The Little Twins Jo... Fresh from the womb...

Telat banget ya gw ngeblog tentang kelahiran my babies..hehe.. Abis dari kemaren setelah caesar, badan aye rentek suakit puegell and ga bisa banyak gerak. Jadi bener - bener bed rest aja dah.. Sekarang mumpung uda fit, uda sueger dan dah lumayan bisa gerak sempet - sempetin dah cerita. Daripada tar ceritanya dah basi dan kronologisnya uda berkurang banyak..hehe....

26 Des 2011

Setelah melewati acara natal seharian, visit sana sini, dst2.. Akhirnya di pagi hari gw mengalami kontraksi.. Sebenernya gw ga tao ini kontraksi. Soalnya yang gw baca, kontraksi itu sakit perut kaya lagi mules mao mencret dan gw pernah mengalami ini sebelomnya. Tapi kali ini sakit perutnya beda banget. Sakit perut kaya lagi dapet hari ke 2 - 3 yang lagi banyak2nya gitu.. Kurang lebih gw alami selama 5 menit.. Tapi setelah itu ilang sih. Feeling uda ga enak saat ini, tapi gw pikir mungkin sakit perut biasa. Tar kalo muncul lagi baru dah curigation. Sempet diajak ke RS sama cc gw, tapi gw pikir masa cuma sakit perut ke RS, uda gitu uda ilang pula. Kebetulan jadwal visit dokter gw besok. Jadi gw kira gw tahan aja lah ampe besok.

6 jam kemudian, rasa sakit itu datang lagi. Kurang lebih gw alami 5 menit juga.. Sakitnya bener - bener melilit. Duh, gawat masa kontraksi sih.. Tapi masih 6 jam. Jadi masih aman kudunya.. Oh ya, saat itu usia kandungan gw baru 34 minggu. Gw uda takut aja sih.. Gimana kalo lahir sekarang, Duh uda elus2 si twin Jo bilang jangan kuar dolo ya.. Mending di perut mama aja daripada tar di inkubator..

Malam hari sekitar jam 7 - 7.30 kembali sakit perut... duh, gw uda yakin neh ini namanya kontraksi.. Soalnya 6 jam sekali berurutan sakit mulu... Akhirnya setelah Leo pulang malemnya, gw ceritakan. Dia ajak ke RS tapi gw pikir sekalian ajalah besok pas emang jadwalnya. Kebetulan papa mama gw juga lagi maen ke rumah temennya yang lumayan jauh. Jadi ga ada mobil di rumah. Uda gitu jam sudah menunjukkan jam 9 malam.. jadi kemaleman juga.

Akhirnya gw naek tangga dan ceritanya mao pipis ke WC. Tiba2 gw teriak karena melihat ada flek cukup besar di CD.. huhuu... rasanya mao nangis, tegang, panik, dll... Langsung tlp nyokap biar pulang, susah banget nyambungnya.. Untung cici gw tau no tlp temennya dan tlp minta bonyok pulang ASAP..

Begitu tau ada flek, Leo langsung tlp RS dan nanya sama bidan disono apa yang harus kita lakukan dan apa yang terjadi kalo kondisi kaya gitu. Akhirnya bidan bilang itu kontraksi, dan ASAP datang ke RS buat suntik anti kontraksi, supaya ga keburu mengalami pembukaan dan lahir prematur. Soalnya kalo uda pendarahan biasanya ga lama bakal lahir anaknya..

Setelah bonyok pulang, langsung dah gw ama Leo cao menuju ke RS buat ke IGD bersalin. Jam uda nunjukkin sekitar jam 21.30 mao jam 22.00. Begitu sampe langsung di cek darah, urine, tekanan darah, jantung baby, dst2.

Kebetulannnn bangettt, saat itu dr gw lagi ada disono karena ada operasi jam 22.00.. Jadi dia sempet nengokin gw dan liat hasil tes gw. Thanks God banget... Tuhan uda atur gitu kayaknya bisa pas.. Kalo ga kan, bidan ga bisa ambil keputusan cepat kalo dr ga acc.Dia langsung kasih instruksi ini itu ke bidan2 buat nanganin gw, abis itu dia masuk ruang operasi.. Wktunya pas banget, karena gw juga harus nunggu hasil tes lab. Beberapa jam kemudian, keluarlah hasil tes lab dan ternyata oh ternyata gw mengalami preklamsia tingkat 2. Waduh, ini gw pernah baca dikit walo ga terlalu aware, yang gw tao ini yang selalu ditakutkan sama bumil2.

Jadi Preklamsia itu keracunan kehamilan. Ada 3 tahap, dan tahap 3 uda yang paling parah. Tanda - tandanya adalah kaki, tangan dan muka bengkak banget, tekanan darah tinggi dan urine mengandung protein.
Kalo masalah kaki bengkak dll gw uda pernah cerita kan sebelum2nya. Bahkan gw uda curiga kalo gw kena diabetes makanya gw cek darah dan hasilnya glukosa gw baik2 saja. Jauh dr batas tinggi.

Tekanan darah pun di hari minggu, tanggal 25 Des ( di post sebelumnya) cuma 120 bawahnya lupa berapa.. pokoknya masih normal dah.
Tapi di tanggal 26 Des besokannya pas di tes darah gw uda 140. huaaa

Pas gw lagi disono, lagi ada 1 pasang suami istri yang lagi menunggu kelahiran. Jadi istrinya ini mao lahiran normal dengan dr gw juga. Jadi abis operasi caesar, si dr bakal ke bawah nanganin cewe ini.. Duh, gw kan lagi panik dan tegang ya. Secara gw belom bener2 prepare mental gw buat lahiran. Kan masih ada 4 -6 minggu lagi ceritanya. Eh, ini disebelah gw uda hah hoh hah hoh, nahan rasa kontraksi. Ga lama di dalem ruangan yang suaranya amat sangat jelas terdengar dari tempat gw tidur, dia teriak - teriak. Ceritanya mao ngelahirin. Si dr pun turun dan menangani kelahiran si cewe ini dan oekk..oekk..oekk.. Lahir anaknya..

Pas si cewe ini lagi nafas buat ngeden dengan guidance si bidan, gw jadi refleks ikutan nafas,.. Duh, gw belom ikut senam hamil pula.. huhuu.. bandel neh gw... Pokoknya paniknya itu terasa sekali..hehehe

Setelah beres nanganin si cewe ini, datanglah dr gw dan melihat hasil tes lab gw. Dia amat sangat shock. Terus bilang, preklamsia gw uda berat, gw ngapain aja. Kecapean ya bisa ampe gini, dst2... Uda gitu dia langsung suruh bidan pasang cateter, pasang infus yang ada anti kontraksi sama suntik pematangan paru2 buat jaga2 kalo ampe lahir prematur. Saat itu, gw mash bertanya ama dr, masih mungkinkah buat gw normal.. Dengan tenang, dr gw bilang masih dong bu. Tenang aja. Kita tangani dan kita tahan supaya 38 minggu baru keluar anaknya.

DUh, emang dr gw ini orangnya kebapakan banget. Setiap kata - kata dia selalu menenangkan gw. Makanya gw demen dah ama dia.. hehee.. Eh, ya namanya dr Farhan Djoened ( Praktek di BMC, PMI, dan Kimia Farma Bogor)

Akhirnya pulanglah si dr, dan gw harus di opname disitu sampe bener - bener stabil keadaan. Terutama tekanan darah turun dan jantung bayi stabil.


Selasa, 27 Des 2011

Masih tetep di ruang observasi (bentuknya kaya ruang IGD tapi khusus buat orang hamil aja). Darah masih naek turun 140, 150, 130 dst2.. Tapi masih di bawah 150. Jantung bayi masih stabil dan sudah ga mengalami kontraksi sama sekali. Oh ya, di saat ini ada pertolongan Tuhan lagi neh.. Jadi ceritanya walo di ruang observasi, gw harus booking kamar kan. Jadi ibaratnya uda bisa pindah ke kamar gw punya kamar. Semua kamar itu penuhhh banget dan yang tersisa hanyalah kamar kelas 3B. Ini kamar paling rendah yang isinya 3 - 4 orang dan kamar cuma pake kipas angin.. Ga kebayang kan.. huhu. Sedihnya hati ini ngebayangin tuh kamar. Karena gw pernah jenguk orang yang dirawat di kamar kaya gini. Tragis banget dah kamarnya. Gw dolo sempet bilang, ini mah bukan sembuh, malah tambah sakit orang masuk sini.hehehe...

Tapi mao gimana lagi jadilah kita ambil yang kelas 3B. Awal2 sempet ada VIP, tapi krn dibilang ampe pagi harus di ruang observe, rugi dong ambil VIP, jadi kita downgrade ke 3B aja,.. ga masuk ini ke kamar.
Uda gitu, selama 3 malem ga dapet kamar dan selalu di 3B. (fyi, kamar ini harganya cuma 100rebu semalem, dr spesialis juga jadi murmer, segala tindakan pun jadi murah) dan gw ga pernah sekalipun masuk tuh kamar. Di ruang observe itungannya kelas 2. Isinya 2 orang dan amat sangat dekat dengan ruang bidan. Jadi gw bener2 ditanganin sangat cepat dan teliti. Secara tinggal ngesot kalo ada apa2. Diawasin penuh banget. Ini dr gw yang suruh ga boleh masuk kamar..hehe.. Makanya gw merasa Tuhan baik kasih kamar paling jelek. Padahal tadinya uda sempet kesel..hohoho..maap ya TUhan.. Eh, malah dikasih keringanan biaya...

Malemnya karena emang jadwal visit ke dr, gw masuk ke ruang praktek buat di USG. Soalnya uda 4 minggu ga di USG, jadi gw belum tau berapa berat dan tinggi si babies. Setelah di USG, dr bilang hasil mesin mengatakan salah 1 anak gw yang terbesar beratnya 2,2 Kg dan menurut dia itu ga mungkin.. Dia pegang2 perut gw, pencet sana sini.. Dia bilang ini ga mungkin ampe 2 kilo... Kecil kok bayinya..                                
Akhirnya karena penasaran, dia USG gw ampe 3 kali dan selama dia USG, gw doa terus bilang " Dalam nama Yesus 2 kilo lebih" hehee... Ini uda gw lakukan dari rumah semenjak beberapa hari yang lalu.
Setelah di USG 3 kali kata dr hasil tetep menunjukkan 2,2 KG. Kata dia, alatnya mungkin salah, ya uda kita tahan ampe 38 minggu. Terus, sekali lagi, jeng jeng.. dia membawa berita yang buruk buat gw. Dia mao cuti besoknya ampe tanggal 31 Januari. Jadi baru muncul tanggal 1 januarinya.. Waduhhhhh...   Kalo ampe gw ngelahirin pas dia pergi gimana dongg.. Gw uda bilang dari awal gw visit jangan sampe dia cuti pas gw ngelahirin..huhuhuhuu.... Terus dia bilang, tenang aja bu. Ga akan ngelahirin.. Kita tahan ampe 38 minggu.. Terus mengingat kondisi gw yang mulai stabil, gw pikir ya bisa lah bertahan 1 minggu lagi minimal..

Akhirnya kembalilah ke kamar dan istirahat. Oh ya, gw dikasih tau kalo dr pengganti gw adalah dr Vivi Sylvia K yang gw belom pernah denger namanya dan entah siapakah dia dan dia dr cewe yang katanya bagusan dr cowo kalo dr kandungan. Tapi gw berserah saja ama Tuhan, gw yakin Dia tau yang terbaik buat gw.


Rabu, 28 Des 2011

Di pagi hari, masih stabil keadaan tapi begitu siang hari mulailah muncul hasil test darah sampe 160, urine gw uda positif 3.huhuhuhuhu... dannnn muncul kontraksi sakit perut lagi.hadeuh, hadeuh, hadeuhhhhh......
Akhirnya gw kira ini mungkin mules pengen poops.. Gw bilang aja gw mao poops. Akhirnya ke WC lah gw dannn kembali (jeng...jenggg.....) darah dan darah keluar lagii...hiksssssss.......

Kira - kira itu jam 3 - 4 sore.. Eh ya, sempet bbman ama temen menceritakan tentang dr pengganti ini dan temen gw bilang itu dr, dr terkenal loh.. Di Bogor ada RS bersalin yang terkenal dan uda ada dari jaman dlo, katanya di rs situ beliau yang ngantri ruameeee bangetttt... Terus dia juga uda master ga cuma sekedar SPOG. Gelarnya lebih banyak dari yang laen..Wah, gw kaget juga denger ini. Soalnya dia dolo pernah ama si dr ini visit sekali tapi karena panjang ngantrinya jadi males. Terus gw mikir, wew , Tuhan ganti dr gw dengan dr yang lebih master lagi... Pokoknya gw ga mao ngandelin dr, gw percaya Tuhan yang akan nanganin persalinan gw..

Emang saat dikira badai datang, padahal Tuhan lagi mempersiapkan yang terbaik. Untung, gw ama Leo tetep bersyukur dan ga bersungut2 saat tau ini. Bonyok uda keburu panik dan sempet mao pindahin gw ke RS lain buat cari dr lain. Tapi gw ama Leo sepakat buat stay dan percaya Tuhan uda siapin jalan buat kita. Begitu gw cerita tentang dr ini, nyokap langsung tenang dan dia juga sempet bilang Tuhan dah siapin yang lebih baik kali ya.

Gw bilang pantesan aja.. ini si dr Vivi ini praktek dari jam 1 siang dan gw uda bertanya berkali2 selalu di jawab antriannya banyak.. Akhirnya jam 5 sore selesai juga dia praktek..wew.... Pantes aja dia rame..Ternyata dia emang terkenal...

Jam 5 sore datang juga si dr, dan begitu dia denger kronologis dia bilang dia mao cek pembukaan. Doh, gw ga ngarti dah cek pembukaan itu maksdnya apa..Ternyata dia memasukkan tangan ke bagian dalam kita. wahh,, sakitnyaaa ruaarrr biasaaa..... Dan, berita yang dibawa lebih - lebihh bikin gw shock.. Ternyata gw uda bukaan 1.. huhuhuhu... mao nangis guling2 rasanya.. Dia bilang kita tunggu 8 jam, kalo uda bukaan lebih dari 3 terpaksa harus di caesar.. Alasannya darah gw uda tinggi, preklamsia juga dan posisi kepala 2 -2 nya dibawah dan sejajar. Kudunya 1 atas 1 bawah gitu.. biar bisa gantian.. Tapi ternyata twin Jo uda pengen keluar. Ga sabar..

Setelah dr pergi, pas gembala gw dateng... terus dia doain dan menguatkan.. Duh, pas bener ya. Pas gw lagi bener2 butuh penguatan dia dateng and doain... Begitu dia pergi, menangislah gw dan sedihhh banget.. duh, Tuhan kuatkan aku ya.. Ini kok semakin hari ada aja berita2 mengejutkan...hiks.. Tapi gw percaya Tuhan pasti tau yang terbaik buat gw..

Oh ya, dr Vivi juga bilang pas megang perut gw katanya anak gw kecil. Paling gede 1,8 kilo katanya.. ( ini anak yang lebih gede dari sebelahnya), berarti sebelahnya bisa lebih kecil lagi dong. Tapi tetep disini gw confess anak gw 2 kilo lebih.

Akhirnya setelah sore itu, gw menghadapi kontraksi setengah jam sekali sampe tengah malem.. Duh, sakitnya luarrrr biasaa..... Gw langsung beli es krim, beli susu buat gendutin anak..haha.. tau dah ngaruh apa ga.. Tapi karena sakit banget perutnya, gw ga sempet dah makan es krim. Dikit banget makannya abis uda ga nahan....

Kamis, 29 Des 2011

Nyokap ama cici gw uda nungguin ampe jam setengah 1 pagi lah. Akhirnya dia pulang karena gw uda better.. Kontraksi dah ga setengah jam sekali... Uda agak lama gitu jedanya..

Terus jam 12 malem gw ga bisa tidur terus..neh perut sakit soalnya dan resah pula.. akhirnya begitu nyokap and cici gw pulang, gw minta earphone buat denger lagu di iphone.. Gw setel lagu2 rohani di kuping 1, 1 lagi gw kasih ke twin Jo biar kami sama2 dikuatkan..

Saat gw denger lagu Delon yang Dia mengerti, duh gw bener2 terharu.. Di lagu itu cuma bilang Dia mengerti dan Dia perduli persoalan yang kita hadapi...... Dan yang perlu kita lakukan cuma 1.. yaitu percaya sampe mukjizat menjadi nyata.... haduh gw bener2 dikuatkan ama neh lagu si Delon...

Tiba2 jam 1 lewat pagi, badan gw kaya bergoncang gitu, jadi gw ngerasa kasur gw goyang2, tapi gw liat kiri kanan barang ga ada yang goyang2, cuma kasur sama infus gw. Jadi ga mungkin gempa bumi kan..
Liat laki gw uda ngorok tidur... Jadi ga tega banguninnya... Terus jam 1.30 tiba2 mules luar biasa dateng lagi..Mules kali ini beda banget ama sebelom2nya.. Sakiiiitttttt bangettttt... Terus gw bangunin Leo... perlu beberpa detik bangunin dia.Soalnya neh anak keblukkknyaa kalo dah tidur..hahaha... gw ampe teriak - teriak... Terus begitu dia bangun, dia mao panggil bidan, tapi gw bilang ga usah deh.. Kayanya ini kontraksi doang... Soalnya setau gw ampe 5 menit sekali baru uda deket.. Tapi ngeliat gw ngeringis2 kesakitan, akhirnya dia tetep panggil bidan.. Akhirnya si bidan pun cek pembukaan lagi.. hadeuh2...

Setelah di cek, dia bilang gw uda pembukaan 4 menuju 5. haduhh... gimana ini gimana ini..hiks2.....

Akhirnya bidan langsung prepare buat gw di bawa ke ruang operasi.. Hduh, bener - bener gw belom siap2 sodara2... Masih ga sangka ini bakal ngelahirin sekarang.. Belom cari - cari info apa rasanya di caesar dst2..                                                                                        

Jam 2.30 uda di ruang operasi nunggu dokter datang dan jam 3 dia akhirnya datang.Masuklah gw ke ruang operasi dan mulai dibius di tulang belakang ( gw kira bakal sakit, ternyata kaga sakit yaa), terus mulai proses operasi berjalan dan gw sambil di operasi, di ajak ngobrol sama orang2 sono.. Setengah teler dan ngantuk luar biasa akhirnya pukul 3.40 lahirlah Joyce Letasha Khouw dan 3.42 Joanne Letasha Khouw..

Daannnn,, gw mengalami mukjizat lagi kalo anak gw lahir dengan berat di atas 2 kilo.. Joyce 2,04 dan Joanne 2,13 Kg.. Mereka bilang anak2 gw gede itungannya karena baru 34 weeks dan kembar tapi uda 2 kilo lebih. Puji Tuhan dahhh...

Dan inilah mereka :

Begitu lahir dan di taro di dada buat disusuin, Joyce nangis2 terus dan mencoba mencari puting, sementara Joanne nangis terus dan ga lama dia tidur.. Dari sini aja uda keliatan Joyce mirip emaknya dan si Joanne ini mirip bapaknya..haha... Sejak di perut emang kita uda merasa begitu

Joyce Letasha Khouw... Semua orang bilang ini idung, idung gw banget..hahhaa.. Mukanya juga mirip ama gw....

Joanne Letasha Khouw
Kalo yang ini mirip bapaknya, begitu masuk inkubator langsung tidur lagi..zzzz .. tidur molo neh kaya bapaknya....


Thanks God banget, semua indah pada waktunya.. Banyak pertolongan Tuhan yang bisa gw rasakan sampai sekarang. Semua uda kaya di atur, dipersiapkan yang semuanya diluar planning dan perkiraan gw. Tapi 1 yang pasti, semua ini adalah miracle. Dari ga ada keturunan kembar tapi kita bisa punya anak kembar, terus mereka kembar identik pula, uda gitu lahir di bulan Desember mepet ama natal..hehee.. Sampai mereka bisa lahir 2 kilo lebih.. Dan bener kata om Delon,, kita nantikan terus sampai mukjizat menjadi nyata......

Comments

  1. aduuuuh sintaaaaaaaaaa, dasyat amat perjuangan kamu! terharu deh iiih ^_^ u are a great mom! iya loh ta, twins jo itu gede2 amat baru 34 weeks uda diatas 2kg. Tuhan emang baik! :)

    ReplyDelete
  2. ya ampun sinta elo udh melahirkan toh..waahh congrats ya..alhamdulillaah babies sehat aja yaa..ikutan seneng loh,jadi g sabar nungguin mereka besar,sering2 upload potonya ya sin hehe..
    Sekarang udh drumah kah?wah hectic bngt dong yah dg 2 baby,tapi pasti seneng dong hehe..
    Congratttss skali lg.
    -evelyn-

    ReplyDelete
  3. @Ci Lia : ya cii.. huhu... penuh perjuangan sekali sampai sekarang...
    @Evelyn : makasih ya.. tapi babies belom pada pulang.. MAsih di RS,... hikss.. jadi belum merasakan hectic...

    ReplyDelete
  4. Congrats yaaa... Bener2.. what a miracle!

    ReplyDelete
  5. congratzzzz for the babies yahh... smoga babiesnya cepet kuat n bs kluar dr RS soon :)

    ReplyDelete
  6. Bener2 bingung baca nih blog, hihihi.. perasaan baru baca ketikan nikahnya juni ya, tau2 Juli udah isi 8 minggu, dan tau2 koq 29 dec udah 34 minggu. Ngitungnya gimana sih jeng? ngaku deh... eh... ajarin deh...

    ReplyDelete
  7. @anonymous: nah salah baca berarti.. Haha.. Coba dibaca yang bener.. Aye nikah 8 mei 2011. Juli uda 8 minggu betul dong say.. Ini nih yg bikin gw stress kmrn. Banyak yang blg rasaan gw merid juli juni dst2.. Haha.. Jadi gosip dah. Sexara hpht gw 30 april.. Dokter kan ngitungnya dari hpht. Begitu itungannya.. Hehe

    ReplyDelete
  8. Eh slah... Maksdnya 7 mei.. Wkwkek.. Tgl merid bisa lupa. Gaswatt

    ReplyDelete
  9. hi, mau tanya dong, kamu bener bner ga ada keturunan kembar dari pihak suami/istri? kok bisa yah anaknya kembar. God is amazing. aku juga pengen banget punya anak kembar soalnya. hehehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat