ASI buat si kembar

Sekarang usia si kembar uda 59 hari..Ampir 2 bulan nihh.. dan perjuangan buat jadi ibu ASI terus berlanjut. Padahal baru 2 bulan, tapi gw rasanya uda kaya abis lari marathon gila - gilaan buat ngejer ASI biar cukup buat si kembar..

Di postingan sebelom sebelomnya, gw pernah cerita tentang perjalanan ASI gw.. Nah sekarang gw mao update aja nih. Kemaren kan sempet beli sufor yang 400 gr nih.. Ukuran nya uda paling kecil pas kemaren kita cari. Ceritanya buat tambahan kekurangan dari asi gw buat si kembar. Asli gw tuh uda sempet panik plus geregetan pengen supaya asi gw bisa banyakkk.. Gw tuh super duper yakin kalo Tuhan dah kasih anak kembar, pasti Dia siapin ASI nya juga double. Cuma perlu usaha dan keyakinan aja. Asli dah buat masalah ASI ini, gw tuh berasa diuji banget iman gw. haduhh... Itu tiap sebelom mompa, gw tuh pasti uda cap cip cup minta ASI gw banyak ama TUhan.. Kadang mompa sambil nyanyi, sambil baca AMSAL, sambil ngoceh2 curhat ama Tuhan plus tumpang tangan.. Dag dig dug gitu dapet berapa abis mompa.

Dan inilah cerita perjuangan asi buat si kembar.,,,

Awal mula kan sempet banyak dan berlimpah tuh, terus gw ga konsisten mompa sampai akhirnya ASI gw tinggal 120 cc per 4 -5 jam dan itu juga dengan penuh perjuangan banget.. Terus gw mulai dah per 2 jam lagi terus sedikit demi sedikit kan mulai meningkat. Tapi ningkatnya benerrr - bneerrr penuh perjuangan.. sedikit demi sedikit sampe akhirnya dapet 140 - 190 cc lah per 4 jaman.. Terus gw sempet ngalamin payudara kiri gw bengkak.. Asli itu sakitnya minta maap. Tapi ga sampe sehari, setelah gw kompres, gw pijit2, sampe gw kasih daon mangkok akhirnya puji TUhan bisa ngucur juga itu benjolan2 bengkak dan lembek lagi dah seperti biasa.

Nah, gw juga sempet singgung Mama Soya kan.. Produk yang gw jual sekarang ini nih.. Gw uda minum kotak ke 2. Ampir 2 minggu gw minum nih susu kedelai, dan hasilnya puji Tuhan meningkat cukup tajam. Gw pompa dapet 200 - 260 cc per 5 jam.. Lumayan kan.. Plus uda jarang banget minum sufor. sesekali aja kalo pas keabisan or lagi pergi keluar agak lama. Kan sayang kalo bawa asi. uDa dinging pula plus takut rusak asinya. Jadi gw suka bawa sufor aja, Baru 2 kali sih pergi keluar yang agak lama.hehehe.. Pas dulu ke RS sama kemaren gw jalan2 ke mall..:D

ANak2 sempet minum sufor agak banyak juga pas gw ngalamin PD bengkak untuk yang ke 2 kalinya. Kali ini agak cukup parah. Soalnya sampe hari ini uda seminggu lebih PD gw bengkak ga ilang2... Sempet sampe demam 38,8 drajat C juga. Untungnya ga sampe keluar nanah. Gw sempet browsing sana sini, ada info yang bilang kalo parah itu kemungkinan karena infeksi dan kalo parah bisa sampe di operasi. Jadi ASInya ga bagus. Kudu di buang. Tapi kan gw sayang kan. Jadi asinya sebelah kiri gw freezer aja sampe gw ke dokter dan nanya apakah infeksi ato ga.

Uda sempet daftar dokter dan pas hari H ternyata dokternya ga praktek karena ada operasi.huhu.. Ga jadi dah ketemu si dokter. Tapi gw sempet dikasih tau temen kalo ada suster perawat RSIA yang bisa dipanggil-panggil buat mijit PD yang bengkak. Akhirnya gw hubunginlah si suster itu dan janjian. Besoknya doi dateng dan mulailah gw dipijit sambil diperiksa. Kalo menurut doi sih ini belom sampe infeksi. Jadi ASI gw aman.. JAdi gw turunkan lagi dah ASI gw dari freezer. hehe...

Sempet 3 hari dia dateng ke rumah buat pijitin dan akhirnya bengkak mulai mereda. Tadinya ngejendol gede banget. Kalo sekarang uda ga ngejendol. Tapi kalo di teken masih agak keras sih. Dia bilang pelan - pelan pijit terus sendiri secara rutin lama2 pasti ilang. Jadi ga gw panggil lagi dah doi.. Tapi emang bener sih sejak gw coba pijit2 sendiri mulai mereda.. Tapi emang lama bener ya.. Bisa sampe 1 minggu lebih gini.. Jadi kebayang kan menderitanya. Itu waktu dipijit sama si suster, astaga sakitnya ruarrr biasaa.. Disiksa abis rasaan.. dipijit sana sini kenceng benerr.... Tapi ga apa - apa dah. Demi ASI, gw tahan - tahanin dah. Si suster aja sampe kagum. Katanya pasien - pasien dia yang laen kalo di sentuh aja uda teriak - teriak kaya apa tau. Sedangkan gw diem aja. Ya, daripada gw teriak, takutnya tar dia pijitnya jadi pelan. Jadi kaga bae2. hehe.. Mending gw tahan2in dha.. Biasa gw kalo ke dokter gigi juga gitu. Kalo di bor, gw paksa muka gw biasa aja. Soalnya kalo gw meringis, dia jadi memelankan borannya. Yang ada makin lama beresnya dan sakitnya juga makin lama. Jadi mending disiksa sebentar tapi cepet beres dah..hueheuheue...

Lanjut ke masalah bengkak... emang ya ada pelangi sehabis hujan.. Ada aja berkatnya dibalik penderitaan.hehee...Ternyata si suster perawat RSIA yang paling terkenal di Bogor ini orangnya baeee bangett.. Terus dia kagum liat ASI gw yang banyak gitu.. Gw cerita aja kalo gw minum si mama soya ini.. Terus iseng gw tawarin dia buat jualan.. Eh dia malah semangat loh..hohoho.. Baru 2 hari aja dia uda jual 15 kotak. Padahal lagi libur itu itungannya. Cuma bermodalkan dia teleponin 1 - 1 customer yang suka panggil pijit. Belom tar dia kalo di RS kan selalu ketemu ibu2 ngelahirin tuh yang stress ASInya kok dikit, jadi bisa dah dia mulai tawarin Mama Soya.. Ya, puji TUhan dah berkat buat gw.. Uda gitu karena kita uda jadi rekan bisnis ceritanya, si suster maen ke tempat gw buat tindikin kuping si kembar plus mandiin mereka.. Gratiss boww.. Biasanya kalo orang - orang kan bayar ya.. Manggil dia buat mandiin 1 anak aja di bayar 50rebu. iNi gw 2 anak. Dia sendiri lagi yang minta. Nindik juga dia sendiri yang nawarin. Ya uda dah gw sih mao - mao aja. Gratis pula.. Ya, jadi saling memberkati lah.. Toh dengan berjualan ini, dia juga lumayan untung banyak.

Jadi dibalik perjuangan gw buat kasih ASI,ada aja ya berkatnya. Yang penting bersyukur selalu dan percaya aja gw pasti sanggup ngadepin semua karena gw punya Tuhan yang besar. Sampe sekarang aja ngerasa diberkatin bener.. Ada aja berkat numpang lewat walo kecil - kecil.

So, saat ini masih berjuang buat FULL ASI 2 taon nihh... Duh, kudu bisa dah.. AMINNN......

Comments

  1. Dasaar .. otak dagang mah teteup y .. :))

    ReplyDelete
  2. @Cadok : Hihihihi.... setiap kesempatan harus gesit dongg...hohoho

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat