Cerita sebelum lebaran

Kalo ngomongin lebaran, tentunya ga jauh - jauh yang bakal kita omongin tentang ART. Btw, setelah gue baca - baca ke belakang perihal ART yang gue omongin terakhir tentang si eneng. Jadi gue update ah siapa saja yang bekerja dengan gue setelah ntu.

Gak lama setelah eneng berhenti (lumayan lama berasanya), kurang lebih 1 bulanan kali ya akhirnya gue dapet baby sitter. Padahal dari dulu gue ga ada rencana pake BS. Soalnya gue pikir gue kan full mommy, ngapain juga pake BS. Nanti dia ngapain dung or gue tar ngapain dung? huheuheue.. Tapi susternya akong gue nawarin sodaranya. Kebetulan sodaranya ini lagi cari kerja. Gue pikir - pikir kebetulan dapetnya seseorang yang dikenal plus ga mahal - mahal amat tuh BS (gak semahal ambil di yayasan2 gitu) plus juga ga perlu pake admin2an. Cuma cukup bayar 150,000 buat ganti ongkos dia kesini. Akhirnya deal lah gue dengan doi.

BS gue ini namanya suster Siti. Orangnya baik dan juga kerjanya bagus. Ga males - malesan kayak si eneng. Bahkan, saking rajinnya gue jadi ga dapet kerjaan sama sekali. Tiap gue pegang anak, langsung di ambil sama doi terus diajak maen, diajak nyanyi or apapun lah. Jadi gue bisa fokus dagang deh.. hihihi..
Sus ini juga orang pinter dan suka cerita - cerita sama gue tentang hidupnya. Ternyata hidupnya begitu luar biasa. Sus gue ini umurnya baru 30an , 32 apa 33 gitu deh. Tapi anaknya uda SMP kelas 3.

Jadi ceritanya waktu dia masih 15 apa 16 taun gitu, dia punya pacar yang seumuran. Beda beberapa taun doang gitu. Terus suatu hari ada seorang pria yang sudah berumur hampir 30 datang ke rumahnya untuk melamar si sus Siti ini. Kayaknya kalau di kampung emang kaya gitu kali ya kebiasaannya. Seorang pria ini kerjanya guru di daerah kampung sus. Terus si sus bertanyalah pada cowonya mau ga dia nikahin si sus. Kalo ga mau, dia mau nikah sama orang lain. Ternyata si cowonya itu berkeberatan kalo nikahin sekarang. Akhirnya si sus pun memutuskan untuk menikah dengan pria tak di kenal itu. Menikahlah mereka dan tinggal di sekitar situ. Suatu hari sus di ajak ke Medan karena suaminya ini ada urusan di sana. Jadi pergilah mereka ke Medan. Sampai di Medan, si sus sempat di tinggal - tinggal. Mungkin karena suaminya ini ada urusan, sampai akhirnya mereka pulang ke Bandung lagi (tempat tinggal mereka). Sepulang dari Medan, suaminya ini berubah drastis. Sangat drastis katanya. Terus ga lama, suaminya pergi lagi ke Medan selama beberapa bulan ga pulang - pulang. Si sus ternyata sedang hamil muda saat itu. Sambil menanti - nanti suaminya tak kunjung pulang.

Suatu hari suaminya itu pulang dan menalak dia. Padahal nikahnya belum 1 tahun loh uda gitu kondisi si sus lagi hamil. Kebayang ga sih.. hiks..hiks.. kasian sus gue. Terus akhirnya bercerailah mereka dan ternyata suaminya itu gak lama menikah lagi di Medan. Grrrr...

Suster Siti pun akhirnya berjuang hingga melahirkan anaknya. Ngurus sebentar anaknya, akhirnya dia pergi mencari kerja. Sampai suatu hari ada tawaran buat jadi TKW ke luar negeri. Karena si sus bertekad untuk mengumpulkan uang supaya anaknya bisa sekolah sampai tinggi, pergilah dia menjadi TKW. Gue salut ama si sus ini. Padahal saat itu umur dia masih muda + dia punya masalah runyam bener kayaknya. Tapi dia bisa berpikir maju dan pengen anaknya ini bisa sampai kuliah. Dia bilang dia ga fokus cari pacar or suami. Pokoknya sampai anaknya uda bisa sekolah dll baru dia mau pikir buat dia sendiri.

Saat jadi TKW, dia uda pergi ke beberapa negara. Arab, dubai, dan daerah sekitar - sekitar situ. Gue jadi tau negara - negara itu seperti apa karena cerita si suster ini. Dia sempet di gebukin di Dubai dan untungnya dia bisa kabur dan lapor ke kantor polisi. Tapi karena negara tersebut menjaga nama baik, jadilah malah si suster yang di penjara dengan tuduhan kabur dari rumah padahal kontraknya belom abis. Tapi entah bagaimana munculah kesepakatan buat si sus ini pergi dibebaskan dengan syarat di deportasi alias di black list dari negara ini. Jadi sampai sekarang nama dia sudah black list di Dubai. Ga bisa ke situ lagi. Di tambah lagi dia ga dapet gaji kalo ga salah karena harus bayar dendanya.

Uda gitu dia pindah ke Arab sana. Di sana dia kerja di sebuah rumah yang isinya banyak orang. Dia harus jadi babysitter 3 anak. Ortunya pada kerja. Jadi 1 umurnya uda agak gede tapi lumpuh (di korsi roda), 1 lagi balita, dan 1 lagi dia urus dari bayi baru lahir. Jadi dia kerja disitu 2 taon lebih kalo ga salah. Makanya dia uda tahan banting dah. Urus 2 anak doang (JOJO) ga masalah buat dia.

Di Arab ini, dia sempet di ajak kawin sama anak majikannya. Anak majikannya ini kalo ga salah duda berumur 30an juga. Kalo dia mau, dia bakal dikasih duit ratusan juta(lupa tepatnya) apa sampai 1 M gitu buat keluarganya. Tapi dengan syarat dia ga boleh pulang samsek ke rumahnya. Jadi kayak di beli gitu lah.
Sus gue ga mau. Katanya dia lebih memilih anaknya daripada harus ninggalin anaknya. (sus gue ga matre ya.. ) dan akhirnya ga menikah lah dia.. huehuee... Dia kerja di daerah sana cukup lama.. Ada kalo ga salah sampai 8 taun. Pindah beberapa negara. So, untuk masalah pengalaman, pengalamann banget.. duh gue tuh sayanggg banget sama sus gue yang itu, baik dan sayang banget ama si Jojo..

Sampai suatu hari dia tiba - tiba ijin pulang semalem buat kawinan sodaranya. Btw, saat itu dia kerja baru 2 bulanan... Ampir 3 bulan. Sebenernya gue ga mau kasih, tapi gue kasian juga. Soalnya kalo sus - sus dari yayasan itu kan biasa ada cuti - cutian ya. Ini dia ga ada samsek. Ya udah lah gue kasih kalo cuma semalem. Pulang lah dia semalem. Terus ga lusanya dia balik lagi. Nah sepulang dia dari kampung gue melihat gelagat aneh dari dia. Gue kan selalu memberikan peraturan sama ART or BS yang kerja tidak boleh pegang HP saat pegang anak. Si sus ini ga pernah pegang HP selama ini. Paling kalo jojo lagi tidur doang. Tapi semenjak dia pulang kampung, HP dia sering banget bunyi - bunyi. Terus dia sering telepon - teleponan. Duh, feeling gue uda mulai ga enak. Dan bener aja ga lama dia ngaku kalo dia sebenernya mau kawin. Kemaren pulang itu dia lamaran sama cowonya. Ga boong juga emang ada sodaranya yang kawin. Jadi waktu dia pulang, cowonya itu mau bawa dia ke keluarganya. Kalo keluarganya itu setuju jadi mereka kawin. Cowonya ini masih single. Belom pernah kawin dan umurnya lebih muda beberapa tahun dari si suster. Kalo ga salah 28 umurnya. Kerjanya juga lumayan. Di pabrik gitu jadi buruh tapi uda kayak jadi mandornya. Jadi orang kepercayaan bosnya gitu lah. Gajinya aja di itung - itung bisa 5 - 6 juta sebulan.. Dia di bayar pakai sistem berapa banyak yang dia buat. Dia kerja di pabrik konveksi gitu.

Nah, gue sempet kesel dong kenapa dia ga jujur. Dia bilang abis semuanya belum pasti. Uda gitu dia juga ama nih cowo baru kenal. sebelum dia ke rumah gue, itu dia baru abis di kenalin ama sodaranya. Gue ampe nasehatin dia buat pikir - pikir lagi. Masa iya baru kenal 3 bulan uda mau kawin. Kawinnya bulan depan pula setelah ngomong sama gue. Dia bilang dia uda pikir masak - masak. Uda gitu cowo ini walo masih muda, bertanggung jawab. Uda gitu kerjanya juga lumayan. Plus sayang ama anaknnya. Ya uda lah akhirnya kita nego - nego si sus boleh berenti kalo ada penggantinya. Tapi karena ga nemu - nemu juga, dia janji bakal cariin penggantinya di kampung dia nanti pas pulang.

Hanya berazas kepercayaan aja deh akhirnya gue ijinkan dia pulang. Abis dia orangnya baik sih. Nyokap gue uda ngomel - ngomel ke gue kenapa gue maen percaya aja. Tapi gimana ya. Gue merasa dia orang yang baik dan gue mau punya hubungan yang baik sama dia.

Ternyata bener loh, dia menepati janji. Sampai di kampung dia muter - muter sana sini buat cari pembantu buat Jojo. Dia bilang dia ga mau cariin sembarangan orang. Dia ga mau cari yang ga jujur, males - malesan dan baru bentar minta pulang. Sampai akhirnya dia menemukan sodaranya yang baru berumur 17. Waktu itu dia bilang sama gue 19. Mungkin kaga jelas juga kali ya umur di sono. Dia bilang sama gue ada sodaranya uda pengalaman jaga bayi dst2. Akhirnya deal lah kita sama si mbak 1 ini dengan gaji 1 juta. Uda nego sana sini. Tadinya dia minta sama ama die. Tapi gue ga mau karena pikiran apa bener ini orang sebagus si sus. :D

Akhirnya deal lah dan di bawa ke rumah. Orangnya pendiemm banget dan setelah gue ngobrol sana sini. Gue baru tau umurnya baru 17 dan dia belom pernah kerja sama sekali di rumah orang, bahkan dia belom pernah ke kota. Asli pertama kali gue bawa ke mall dan mau naek elevator, ampe bergetar dia. Ternyata maksdnya pengalaman itu, dia dulu menjaga anak kakaknya di kampung dari bayi sampai umur 2 tahunan.Kakaknya ini abis ngelahirin harus jaga warung. Jadi anaknya yang jaga si mbak yang ini. Cuma kan tetep aja ya jaga anak sodara sama anak majikan itu pasti beda bukan... Bagi gue itu bukan kategori pengalaman. Masa iya gue berani menyerahkan anak - anak gue yang belom 1 taun ini buat di urus sama doi. Apalagi menurut gue gaji segitu kegedean buat newbie. Gue sih suka sama orangnya. Orangnya jujur, rajin. Cuma ya pendiem banget dan pasif. Kalo ga di suruh ya ga dikerjain. Akhirnya gue protes dong ama si sus. Mengapa oh menga.. Untung gue ga setuju sadiama gajinya di samain ama si sus dulu. Bisa makin sakit ati. Terus si sus bilang, dia kasian ama sodaranya itu. Jadi idupnya miskin banget dan mamanya uda janda. Papa mamanya uda cerai dari dia kecil banget. Terus mamanya cuma bikinin lumpia udang yang kecil - kecil itu. sumpia ya kalo ga salah namanya. Itu pun dia cuma bagian bkin. Yang jual orang lain. Akhirnya gagal lah gue nego sama doi. Gue pikir - pikir kasian juga ya kalo di turunin gajinya. Jadi ya sudahlah gue putuskan untuk tutup mata..

Semakin hari semakin di jalanin, kok gue merasa semakin ga rela. Jadinya gue menuntut tinggi, dia nya juga jadi ga enak karena ga bisa ini itu. Gue bener - bener melatih dia dari awal. Sampai akhirnya baru 1 apa 2 bulan kerja, dia bilang mau pulang. Gue tanya balik lagi ga. Dia bilang gak. Terus gue tanya kenapa dia bilang ga kenapa - kenapa. Akhirnya gue tlp lah si suster. Singkat cerita, besoknya dapat kesimpulan bahwa dia mau pulang cuma sebentar karena kangen doang sama mamanya. Niatnya mau balik lagi. Ya uda deh gue ngomong lah sama dia. Gue kan tipe yang ga bisa pendem masalah ya. Ada apa - apa pasti gue sampaikan langsung sama orangnya cepat atau lambat. Jadi mumpung dia mau pulang, gue bilanglah sama dia bahwa dari awal gue di kasih taunya u dah berpengalaman dst. Tapi ternyata jujur gue merasa dia belom bisa ini itu dan gue keberatan dengan gaji dia segitu. Biasa newbie gaji cuma 600, kalo pengalaman bisa 700 - 800. Tapi dia sejuta kerjanya cuma dikit. Soalnya buat cuci gosok pel sapu rumah gue ada pembantu pulang pergi kan. Ngurus anak dia ga bisa, jadi gue urus sendiri kebanyakan. So, gue langsung tanya sama doi. Gimana kalo gue turunin gajinya. Biar kita sama - sama enak. Kamunya juga ga terbebani, saya juga ga menuntut kamu tinggi. Gitu - gitu dah. Akhirnya dia setuju dong. Jadi kesepakatan kita gaji dia 800, dengan gue pertimbangkan dia kudu bantu ngurus 2 anak. Jadi gue anggep dia ART berpengalaman (bukan BS).

Terus gue janji abis lebaran baru gue kembalikan gaji dia seperti semula dengan asumsi dia dilatih dulu kurleb 6 bulan buat beneran jadi suster. Gue juga menjanjikan akan mengajak doi ke Bali abis lebaran. So, kerja sampai abis lebaran ya. Gitu - gitu lah pembicaraan kami kira - kira. Dia menyetujui dan selesai.

Selesai pembicaraan itu, emak gue marah - marahlah ke gue. Dia bilang mana ada pembantu malah di kurangin gajinya terus dia mao balik lagi. Orang mah di naekin. Harusnya bilang ama dia nanti abis lebaran dinaekin gajinya. Janjiin naek gaji dst dst. Gue sih cuma bilang sama mama gue. Mama gue bilang dia pasti ga akan balik lagi. Kan besoknya mau pulang si mbak tuh. Gue sih cuma bilang gue yakin dia balik lagi. Menurut gue ini solusi terbaik buat dia dan gue. Daripada dia kerja juga jadi tertekan karena kita bawelin dan kita pun akan merasa ga rela karena merasa kerja dia ga worth it dengan gaji dia. :D

Abis itu malemnya gue berdoa deh ama Tuhan.. Biar keputusan gue yang terbaik dan ga salah terus mohon - mohon biar balik si mbak.. huaaa...

...dan akhirnya dia kembali sodara - sodara... yipiiieeee... Uda gitu gue merasa kerja dia pun lebih enjoy gue pun ga ngebawelin dia lagi. Jadi kami sama - sama senang. Setelah 6 bulan berlalu gue melihat pekerjaan dia yang semakin lama semakin bagus. Bahkan dia uda bisa pegang semua - semuanya kecuali makanan anak - anak. Tetep gue yang atur.

Walo si mbak ini awalnya ga bisa apa - apa, gue seneng karena dia orang yang mau di ajar. Ga suka ngelawan, ga suka males - malesan. Tapi dia mau di ajar. Walaupun kalo mau di cek kerjaan dia sih ga sebagus si sus yang dulu. Berhubung dia belom punya anak, ya jadinya dia ga bisa sehangat sus. Dia ga bisa sayang seperti ibu. Terus cuci dll nya ga terlalu bersih. Orangnya juga  ga rapih. Tapi ga jorok kaya si eneng setidaknya. Gue mah asli ga bawel orangnya. Walo emak gue suka protes tentang kerjaan dia, gue ga pernah omelin si mbak. Menurut gue, ini uda bagussss bangett.. Uda memenuhi kebutuhan gue. Gue mau bersyukur aja dapet si mbak.

Sekarang sudah 8 bulan dia kerja di tempat gue. Sabtu ini dia pulang kampung dan seminggu kemudian bakal balik lagi. Tiket ke Bali untuk Oktober nanti pun uda di beli. So, seharusnya sih dia balik lagi ya... Gue berdoa jangan ampe dia kawin muda.. Dia sih bilang kakaknya kawin 20 an dan dia juga maunya kawin umur 20an. So, moga - moga bener ya dia kawin umur 20an.. :D

Comments

  1. duh urusan pembantu emang ribet yak. daku akhirnya gak pake lagi. dsini bayarnya per-jam sin, uda mahal kerja gak beres, makan hati deeeeeeh... uda diajar2in, disabar2in... fyiiiuh tp akhirnya harus lepas juga deh...

    ReplyDelete
  2. kalo pembantu emang untung - untungan ci. Kalo yang bagus mah bagus bisa ampe puluhan taun. Kalo yang gak malah ngekiin. Mana mahal pula.. Kirain di sana murah juga. Ternyata mahl juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal sin. kamu 800rb kerja fulltime kan? aku bayar lbh dr itu buat kerja shari 4 jam selama 5 hari dalam sminggu. tp klo dibanding sm spore, spore lebih gaswat, gak mampulah tinggal di spore. di thailand makanan doang yg murah tp bensin? amit2 seliter 12ribu.

      Delete
    2. wah disitu apa - apa murah ternyata pembantu malah mahal ya? :D
      Wah kalo di Sg mah emang gaswat, ga mungkin pake pembantu punya.. huehuehue

      Delete
  3. Wahh.. Sayang bgt yah.. Kirain si Sus pertama bakal bertahan.. Semoga deh yg skrg bisa betah yahh.. Aminn..

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat