Kembali tentang Si Enenggg

Kayaknya gw perlu punya folder tersendiri ya tentang PRT ini.. Hihihi.. Abis tiap gw mao ngeblog, banyakan cerita tentang doi. Selama ini gw ga pernah pake pembantu nginep. Uda lamaaa bener rasanya. Terakhir pake pembantu nginep mungkin wktu gw SD kelas 2 apa 3 gitu kali ya. Lupa juga gw. 

Jadi emang hidup kita terbiasa bebas di rumah.
Jadi ceritanya begini, Si Eneng ini punya 1 kebiasaan yang bikin gw naek darah juga akhirnya. Doi suka ngambil sabun cuci piring, sabun cuci baju, dll sendiri di lemari. Padahal kita ga ada yang pernah suruh dia ambil sendiri loh. INISIATIF TIDAK PADA TEMPATNYA. Tapi selama ini gw diemin aja tuh. Walo pun empet hati. Gw pikir ya sutralah. Nanti kalo dia begitu2 lagi baru gw tegor. Soalnya bukan apa2 ya. Di dalem lemari rumah bonyok gw itu kan tersimpan banyak perlengkapan rumah tangga lainnya. Seperti sabun mandi, odol, shampoo dll untuk sebulan. 

Nah, semenjak dia suka ambil2 itu sabun sendiri juga rasaan belanjaan sebulan uda ga buat sebulan lagi. Dalam sekejap itu rins*, sabun cuci piring pada abis semua. Padahal dia itu cuma cuci baju bayi yang gw kasih deterjen khusus. Jadi ga pake rins*. Doi cuci baju sendiri sih setiap hari. Padahal cuma beberapa helai bajunya. Tapi nyucinya itu airnya segambreng plus sabunnya segambreng. Duh itu cerita berikutnya deh ya. Gw cerita dulu tentang dia suka ambil2 sabun itu. Jadi suatu hari, bonyok gw lagi pergi pulkam seminggu. Akhirnya mamer gw lah yang nginep di rumah sini buat bantu gw. 

Nah, mamer gw ini ga sengaja ngeliat dia lagi bongkar - bongkar lemari. Terus dia lagi ngambil sabun mandi. Mamer gw otomatis negor die dong. " Neng, ngapain kamu?".. Di jawab ama si Eneng " lagi ambil sabun bu buat mandi".. Terus mamer gw nanya lagi " Loh, kok kamu ga nanya dulu maen ambil aja? Emang boleh?".. Si eneng dengan santai jawab " Ga apa2 kok bu.."

Weleh, mendengar cerita mamer gw, ostomastis emosi jiwa dong gw. Kok makin lama makin ngelunjak aje diee..Akhirnya gw tegor aja tuh malemnya. Kenapa dia ambil2 sabun sendiri. Gw jelaskan pembantu gw selama ini ga pernah ada yang berani ambil barang sendiri. Bahkan pembantu gw yang pulang ari uda kerja 10 taon lebih ampe sekarang aja ga pernah berani ngambil2 sabun sendiri. Tapi karena gw takut die tersinggung, gw bilang aja, Maksdnya itu supaya gw bisa tau stock lemari ada berapa. Jadi terdeteksi kudu belanja apa aja tiap bulan. Eh, doi jadi kurang nangkep tegoran gw dan malah mengabsen isi lemari.. 

Gw kan kaga tao itu sabun batang yang dia ambil yang mana. Gw kira emang sabun batang buat die di taro situ. Akhirnya malemnya itu cici gw nanyalah sama nyokap nun jauh disana. Apa dia yang suruh si eneng buat ambil2 sabun sendiri. Kok dia bisa tau ada di lemari itu sabun mandi die. Nyokap malah kaget. Dia bilang rasaan kaga ada sabun dia disitu. Sabun batang yang ada di lemari itu sabun batang gw ama si Alun yang dolo kita beli. Sabun sulvur gitu. Buat jerawatan ceritanya. Tapi karena uda ga jerawatan, gw uda ga pake. Dolo pas hamil kan, punggung gw numbuh banyak banget jerawat.

Begitu gw tau, weleeehhhh gw samperin lagi pagi2. Gw bilang ama dia. Kalo sabun yang dia ambil itu bukan sabun buat dia. Tapi sabun cici gw. Dia bilang, ambil lagi aja sabunnya. Makin emosi aja gw jawab " maksd kamu, cici saya kamu suruh pake bekas kamu gitu? " 

Terus dia nyaut lagi kalo dulu dia dikasih sabun dengan merk itu juga. ORang jelas2 kemaren dia dikasih sabun lain. Bukan sabun ntu.. grrrr...

Terus cerita berikutnya itu tentang AIRRR.. Jadi pembantu pulang ari bonyok gw selalu dateng jam 6an pagi. Pulang jam 9 pagi. Di rumah bonyok itu, emang setiap pagi jam 6 - jam 9 air kecilll bener.. mungkin karena berebutan ama tetangga2 kali ya. Sedangkan pembantu bonyok gw itu selalu nyuci di atas. Emang ada tempat khusus nyucinya. Karena nunggu air pasti lama kan. Secara dia nyuci baju buat orang segambreng di rumah ini. Pastinya dia butuh air banyak banget buat nyuci. Makanya tiap dia dateng, dia selalu isi air di baskom super gede. Dinyalain terus di tinggalin.. Baju2 direndem dulu sama dia. Tar dia nyapu ngepel, kalo uda beres, baru deh dia naek dan mulai mencuci. pernah diperiksa juga, kalo emang airnya pas segitu. 

Eh, si eneng inisiatif ngikutin pembantu bonyok gw itu. Jadi setiap abis mandiin bayi2 gw, Si eneng naek bawa pakaian2 kotor babies, terus nyalain air, dan ditinggalah itu air. Tau dia ngapain? dia mandi dulu, ngangkat jemuran, nyetrika, dan makan dlu. Baru dia nyuci. Dan itu berlangsung kurang lebih 2- 3 jam. Jadi dia nyalain air itu 2 -3 jam. Gw pernah tegor. ngapain dia nyalain air kaya gitu. Dia bilang kecil kok nyalainnya. 

Gw tanya lagi. Emang kalo lo gedein kaga bisa? Dia jawab bisa. Terus gw bilang kalo emang bisa gede kenapa lo ga tunggu aja ampe penuh terus lo matiin.Kalo si pembantu bonyok gw itu begitu karena emang kalo pagi airnya kecil banget. Kalo lo kan siang bisa gedein air.Ya jangan di tinggal2. 

Gw kira dia ngarti kan. Jadilah gw lewatkan. Terus keesokan harinya.. Saat gw liat doi lagi nyetrika... agaiinnn gw denger suara air dinyalain. Gw penasaran dan akhirnya naik ke atas.. Dan gw liat pemandangan air sebaskom besar uda penuh dan itu air tumpah2an sampai lantai penuh air semua.. grrr... Langsung gw tegor lagi kan... 

Lo kan nyuci cuma seiprit.Baju babies dan baju die doang. Emang butuh air segambreng gitu ape... Terus di beleber2in. Asal tau aje, ini bayaran jadi 2 kali lipat bulan ini.. ( kok gw jadi betawi gini ye..)
Akhirnya, gw ulangi lagi instruksi gw buat dia nyalain kalo dia mao cuci dan tunggu sampe penuh dan matiin. 

Jadi ceritanya, catatan hitam dia makin banyak, gw tegor itu pagi tadi. Sekalian gw tegor masalah sabun kan..

Eh entah ada geledek dari mana.. Tiba2 yang biasa si eneng kalo kerja lamaaanya setengah idup. Jadi jam 3 an itu biasa baru beres dia lakukan semua kerjaan. Eh ini jam 11 pagi uda beres semua. Gw liat cepet banget dia nyuci, nyetrika dan nyuci piring. Terus dia dateng bawa duit 20rebu kasih ke gw. Gw bilang apaan ini. Dia jawab kalo dia mao ganti sabun yang dia pake itu. weleh, banyak duit juga pembantu gw. hihi...

Ya, gw ga terima lah. Gw jelaskan kalo gw ini bukan mempermasalahkan sabunnya. Sabun itu ga seberapa harganya. Tapi yang gw permasalahkan adalah cara dia. Tingkah laku dia yang ga sopan bagi gw.
Eh kayaknya dia ga terima en tetep bete.. Ga lama kemudian dia dateng lagi bawa tas dia. Terus dia bilang suruh gw periksa tas dia. Apa dia nyolong apa kaga selama ini. Terus dia ngomong sambil nangis2. ealahhhh ini bocah.. kok malah ngerasa di tuduh nyuri...

Gw bilang aja kalo gw ga pernah nuduh dia nyolong. gw cuma ga suka cara dia ngambil2 barang di lemari seenak jidat tanpa ijin. Tapi dienya kaga ngarti2.. Dia bilang die mao berenti aje.. gw sih tetep cooll and kass.. hehe.. kebanyakan nonton sinetron ini si eneng gw rasa.. 

Mamer gw mencoba melunakkan hati die dengan cara menjelaskan kalo kt cuma khawatir itu sabun malah bikin die jerawatan. Soalnya kan itu ada obatnya. Eh, kalo gw ga deh ngalemin. Emang die salah kan. Kalo ga di tegesin bisa2 dia semakin menjadi2. Jadi gw panggil die setelah mamer gw pergi. Gw ajak ngobrol face to face. ce ileh bahasanya,

Gw suruh duduk di kursi. Kaga mao die. Ya uda terserah dah. Mao dia sambil berdiri juga. SOalnya gw ini kan amat sangat bawel kalo uda berceramah. Daripada dia pegel, makanya gw sruh dia duduk.. Tapi ga mao.. (ga penting !-_-) Gw jelaskan pelan - pelan. Gw kasih dah pertanyaan - pertanyaan terbuka. Ini kayaknya pelajaran2 tentang konselor keluar semua. hihihi.. Intinya gw pengen dia tau kalo kelakuan dia itu salah. Sampai akhirnya dia mengaku kalo dia salah. Tapi die tetep ngotot suruh gw periksa tas dia. Gw bilang, kalo emang gw nuduh dia nyolong masa ya selama ini gw bebaskan dia. 

Jadi kalo di rumah bonyok itu ada 2 pintu dalem rumah. 1 pintu dari luar ke dalem rumah. 1 lagi dari ruang tamu masuk ke ruang keluarga. Kalo biasa ada pembantu, pintu ke 2 selalu di kunci pas tidur. Jadi kalo kita uda bangun, baru kita bukain. Tapi selama ini, selalu kita ga kunci. Gw bilang aja, karena kita percaya lo ga suka nyolong. Terus gw tanya, apa waktu dia kerja di tempat2 sebelumnya, dia melakukan hal yang sama? ngambil2in sabun dll seenak jidat? dia bilang kaga. Nah kan gw bilang. Lo mao ke rumah sape juga kalo kelakuan gitu pasti di omelin. Gw jelasin aja kalo dia itu sedang gw ajarin. Gw ngomel demi kebaikan dia. Supaya dia makin pinter. ( Uda kaya ke anak aje ini ngomelinnya). Terus gw tanya sama die, jadi gw boleh ga menegor lo seperti ini saat lo melakukan kesalahan. Dia bilang boleh. Terus air mata dia uda ilang deh.. Kembali ceria, dan damailah kita. Ya ude.. gw kaga tao dah jadi resign apa ga die..

Emang ye, ini kok kaya jaman dolo ngadepin anak2 binaan gw jaman dolo rasaan.. hehehe..
Jadi kangen masa2 itu.. huhuhu...

Jadi begitulah ceritanya suka duka memiliki PRT. Walo si eneng begitu, tapi gw tao dia itu tulus dan jujur sebenernya. Cuma polos dan agak ajaib aja. Jadi emang kudu diajarin toto kromo aje.. Supaya jangan ampe ini kelakuan pas di luar kaya gni.. gawatt.hehehe.. oh ya, PRT gw ini gaoolll banget orangnya.. Intim abiss.. kemanapun dia pergi, semua orang diajakin ngobrol and dapet temen  baru.. Uda gitu pembantu sapapun yang dateng ke rumah, selalu di ajakin ngobrol ama die dengan akrabnya.. Pokoknya Intimm abis, sampe2 majikannya berasa kesaing intimnya sekarang...hohoho

Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat