 skrg hidup kayak sinetron? hehe

      Delete
  2. Benerrr yg penting diperhatikan utk cari suami itu sbnrnya adalah character dan attitude.. krn dua itu ga bs diubah2.. nilainya mutlak sepanjang masa.. duit dan ilmu bs dicari lah ya.. yg skrg miskin bisa kaya nanti.. lbh penting cari yg mao kerja keras, hidup ga foya2, mikirin masa depan biar masa depan kita lbh berprospek hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener.. susah2 dulu senang2 kemudian.. Daripada senang sebentar sisanya susah terus.. hehe

      Delete
  3. nebak2 buah semangka ah.. hahaha... yg mobilnya sejuta umat di jkt kah??
    iy ci, senengnya luar biasanklo menurut gw jadi istri yang bisa dampingin suami yang dr 0 lalu bisa jadi seseorang..
    Ada beberapa orang yang gw lihat memang dr dulu incer co kaya, udah merid juga, let see beberapa tahun mendatang gmn kehidupannya :D apakah masih tetap sama atau lebih wah lagii.. hihihi

    ReplyDelete
  4. @jurie : bener2.. mobil 1 juta umat.. heuheuee..
    Yah mungkin beberapa taun lagi masih tetep hidup mewah dan kaya. Tapi pertanyaannya kalo ternyata someday dalam keadaan susah, apakah si wanita tetap bisa bertahan? hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat