Tongue Tie

Hadeuuhh... Uda lama kalee gue ga muncul nih.. Tiap mao nulis setengah, eh adaaa aja kudu gini gitu.. Kalo uda lewat hari, uda males di lanjutin. Uda ga asik..Hahhaa..

Sekarang punya waktu free gw suka nyolong2 buat dagang soalnya.. Itu juga uda kaya maen petak umpet..

Cerita paling hot tapi uda kadaluarsa yang baru gw alamin ya kasus tongue tie ini.. Pasti semua orang yang gw ceritain, nanya ape tuh? Gw aja kaga tao kalo ga anak gw ngalamin sendiri..

Tongue Tie itu lidah anak nya keiket. Maksdnya keiket gimana?susah dijelaskan dengan kata2.. Langsung aja gw pake contoh gambar yang ada di inet ya..


Nah, entah mulut siapa ini yang pasti si kembar juga mengalami lidah seperti ini.. Liat kan jaringan tipis di bawah lidah. Kalo kita yang normal kan kudu nya sampai ke tengah lidah doang. Jadi ujungnya itu bisa bergerak bebas kesana kemari(ujung lidah).. Tapi karena tongue tie ini, jadilah si lidah ga bisa berlari kesana kemari(seremm)

Awal pas lahir, sebenernya gw uda melihat lidah si kembar kaya gini. Cuman gw pikir ya mungkin masih baby kali ya. Tar gedean juga bertumbuh tambah panjang lidahnya. Terus sempet nanya mertua gw anak koko ipar gw seperti ini jugakah. Dia bilang hooh. Semua bayi seperti itu. Jadilah gw tenang dan cuek. (mertua gw emang pelupa sama kaya mantunya yang satu ini..wkwk)

Nah, sampai usia si kembar uda mao 4 bulan kok kita merasakan kejanggalan2.. Kenapa masih gini2 aja. Nyokap gw uda risih pasti something's wrong nih.. Akhirnya kebetulan tetangga toko die ada yang bawa anaknya yang masih 2 bulan. Langsung lah sama nyak gw mulutnya di bongkar2(mobill kalee) dan hasil investigasinya adalah itu lidah normal2 aje. Panjang2 aje. Jadilah doi laporin ke gw langsung tentang hasil investigasinya. 

Leo yang gw kasih tau langsung sibuk browsing sana sini kenapa itu lidah bisa begitu. Nah gw langsung tanya sana sini ama porum2... Kesimpulan kita ber2 ternyata si kembar tongue tie. Ini ternyata sering banget terjadi. terutama sama anak2 prematur. Tapi yang ga prematur juga suka kena loh... Jadi hati2..

Gw nulis tentang tongue tie ini juga supaya ibu2 muda yang baca blog gw dan lagi hamil or br melahirkan bisa menyadari sejak dini kalo sampai anaknya tongue tie.Kenapaaa??? Nanti gw ceritakan di belakang ya akibat dari si tongue tie ini ga cepet2 di tanggulangi.. Gw kasih ciri - ciri dari si tongue tie ini dulu ye buat deteksi bocah2 di rumah tongue tie apa ga..

1. Paling gampang ya liat bentuk lidahnya. Kalo si lidah ini dijulurin, dia berbentuk love. Jadi tengah2 nya kaya ketahan gitu. Tapi masalahnya ada juga yang ga.. 

2. Lihat dari cara nenen nya. Biasanya kalo anaknya tongue tie, susah banget buat nenen langsung ke ibunya. Bisa nangis2 kejer.. Pas minum juga kaya mao balapan.. Penuh perjuangan.  Selain itu, si ibu juga kesakitan putingnya. Bahkan ada yang sampe pecah2 gitu putingnya. Saking sering digigit sama anaknya. Plus karena nyusunya ga ampe poll, jadi baru nyusu bentar si baby langsung bobo karena kecapean, jadilah si mommy PDnya bisa bengkak plus demam2 meriang. Nah kalo yang ga suka breastfeedingin anaknya tentu ga ketawan kan? Gw kebetulan mompa terus. Karena anak2 susah bf ke gw. Nangis2 terus. Tapi kadang2 juga gw bfin langsung. Cuma Joyce doang yang mao. Kalo Joanne bener2 ga mau. Bisa berantem dulu kalo mao bf in dia.  Tapi tanda2 lain, gw liat saat dia ngenyot ke botol susu juga, kaya buru2 gitu. Terus tumpah2an terus.. Mungkin ini juga salah 1 ciri2nya

3. Berat badan baby susah naik. Bahkan ada yang sampe turun terus kalo yang parah. Karena ga bisa minum susu kan.

Kayaknya itu aja dah ciri2nya. Nah masalahnya ga semua anak tongue tie memiliki semua ciri2 itu. Susah juga deteksinya dan ga semua DSA or dokter umum yang familiar dengan istilah tongue tie ini. Ini aja kalo ga kita cari tau sendiri kita juga kaga tau..

Nah, akibatnya apa? Ini gw uda liat dengan mata kepala gw sendiri akibatnya apa. Kalo liat di inet banyak noh gambar2 akibat tongue tie. Tapi gw males download and uploadnya. Cari sendiri ya..wkwkwk.. serem abisnya

Akibatnya itu gigi jadi berantakan, jarang2, horror deh. Selain itu juga bisa telat ngomong or cadel, terus katanya juga bisa mudah bau mulut nantinya karena ga bisa bersihin gigi. Selain itu juga susah buat mengunyak makanan. Agak aneh gitu..

Nah saat gw browsing2 dan dapet banyak info tentang tongue tie ini, baru kusadari ternyata salah 1 sodara gw yang sekarang uda berusia 15 tahun juga terkena tongue tie. Tapi ortunya ga pernah sadar ampe anaknya segede gitu..

Mulutnya itu bentuknya aneh.. JAdi rahangnya besar, giginya amburadul... gede kecil.. ga beraturan banget. Kalo makan juga horror.. Kaya bayi lagi ngenyot susu gitu.. Pokoknya aneh banget dah.. Oh ya temen gw yang lagi kul drg di Kanada juga bilang kalo tongue tie ini bisa bikin bentuk muka jadi aneh..

Nah horror kan? Makanya cepet2 di deteksi dan di tanggulangi..

Berikutnya setelah ngomongin akibat.. Gimana solusinya..

Kalo yang masih dibawah 1 tahun, masih bisa di insisi  biasa.. Alias digunting langsung.. Soalnya masih ringan. Puji Tuhan gw sadar sebelom usia mereka 1 tahun...

Nah kalo uda lebih dari 1 tahun di insisi nya katanya sih pake obat bius plus penyembuhannya itu lama. Sedangkan anak2 gw kemaren, abis digunting langsung disusuin selesai..

Kalo yang uda gede kaya sodara gw itu, katanya sih perlu di operasi mulutnya, plus banyak terapi2nya.. horror deh.. So, ayo cepet2 periksakan.. Oh ya kalo ada yang ngalamin dan bingung mao kemana? BIsa pergi ke KMC ( Kemang Medical Centre) atau RS Hermina ketemu dengan dr Aini.. Beliau yang ahli dalam hal per tonguetiean.. beliau ini dr laktasi. Bahkan ada grupnya juga di BB.. gw ikutan..heuehuee... Baik banget dan cantik sekali dokternya.. Semoga bisa membantu buibu semua yang lagi galau sama masalah pertonguetiean ini ya..

ude ah, anak2 uda nangis.. saat nya nyusuinn.. byee

Comments

  1. ya ampun say gw baru tuh bs ada ky gt... untung sikembar cepet ketawan ya...hope all goes well :)

    ReplyDelete
  2. iya.. gw juga baru tau tuh.. Kalo pernah ikut seminar AIMI sih ternyata ada dalam materi seminarnya.. Bandel nih gw dulu ga ikut.. hehe

    ReplyDelete
  3. Mau tanya dong. Anak saya baru usia 1minggu dan kmrn baru ketauan ternyata dia ada touge tie. Langsung aja aku bawa ke dokter spesialis anak yg dianjurkan dan di sana anakku mendapat tindakan bedah. Dokter berpesan supaya kalo ga bisa netekin minum susunya disendokin aja. Tapi setelah 3hari ini ternyata berat badan anakku tetep gak bisa naik bahkan condong menurun. Karena ASI nya kurang deres dan kalo disendokin pake suforpun cuma bisa sedikit karena si anak rewel dan banyak susu yg tumpah belepotan. Kira2 kalau pakai botol bahaya gak ya utk bekas bedahnya? Soalnya kejar2an juga sama berat badannya. Kasian kalo sampe turun banyak.

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat