Pre School for Jojo

Fuh fuh... sapu - sapu dulu ya.. uda banyak banget debunya.. keknya uda bertahun2 ga ngeblog. Tapi gue uda ga tahan banget nih buat ngeblog. Soalnya gara - gara ga pernah ngeblog, gue jadi males dokumentasiin pertumbuhan si JOJO dah.. Gue jadi kehilangan momen - momen pertumbuhan mereka dan ga ke record semua.. hiks2. Kalo di tanya sama orang, bisa ngomong mulai umur berapa, jalan umur berapa, makan nasi umur berapa, dst gue lupaa...*mak macem apa gue ini...

Gue akan coba mulai ngeblog lagi nih. Mumpung si JOJO belom sekolah dan GOLDEN AGEs mereka belom abis. :D
Sekarang JOJO uda 19 bulan tanggal 29 ini. Tahapan perkembangan mereka ( yang gue inget ) :
JOYCE :
- Kata uda 100 lebih. Uda sering membeo apa yang di katakan orang - orang. Tapi masih belum bisa merangkai kata nih. Kalo nyanyi, baru bisa ngikutin kata akhirnya aja. Contoh : satuu sattuu aku sayang pa... (papaaaa) dst2..

- Jalan uda lancar, tapi masih suka jinjit.

- Uda lumayan bisa bersosialisasi sama anak2 kecil, tapi kalo ama orang gede tetep nemplok sama emak or bapanya or orang rumah. Kalo ketemu anak kecil, pasti di peluk - peluk or di ajak becanda (ketawa ketiwi)

- Uda bisa pegang pen dengan benar. Joyce suka banget coret - coret kertas

JOANNE :
- Kata yang dia bisa 40 kata lebih. Lafal pengucapannya masih belum terlalu jelas. Joanne ini memang lebih lambat dalam bicara tapi lebih cepet jalan. Dulu 13 bulan uda bisa lari sana sini, jarang jatuh. Kalo Joyce 15 bulan baru mulai lancar ( itupun masih suka jatuh)

- Selalu buang sampah ke tempat sampah. Begitu liat sampah, otomatis lari2 ke tempat sampah.

- Setelah makan, taro piring sendiri ke cucian

- Abis cuci tangan, pasti cari handuk buat lap

- Abis makan, suka minta tissue buat lap mulut sendiri

Intinya JOYCE ini lebih ke verbal kalo JOANNE lebih ke kinestetik. Joyce cepet nangkep kata - kata, kalo Joanne cepet nangkep ke gerakan.. Memang Tuhan menciptakan manusia itu sangat unik ya, sekalipun kembar. Gue bener - bener bisa melihat mereka sangat berbeda sekalil. Mereka punya kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Joanne ini anaknya super duper aktif. Dia bisa manjat sana sini dengan gesit. Anaknya ga bisa diem banget, alhasil kita - kita yang ngejagain super duper kudu lincah juga buat ngikutin dia. Joyce sebenernya lebih kalem. Cuma ya namanya anak - anak, mereka suka saling ikut - ikutan. Jadi kalo mereka ber2 uda maen bareng ya tetep si Joyce jadi ikut super aktif juga. Walo urusan manjat memanjat, Joyce tetep ga bisa ngikutin.. :D

Tadinya gue punya rencana untuk menyekolahkan anak - anak pas usia 3 tahun menjelang 4 tahun alias PG 1 tahun lanjut TK dst2. Kebetulan JOJO lahir 29 Des 2011 dan artinya Jojo ini punya 2 pilihan tua di kelas atau muda di kelas. Padahal mah cuma beda - beda dikit ya.

Sekolah - sekolah unggulan kebanyakan strict banget sama umur. Telat dikit juga ga akan dikasih. Jadi min 3 4 tahun untuk TK dan 6 tahun untuk SD. Jadinya, gue kudu bener - bener mikir mau sekolahin anak dari kapan. Soalnya ngaruh kan ke SDnya nanti.

Setelah menimbang - nimbang, kebetulan kemungkinan besar gue masukin RECIS Bogor untuk SDnya si JOJO jadilah gue memutuskan untuk tua di kelas aja dah. Alasannya katanya sih lebih baik ketuaan daripada kemudaan. Biar anaknya juga siap secara mental. Jadi sesuai usia dia pertumbuhan sosialnya. Ga cuma ngomongin siap ga siap secara akademis ya. Tapi yang paling penting itu secara sosial.

Akhirnya saat itu gue putuskan untuk PG in anak 1 tahun aja.. Jadi masih 2 tahun lagi kan...

Tapi mengingat si Jojo ini ga bisa diem pisan + mereka gampang bosenan banget, jadilah kayaknya mereka butuh aktivitas sekolah (maknya kurang kreatif). Gue memilih untuk ikut toddler aja tahun depan ( 2 tahun 7 bulan ) yang kelasnya cuma seminggu 3x. Jadi ga setiap hari juga mereka harus sekolah.

..dannn pusinglah gue memilih sekolah manakah yang harus gue ambil? Uda ada sih beberapa sekolah inceran yang akan gue survey. Tapi mengingat ini tahun ajaran baru, kayaknya guru - gurunya pasti lagi kerempongan mengatasi murid - murid yang baru masuk. Biasa adegan drama pasti muncul di kelas - kelas baru masuk.. :D

So, nanti gue akan tulis hasil survey gue di Preschool Bogor.. Asli, suseh banget dapet info by googling buat preschool di Bogor.. Ga terlalu banyak infonya. Selain itu, jarang yang bahas skul Kristen ya? Apa emang ga ada ya di Bogor?

So, wait for me ya... Moga - moga bisa bantuk mak - mak galau kek gue nantinya..

Comments

  1. Hai,
    Salam knal ya, g Natalia, jg mommy dr twins, setelah baca blog kmu jd ngerasa ada yg seperjuangan hehehe...
    Ditunggu ya share pre school nya ;) ( walopun g ga di Bogor :) )

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai2.. twinnies nya umur berapa? ga ngeblog ya? huaaa. padahal pengen punya temen seperjuangan yang ngeblog juga.. hehe

      Delete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat