"Punya anak perempuan ga usah sekolah tinggi2, ujung2nya jadi IRT juga"

Pernah ga tuh denger kalimat judul di atas? wah gue beberapa kali mendengar celetukan seperti itu. Berhubung dengan anak - anak gue cewe dan gue sendiri pun cewe yang berakhir menjadi IRT. Suka ada yang mengatakan kalimat itu. Mungkin juga karena gue rempong bener buat nyari sekolah. Kebanyakan orang cuma liat yang penting deket rumah dan masih terjangkau, selesai. Ada juga yang ngeliat jem sekolah ga lama - lama biar anaknya ga kecapean. Sebenernya gue juga memasukkan kriteria itu dalam mencari sekolah. Tapi tetep, gue ga cuma sekedar melihat itu sebagai kriteria mencari sekolah anak. Bahkan dari preschool.

Jujur, gue sangat tidak setuju dengan statement itu. Kenapa? Sebenernya kenapa kita cewe walo jadi IRT kudu punya pendidikan yang cukup. At least s1 lah ya. Soalnya pekerjaan rumah tangga or besarin anak itu ga cuma sekedar or hanya. Sebagai contoh, saat ngelahirin anak  dari mereka bayi ampe gede kita bakalan jadi dokter mereka, koki mereka, guru mereka, dst2. Tentunya butuh pendidikan yang cukup dong buat itu. Tau sendiri kan jaman sekarang dokter itu uda banyak yang aneh - aneh, walopun banyak juga yang bagus - bagus. Tapi kalo kita ga tau apa - apa dan akhirnya di kerjain sama dokter nakal kan kasian juga anak - anak kita.

Sebagai contoh lain, gue punya 1 kenalan sepasang suami istri. Sang suami sih sebenernya ga punya pendidikan tinggi. Tapi emang dia pinter dan emang jaman dl kan susah ya dapet pendidikan yang cukup. Cuma sekarang dia uda jadi pengusaha yang sukses. Sedangkan istrinya ini asli cantik banget. Sekolahnya sih sebenernya lebih tinggi (SMEA), tapi sekolahnya dia ga jelas gitu. Uda gitu dia emang tinggal di kota dari kecil. Sedangkan sang suami tinggal di kampung. Begitu menikah, gue melihat banyak ketidak seimbangan dalam hidup mereka.

Anak - anaknya yang pernah gue ceritakan, umur 17 tahun tapi akhirnya baru SMP. Itu pun harus dikejar dari home schooling. Mamanya ga pernah ngajarin anaknya. Cuma berserah sama sekolah dan tempat les aja. Anaknya yang besar waktu kecil pinter banget. Sukanya baca buku dan gue pernah tes dia cuma baca sekilas uda tau isi tuh halaman apa, tapi pas SMU sampe ga naek kelas. duh, kesian bener.

Uda gitu, sang suami sepertinya jarang menceritakan pekerjaannya secara detil kepada istrinya. Soalnya istrinya ga begitu nyambung kalo di ajak ngomong yang terlalu berat.

Menurut gue, istri itu punya fungsi harus bisa jadi pendengar yang baik juga buat suami. Mereka kerja itu kan berat ya. Tingkat stressnya pasti tinggi banget. Emang sih kita ga perlu sampe harus punya basic pendidikan yang sama ama suami. Sebagai contoh, suami dokter berarti istri harus dokter. Ga juga. Tapi at least intelektualnya masih seimbang lah.

Setiap pulang kerja dan uda selesai macem - macem, gue pasti menyiapkan waktu buat ngedengerin cerita suami gue tentang kerjaannya. Bahkan dia suka ceritain planning - planning dia di kantor apa aja. Walo, gue ga bisa memahami seluruhnya, tapi setidaknya gue bisa tau apa yang dimaksud. Jadi kita bisa jadi temen sharing juga. Ya ga cuma iya - iya aja gitu tiap di ceritain. Tapi bisa memberikan pendapat or support dia. Soalnya kadang gue suka kasian sama doi. Bayangin aja, tidur aja suka ngigo ngomongin kerjaan. Jadi tiap bangun gue tanya, dia suka bilang di otak dia lagi mikirin suatu ide baru. Itu suka kebawa mimpi. hahaha.. Kadang kalo gue lagi iseng, gue suka sautin waktu dia ngigo dan di jawab loh sama dia. Uda kek orang di hipnotis gitu. Tapi jawabannya ngaco gitu. Gue suka ngakak - ngakak sendiri kalo dia lagi ngigo di tengah malam dan gue tanya - tanya. Nanti begitu bangun gue ceritain, dia ga inget apa - apa dah. Kudunya gue rekam sekali - kali ya.. :D

Lanjut, selain itu kita juga harus bisa jadi financial planner yang bagus. Pria itu emang jago masalah planning, tapi entah mengapa mereka suka boros dalam hal - hal ga penting. Sekalinya mau beli barang, muahalnya minta ampun. Makanya, kalo istri ga bisa ngerem bisa - bisa tabungan ludes dan anak - anak ga bisa sekolah yang bener.

Tugas berikutnya ya jadi guru buat anak - anak kita. Kita ga mungkin bisa mengandalkan 100% sekolah dan tempat les. Soalnya kadang daya serap setiap anak kan berbeda. Tapi gue jujur sangat tidak setuju orang tua macem yang ngerjain PR anak - anaknya terus ulangan juga di dikte ama mamanya. Mungkin sampe SD kelas 2 or kelas 3 masih oke lah ya. Tapi kalo uda lebih dari itu masih begitu, nanti anak - anaknya jadi manja and ga mandiri. PR itu kan dikasih pasti ada tujuannya. Kalo semua yang ngerjain mamanya, mamanya dung yang jadi pinter. :D

Ya intinya, gue sih tetep akan mensupport anak - anak gue yang wece2 ini untuk tetap mendapatkan pendidikan yang tinggi. Tinggi itu bukan berarti sekolah termahal or termewah ya. Tapi sekolah yang bisa membuka wawasan mereka, pergaulan yang optimis dan mengasah pontesi mereka. Tapi tetep, entah jadi apa mereka nanti gue berharap mereka akan tetap mengutamakan Tuhan dan keluarga nantinya.

Comments

  1. Setuju banget, makanya kan Tuhan bilang kalo suami istri itu harus seimbang. Ya termasuk yg hal2 bgini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. •*˚*•(*) Îγɑɑ☺™(*)•*˚*• Bener.. Kalo ga seimbang, ngomong ga nyambung jadinya curhat sama yg lain, bisa gaswat deh.. Huehehe

      Delete
  2. setujuuuu!! cewe memang harus pintar dan cekatan juga!! :D

    ReplyDelete
  3. Hahaha Sintaaaa! Gue udah lama gak buka blog lo. :)
    IYalah lu waktu jaman sma aja udah pinter banget tuh, suka gue contekin. XD

    ReplyDelete
  4. Setuju ^^... Sekarang kita bersekolah/kuliah gak hanya cari ilmu sih, tapi koneksi, pengalaman dan juga intelektual kita jadi ada lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi.. orang yang ga pernah bersekolah sama yang sekolah pasti beda cara pikirnya.. kecuali yang ga sekolah tiap ari baca koran, update info, cari ilmu... (ada juga yang pinter soalnya.. tapi jarang )

      Delete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat