Berapa lama harus di inkubator???

Uda 1 minggu pas gw pulang dari rs dan kalo ditambah dari hari gw di rawat berarti uda 12 hari Twins Jo umurnya.. daaaannnn 12 hari pulaaa gw ga bersama2 dengan mereka..huhuhuhuhuhuuhuhu.......Mau nangis rasanya.. Ini aja sambil ngetik sambil tes..tes..tesss
Mereka harus tinggal di RS dan tinggal dalam inkubator sampai hari ini. Jadi ceritanya karena twins Jo lahir prematur alias belum cukup umur, jadilah mereka harus tinggal dalam inkubator. Begitu lahir, mereka langsung di observasi setiap organnya berfungsi dengan baik atau ga dan cairan yang ada di tubuhnya dikeluarkan dari tubuh dia.. Cairan dahak or apa gitu.. ga ngarti gw,.Jadi karena mereka caesar, ada cairan yang kudu dikeluarin kali ya.. Karena kalo normal kan, lobang keluar dia sempit, jadi otomatis badannya kaya di peres gitu, sehingga cairan yang berguna dari tubuhnya bisa dibersihkan. Cuma karena mereka lahir caesar, cairan2 itu belum keluar. Alhasil cairan2 yang dikeluarkan ini bobot tubuh mereka otomatis berkurang lumayan jauh.. Dari 2 kiloan jadi sekitar 1,7 - 1,8 sekarang.. Tapi emang normalnya seperti itu kata perawat disana..

Bayi prematur, awal2 pasti turun dulu, Tar uda 2 minggu baru naik drastis. Jadi ya ga masalah.

Masalah berikutnya adalah organ2 tubuhnya. Untungnya Twins Jo sempet di suntik pematangan paru2 waktu masih di perut. Jadi untuk paru2 ini mereka uda mateng. Cuma masalahnya ada sedikit infeksi kemaren pas lahir. Tapi kata DSA nya ini biasa kok. Bayi yang lahir cukup umur juga sering mengalami ini. Akhhirnya dikasih antibiotik dan dalam bbrp hari di tes uda ilang semua infeksinya..

Selain itu jantung. Kalo jantung mereka cukup stabil, cuma ya di awal - awal mereka masih dikasih bantuan oksigen. Karena kadang jantungnya cepet.. Cuma masih batas normal. Dalam seminggu, mereka uda ga butuh bantuan oksigen lagi. Sebelumnya pun cuma kadang2 aja dikasihnya.

Masalah lain adalah suhu tubuh. Suhu tubuh dia masih belom bisa mengikuti udara luar, so dia masih butuh bantuan inkubator alias penghangat. Mereka masih berasa ada di dalem perut sepertinya. "Ayo twins Jo... Kamu uda diluar perut mama..... "

Nah masalah yang sampai sekarang belum beres adalah pencernaan. Di luar itu semua uda normal... Begitu lahir, mereka di kasih coba sufor karena gw belom ada ASI, bibir mereka jadi biru.. Akhirnya mereka dipuasain dulu 2 hari ga minum susu. Jadi mereka harus di infus dari tangan. Tapi pas hari ke 3 dan pas saat itulah ASI gw keluar, mereka uda mau minum susu. So, Twins Jo sampe hari ini FULL ASI... Emang Tuhan kita luar biasa yaa.. Dia sediain tepat pada waktunya..

Padahal uda banyak yang wanti2, tar campur aja sufor dolo. Awal - awal mah susah buat full asi. Tar kalo uda banyak baru full asi. Tapi ternyata Tuhan bener - bener ga biarkan anak gw minum sufor. Ini doa gw tiap malem selama hamil. Gw mao anak2 gw minum ASI dan gw percaya Tuhan uda sediakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tapi minum mereka masih dikittt banget.. 1 anak cuma minum 1 cc.. Kebayang ga? huhuhu.. per 2 jam itu.. Sedangkan ASI gw uda keluar 10 - 20 cc per 2 jam juga.. Jadi nyisa - nyisa gitu deh..

Tapi seiring waktu, akhirnya minum mereka meningkat terus menerus.. Sekarang uda 20 cc, kadang sisa kadang habis. Belum stabil sih. Oh ya, mereka belum bisa minum dari mulut awalnya. Jadi dari mulutnya dimasukin selang dan disambung ke lambung.. huaaa.... kebayang ga sih.. itu pasti sakit bangetttt....

Tapi setelah seminggu, dokter mulai mengijinkan untuk melatih kemampuan oralnya.. Dari yang minum cuma 3 cc per 3 jam lewat mulut, sekarang katanya uda 16 cc dari mulut.. Tapi kadang cuma 5 - 10 cc kalo lagi males.. Ini juga bukan di kenyot ya. Tapi pake pipet gitu..

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gw lanjutin disini aja deh. Sebenernya perkembangan Twins Jo beda2 setiap hari..hehe.. Jadi gw uda ketinggalan posting banyak hal tentang Twins Jo.. Curhatan gw yang diatas itu gw tulis sekitar 2 hari yang lalu.. Eh, kepotong sama beberapa hal jadilah gw ga lanjutin. Sekarnag dah ga bisa nongkrong lama2 depan PC.. ga punya waktu banyak.. huhu.. Padahal babies belom pada pulang ya.. Gimana pulang tar?

Lanjut, perkembangan twins Jo hari ini, Joyce uda lepas infus, lepas selang, dan kuar inkubator..horeee.... Sekarang dia uda di box biasa. Masih di uji coba. Soalnya minum Joyce masih 10 - 30 cc pake botol susu... Belom stabil sih. Kadang kalo di kasih 30 cc bisa muntah gitu.. Duh Joyce, ayo dongg minumnya yang banyak... Uda siap stock susu buat kamu sayanggg....

Umur Joyce sekarang uda 12 hari.... Kemaren sempet jeprat jepret sedikit foto2 Joyce usia 11 hari.. ini fotonya...

Akhirnya gw bisa liat matanyaa.. Melekkk..Horee..hehe.. Selama ini liat dia bobo terus, paling banter liat dia nangis. Tetep aja kaga melek2.hiks2.... Sedih ya gw uda kehilangan 12 hari masa2 babies gw bertumbuh.. Cuma liat bentar2.. Tiba - tiba tiap liat mukanya beda terus. Uda gitu kok, makin mirip ya si Joyce ama Joanne...hehehe... Gw ampe binun kadang - kadang mana neh yang Joyce dan Joanne... Kalo gw jejerin fotonya jadi gini 


Beda ya mukanya? tapi kalo tiap dateng gw kudu mikir dolo beberapa menit mana si Joyce dan si Joanne..hehe...

Beratnya masih naik dikit2.. Sekarang terakhir uda 1,8 lebh lagi.. Kemarne sempet drop sampe 1,7 kiloan.. huhu... Cepet gede ya nakkk....okeh3? Biar bisa cepet pulang.. Mama uda kangeeeeennnnnnnn amat sangatttt.......

Joanne masih di inkubator, karena kata suster kadang dia suka lupa nafas..hadeuuhh.. serem amat ya.. uda gitu suhunya masih suka ga stabil. Uda gitu infus juga masih di pasang. Sebenernya Joyce juga masih harus pake infus, tapi karena tangan dia bengkak 2 - 2na jadi dilepas dah..huhuhu..kasiannnnn... T_T....
Sekalian diobservasi juga bisa ga dia stabil tanpa infus. 

Kemaren sempet ketemu sama dokter, tanya2 tentang perkembangan kedua anak gw. Jadi kalo uda pulang pun, mereka harus di jaga extra hati - hati. Pertama kamar harus tetep dalam suhu 28 derajat celcius. Ini paling dinginnya ya... Uda gitu tamu2 yang punya sakit or bawa virus harus jauh2.. Duh, ini yang susah nih. Soalnya katanya kalo masih 1 bulan awal, masih amat sangat rentan. Badan mereka kan kecil.. Jadi kalo ampe sakit, bisa rempong dah.. Beda dengan anak normal lainnya..

Secara, tau sendiri kalo orang ngeliat babies pasti di pegang2, di cium2..huaaa... bagaimana...bagaimana niiii....

Uda gitu harus pake metode kangaroo juga.. Jadi babies sama gw, sama2 bertelanjang dada terus pelukan... supaya ngangetin badan mereka.. Biar cepet gede, dan si babies juga bisa deket ama ibunya...

Oh ya,  pertama lahir, walopun Joyce beratnya lebih kecil, tapi muka dia itu bulet gemuk gitu.. chubby2... Eh, kok sekarang jadi kurus banget yaa..huhuhu... kecill banget mukanya... Hadeuhhh, harus cepet besarr... Tuhann, berkati babies ku ya biar cepet gede.......


Kalo mengenai ASI,  ASI gw sekarang semakin menumpuk... Terus ini baju sehari bisa ganti berapa kali.. Banjir terus.. huaa... Tapi ga apa2 dah.. Puji Tuhan asinya banyak...hehe..

Masalah terakhir yang bikin gw stress adalah BIAYA RS.. HUaaa... Setiap hari gw tanya uda berapa tagihan, kok itu kayaknya nambahnya sadiss banget... bukan nambah beberapa ratus ribu, tapi nambahnya beberapa juta setiap hari...T_T..... huaaaaa.... Mao nangis rasanya... Sepertinya keinginan suami buat beli rumah harus ditunda dulu. Abis, gimana coba.. Ini aja belum tau kapan keluarnya dan dari kantor juga belom bisa reimburst. Kalo dolo tiap tagihan ga perduli, secara bisa di reimburst. Tapi sekarang, mao ga mao kita pelototin 1 per 1 buat liat kemana aja duitnya. Tapi gw percaya Tuhan yang kasih gw 2 anak, pasti Dia juga uda sediakan berkat buat si babies ini.. Gw ga mao khawatir (susaaahhnyaaa), bener - bener belajar bergantung ama Dia banget. 

So, dalam situasi kondisi apapun... Thanks God.. Gw mao terus belajar bersyukur, gw juga terimaaa kasihhh banget Tuhan kasih kemajuan terus yang positif buat ke 2 anak gw setiap harinya... Thanks GOdd.......

Comments

  1. *hugs* Sing sabar ya Shin...I pray for your Jo's. TUHAN berikan mereka pertumbuhan yang sempurna.amin.amin.amin

    ReplyDelete
  2. waaaaa berarti mereka skrng masih di rs sin??hiks hiks..semoga cepet gede ya twins jo..banyak doa ya jangan lupa hehe..elo yang tabah ya sin.btw asi nya g dibuang kan??ditaro freezer kan??

    ReplyDelete
  3. kamu hebat sintaaaaa :) HUGS!
    jangan stres2 yah, kan lagi produksi ASI. kondisi psikologis sangat2 ngaruh sm ASImu. temen aku dulu lahirna pas 31 weeks, babynya baru boleh dibawa pulang pas 36 weeks. Tiap hari dia nengokin bawain ASIp ( asi perah ) doain en touch babynya. km tiap hari touch en gendongin si twins jo aja. sentuhan buat baby premature itu sangat2 BESAR dampaknya. ciayoooo ya! i keep you in my prayer! :)

    ReplyDelete
  4. Sinta, gw baru liat blog elu. the twins r so adorable!! tapi mereka masi di inkubator ya? semoga mereka bisa cepet pulang bareng elu yah. HHHUUUGGGGGG!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  5. Halo Sinta... all the best for ur babies yah.. Utk ASI spy ga banjir, bisa pake breast pump regularly trus di simpen di freezer. Frozen breast milk kaya gini bisa tahan sampe 1 bulan. Terus dipake bergilir dari yang paling lama.. hopefully this way bisa tahan full asi lebih lama & lebih gampang sesuaiin waktu minum.. :)

    ReplyDelete
  6. God bless Twins Jo... and their super mom + dad! :)

    (Hi..salam kenal yaa... Gw Vina (ryan-vina.blogspot.com), masih tahap rencanain wedding utk okt 2012 nanti... tp gw ud punya rencana mau punya baby twins juga.. boy and girl tapinya... moga2 dikasih sama Tuhan... :D --> pdhl masih lama.)

    (Btw, gw pernah baca blog lo ini brp lama yg lalu, ga nyangka pas masuk lagi, tau2 ud ada post babies uda lahir.. gw ikut happy yaa... dan ikut doain twins Jo biar cepat sehat dan terus tambah sehat) :) Ganbatte!!

    ReplyDelete
  7. cogratz ya sinta buat twins nya..kamu HEBAT!!!
    uda kluar dr RS kah???
    Tuhan pasti akan sediakan jalan utk smua biaya2 nya... Keep Faith in Him :)
    ciayooo..
    Little Twins Jo are so cute...>.<

    ReplyDelete
  8. Halloo.. salam kenalllll!!! Ga sengaja nemu blog lo. hehehehehe.. gw jg baca bukunya Grace yg Tuhan Mengapa Aku Harus ke China. Inspires me so much ampe akhirnya gw buat blog juga.. hahahhaaha..

    Congratz for the double Jo yaaa..!! Gw jg pgn klo dah punya baby dikasih nama Joyce.. ahahahhaa.. Semoga both of them tambah sehat & kuat!

    ReplyDelete
  9. @all : makasih ya.. Mangap nih baru sempet buka blog nya. Jadi basi banget ya bales nya.. Hehe..

    @vina : hehe.. Emang kembar bisa direncanakan ya? Siap2 dah kalo kembar ga pernah tidur nyenyak, sehari tidur cuma 2-3 jam.. Baju, popok ha abis2 cucian.. Apalagi ga dapet2 pembantu seperti aye.. Hurher.. Tapi bonusnya berat badan cepet turunn, bahagiaaanya seamit2.. Hehee.. Abis lucu neh 2 bayi gt.. Walo kayaknya baru beres nyusuin, bersihin eek, pompa asi, cuci botol ehhhhh uda waktunya minum susu lagi... Hurhherhe.. Tar aye update kisah kasih tentang ngurus kembar yaa

    ReplyDelete
  10. Hello Bu Sinta Xie
    Malam ini saya baca artikel ini sama persis dengan kondisi dan pikiran saya
    Anak saya lahir prematur dengan BB 1.4kg aja :( harus keluar karna tidak nambah berat badannya selama 34minggu di perut momynya. Kalau boleh tahu apa aja yang harus di perhatikan saat baby di dalam inkubator ya? Dia baru lahir 3 hari yang lalu tgl 16 okt. Perjalanan yang panjang...

    ReplyDelete
  11. Jadi brapa hari di dlm inkubator

    ReplyDelete
  12. Thanks 4 sharring..
    Agak tenang rasanya stelah mmbaca artikel ini, krna anak pertama saya juga sdang mengalami hal yg sama saat ini.
    Smoga dia bsa sgera berkumpul brsama kluarga.

    ReplyDelete
  13. Kondisinya sama seperti yang saya alami saat ini.. saya melahirkan bayi 28 minggu 2 hari dengan BB 1,3kg tapi skrg menyusut jadi 1150 karena sdh dirawat di nicu sejak tanggal 17 maret 2017. Kalo boleh tau twin jo di rumah perawatan dan tempat tidurnya bagaimana?

    ReplyDelete
  14. Anak saya juga lahir prematur 2 Agustus 2018 kemarin.masuk di inkubator.biasanya kalau kondisi bayi stabil berapa Minggu keluar dari inkubator Bu?

    ReplyDelete
  15. Mama Maura berapa lama anaknya dirawat di rs?

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat