Timbangan oh Timbangan berbaik hatilah pada saya....

Waktu dulu sebelom merid, timbangan cukup berperan penting dalam hidup gue sekeluarga. Tentunya untuk menjaga supaya perut dan semua bagian tubuh tidak membengkak. Tapi anehnya sekalipun uda beli yang digital, kok tetep aja ya ga ngaruh. Semakin lama timbangan semakin naik dan kalau uda angkanya sangat besar tiba - tiba itu timbangan mentok ga mau turun - turun. Apa baterenya rusak ya? *alibi

Setelah menikah dan muncul si kucrit - kucrit, semakin berperan besarlah si timbangan - timbangan ini. Bukan untuk menjaga supaya berat ga naik tapi kebalikannya. Gue menimbang Jojo sehari 3x buat melihat mana tau beratnya nambah gitu. Tapi entah ini rusak apa ga, tapi kok beratnya susahhhhhh bener naiknya.
Padahal Jojo itu susunya lumayan loh. Umur 1 taon kan biasa 500 - 600 cc sehari. Ini si Jojo 3x sehari. sekali minum kadang 200 air putihnya + 5 sendok susu kadang 240 + 6 sdk susu.. Ludes semua. Ga cuma susu yang lumayan banyak. Makannya pun lumayan banyak, ngemil juga lumayan banyak. Makan kalo lauknya demen, dia bisa makan semangkuk pigeon hampir penuh seorang. Kalo kaga doyan semangkuk penuh cuma buat ber2. Tapi kan nasi dan menurut gue porsi segitu cukup banyak deh.. :D

Berapakah beratnya? Jojo sekarang 19 bulan dan beratnya Joanne 9,6 mentok 9,9 ( kaga pernah 10 kilo padahal uda plus pampers kadang2.. :D ) sedangkan si Joyce 9,3 - 9,5.. Tinggi mereka pun baru 78 cm.
Kalo orang melihat, pasti mereka disangka baru 1 taon. Apalagi rambut mereka yang masih model laki alias belom tumbuh. Kalo mereka lagi lari - lari or si Joyce uda ngoceh - ngoceh, pasti ada aja yang komen "duh, hebat amat ya anaknya masih kecil uda bisa jalan or ngomong".. Begitu ditanya umur berapa, barulah mereka bilang "pantess, kecil ya?"... huaaa... sedih rasanya hatiku. Komentar - komentar pun banyak dilontarkan. Ada yang komen susah makan ya sampe anaknya dikasih makan dong ( ja elah masa gue ga kasih makan anak - anak gue, ga usah dikasih, mereka pasti tiap saat teriak minta makan kok. Anak gue ini aseelii doyannn makannn).

Untungnya mama gue ini penganut anak jangan gendut - gendut apalagi anak cewe. Kebalikan sama mertua gue yang tiap ketemu selalu stress ini cucu - cucu kenapa pada mungil - mungil. Emak gue suka ngomel kalo gue kasih makan banyak - banyak. Haha.. Katanya nanti jadi apa ya bahasa Indonesianya. Gue ga bisa mengartikannya tapi gue mengerti. Intinya perutnya jadi ga bener. Jadi gedenya suka makan banyak tapi pupnya juga sering. Jadi gizi yang di serap ga banyak. Alhasil makan banyak, badan tetep kurus + jadi sakit - sakitan..

Puji Tuhan sekalipun anak - anak mungil badan mereka cukup kuat. Dulu 6 bulan, gue ajak ke puncak dan berenang di kolam yang dingin sekale mereka senang dan pulang ga sakit. Waktu 16 bulan, gue ajak ke pantai nginep 2 malem dan mereka tiap sore nangkring di pasir dengan baju bernang dan angin yang cukup buat menerbangkan layang - layang sampai tinggi, tetep pulang mereka ga sakit. Cuma masalah mereka emang di perut.

Jadi suatu hari di usia mereka 12 bulan alias 1 taon gue ga tau kalo ganti sufor itu harus step by step. Jadi dicampur dulu dengan susu usia 6 bulannya dan baru sedikit - sedikit diganti jadi 1 taon. Gue maen kasih full susu 1 taon. Hari pertama ga masalah dan mereka tetep mau minum sampai habis. Terus karena gue pikir anak gue uda 1 taon, jadilah gue mau melatih mereka makan sedikit makanan luar rumah. Jadi kalo gue jalan ke tempat makan, gue kasih dikit tuh makanan luar. Biar tahan banting ceritanya. Salahnya gue, percobaan pertama pas gue makan di restoran padang. Jadi gue order sop ayam mereka. Gue pikir ya namanya sop ga mungkin dong aneh - aneh. Kan gue cuma kasih kuah, wortel sama kentangnya doang. Mereka pun doyan dan makan dengan lahap. Di hari ke 3 tengah malam tepatnya setelah petasan dan kembang api taon baru bertebaran di langit, Joyce muntah - muntah. Muntahnya bener - bener nyemprot. Duh, gue panik dong. Ada apa gerangan dan berlanjut dengan Joanne yang pup mencret. Dan itu berlangsung sampai pagi. Jadi berganti - gantian mereka pup dan muntah. Susu ga mau, makan ga mau cuma mau air putih. Biasanya mereka begitu lahap kalo makan. Tapi ini sama sekali ga mau buka mulut. Duh, panik banget dong gue. kenapa oh kenapaa..

Itu taun baru juga pan. Siapa juga dokter yang praktek. Jadilah gue coba ini itu. Sampai suatu hari gue bawa ke dsa, kata dsa ususnya lagi ga bener. Jadi dikasih lacto B terus suruh stop makan sayur dan buah. Makannya juga yang lembek - lembek. Gue ikutin saran si dokter sampai 1 minggu tidak kunjung ada perubahan. Lalu gue coba lagi ke dokter karena pant*t anak gue merah - merah. Kata dokter itu ga bisa cerna laktosa. Jadi gue disuruh ga usah kasih susu.. Eh ya sebelomnya gue uda gonta ganti susu sampe ke susu non lactosa tetep ga ada perubahan. Akhirnya gue cobalah ngikutin si dokter. Mereka uda mulai mau makan dan susu dikit - dikit. Setelah gue ikutin merah - merah mulai memudar, tapi kok gue takut anak - anak makin kecil kalo ga dikasih susu. Secara makannya juga ga sebanyak biasanya. Akhrnya ada yang kasih tau gue coba kasih soya. Kebetulan dulu gue jual mama soya kan yang buat nambah asi. Terus gue pernah stock dikit kids soya. Ceritanya sucang untuk 1tahun+.. Jadi gue coba aja deh. Eh, ternyata mereka mau dan pupnya sudah mulai mengental. Ga seencer biasanya.

Total mereka pup encer di tengah malam dan makan ga bener itu 1,5 bulan. Jadi bukan yang mencret seharian sih. Cuma tiap tengah malem bisa pup encer 3 - 4 x..pagi sampe malem ga pup. Bayangkan 1,5 bulan mereka seperti itu. Boro - boro berharap berat mereka naik yang ada uda ga turun aja syukur. Ga sampai di situ aja. Semenjak kejadian itu mereka bisa 1 bulan sekali kambuh lagi. Jadi kayaknya kalo salah makan dikit suka kambuh. Tapi sembuhnya 1 mingguan sih. Ga sampe 1 bulan lagi. Treatment yang gue kasih tiap kambuh, susu langsung gue ganti sucang + lacto B gue campur ke susu or makanan. Dari yang 1 bulan sekali kambuh, lama - lama jadi 2 bulan sekali terus yang tadinya 1 minggu baru sembuh lama - lama 1 - 2 hari uda bae. Yah puji Tuhan, mungkin ususnya makin lama makin membaik kali ya.

Cuma ya itulah yang menyebabkan si Jojo badannya mungil sodara - sodara. Gue harus menjaga sekali makanan yang masuk itu fresh dan tidak kotor. Akibatnya kalo makan di luar paling gue kasih yang made by order. Dulu pernah ke h*kben gue pesen baso tahu kuahnya. Gue pikir namanya rumah makan uda ada nama + di mall pula kan. Bukan di warteg pinggir jalan. Harusnya fresh dong. Eh, kambuh lagi. Keknya itu ga fresh dah. Gue ga tau itu uda berapa hari di pancinya.. Gue ga menyalahkan si resto itu sih. Mungkin kalo kita - kita yang makan ga napa kali ya. Cuma karena anak - anak perut sensi mereka ga bisa nerima makanan yang ga fresh.

Selain itu, gue juga sempet bawa ke dr spesialis gastro di RS Herm*na Jatinegara. Gue ketemu sama dokter wanita yang baik cuma tegas.. asik sih dokternya. Pasiennya juga banyak. Sebenernya ga banyak - banyak amat sih. Cuma karena ini kan lebih ke konsultasi ya. Jadi tiap pasien masuk bisa setengah jeman baru keluar. Gue dateng jem 3 sampe rumah jem 9.00 malem dong.. Kesian si Jojo uda pada keriting di sono..
Akhirnya Jojo sempet tes darah, urine, feses dan hasilnya menunjukkan mereka normal, ga ada alergi. Cuma ya kata dokter intinya di jaga aja makannya. Gue dikasih pola makan yang bener  buat si Jojo, bener aje setelah gue praktekkan dalam 1 minggu naek 500 - 600 gram. Cuma ya itu, begitu mendekati angka 10 kilo ehhhh mereka sakit.

Sempet sakit radang tenggorokan kemarin ini. Joanne ga mau makan, susu, minum samsek selama 2 hari. Jadi itu perut kosong. Cuma gue cekokin air dikit - dikit. Saat dikasih minum, Joanne uda kek mau dipotong. Akhirnya hari ke 3 uda mulai mau masuk bubur tapi tetep ga mau susu samsek. Begitu liat botol susu, kabur dia. Total dia ga minum susu selama 4 hari.. Jadilah beratnya menurun drastis.. *nangis guling - guling

Joyce juga sama. Dia ga mau makan samsek 2 hari, tapi masih mau susu sedikit - sedikit. Tapi Joyce masih ga ada hari yang ga makan, minum, susu samsek. Jadi saat dia ga mau makan, dia masih mau susu. Saat ga mau susu, dia masih mau makan. Joyce ini anaknya masih bisa di paksa. Di suruh ini itu masih mau nurut. Sedangkan si Joanne ini anaknya keukeuh. Pokoknya kalo dia ga mau ya ga mau. Mau di paksa or di sogok apapun ga mempan. Nurun emaknya banget dah..

Setelah kejadian itu, gue mulai dari awal lagi dah buat naekin berat mereka. Sekarang uda mulai ke titik dia pulang dari dr gastro beratnya. Cuma ya itu mentok ga sampe 10 kg terus. Mana makannya mereka mulai picky nih. Kalo mereka suka, makan banyak. Kalo ga suka, mereka bisa bilang "ak mo" artinya ga mau sambil malingin muka dan mulut mingkem.

Dulu gue strict anak ga boleh makan sambil nonton or main. Kudu duduk di bangku makan. Cuma karena gue khawatir juga sama beratnya, akhirnya lunturlah peraturan gue. Mau ga mau gue kasih nonton deh sambil makan. Kalo makan sambil nonton, mereka bisa abis semangkok sendirian makannya. hiks hikss...
Nanti bisa diubah lagi ga ya kebiasaan ini..


Begitulan kisah seputar timbangan. So gue berharap timbangan bisa terus menaikkan berat anak - anak gue dan menurunkan terus berat badan mamanya ini.. HIHIHI

Comments

  1. jaejun jg beratnya stuck di 9.7 kg nih sin.. ga naik2 lagi.. susah banget makan, pgn kasi table food sih cm kayanya anaknya belom bs ngunyah makanan kaya gt sih.. mungkin kudu dialusin lagi yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAh kalo uda 1 taon stuck liv beratnya.. susyeee bener naeknya.. katanya sih 2 taon nanti mulai banyak lagi naeknya.. moga2 bener. Pelan2 aja liv.. jnagan langsung yang kasar banget. Jojo juga baru 15 bulanan keknya mau makan nasi putih

      Delete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat