Pasangan Hidup

Kali ini gw akan kasih review dari buku "Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta" karya Grace Suryani.
Sempat mendengar khalayak ramai membahas buku ini, plus sering ngikutin notes nya Ci Grace, membuat gw penasaran dan segera hunting ini buku. Betapa senangnya gw, saat ke MOI Kelapa Gading ternyata ada Bazaar khusus buku rohani. Semua penerbit buku rohani berkumpul disana, dan tidak ketinggalan tentunya DISCOUNT... Yeay!! Padahal ga diskon juga tetep mao beli, tapi ya karena dapet diskon, jadi senang dah. hehe.. Ga gede sih. 20%. Tapi lumayan lah. Buat beli teh manis. haha.. Apa coba.

Nah, abis gw beli tuh buku gw uda rencana mao langsung melahapnya sambil makan di food court.(biasa kalo uda napsu, susah ditahan) Tapi Leo langsung ngoceh - ngoceh. haha.. Ya, iyalah secara banyak urusan yang harus kita kerjakan disana. Hihihi.. Ya uda deh gw tahan - tahan sampe pulang. Begitu sampe rumah sodara gw, langsung gw lahap tuh buku ampe habis. Untung bukunya tipis. Jadi bisa diabisin dalem beberapa jam saja.

Bukunya bagus, ringan dan meaningful. Buat yang lagi dalam pergumulah PH, mungkin gw sarankan membaca buku ini kali ya. hehhee..

Gw mao ikutan membahas tentang pilihan menentukan siapakah yang akan jadi pasangan hidup kita. Hehehehe.. Siapakah PH kita? itu PILIHAN kita. Betul banget. Tapi pada kenyataannya banyak yang bingung siapa ya yang akan kita pilih. Terus, terserah kita dong mao jadi ama sapa. Yah, pokoknya hal mengenai PH itu hal yang sangat rumit bukan?

Kalo menurut gw gambaran memilih PH itu seperti ini kali ya. Anggep aja hubungan kita sama ortu kita. Ini paling gampang diimajinasiin. hehe.. Terus, ortu kita ga pernah memaksa dengan siapakah kita harus menikah nanti. Yang pasti dia mao kita dapet yang terbaik di mata dia bukan? At least anaknya bener, rajin kerja, etc2. Mereka juga menilainya berdasarkan karakter, sifat, kelebihan dan kekurangan dari anaknya sendiri. Pokoknya banyaklah penilaian dari mereka. Ada kalanya saat kita bawa cowo yang lagi deket ama kita buat kenalan , mereka semangat, suka, pokoknya seneng banget. Ada kalanya mereka bilang "ya boleh lah. Walaupun xoxo." , ada kalanya juga mereka bilang "jangan dah". Tapi sekalipun ortu bilang jangan kalo kita ngotot, toh pasti ortu juga oke2 aja. Kecuali uda parah banget. Dalam arti TIDAK. Akhirnya banyak yang kawin lari, backstreet ato apapun lah. Pokoknya ga pake restu ortu. Biasa sih ini bicara suku, agama dll.
Kita menjadikan ortu sebagai penasehat kita dalam mengambil keputusan siapa yang akan jadi suami or istri kita kelak. Tapi ada juga yang menjadikan ortu sebagai Decision Maker. Salah ga? Kalo menurut gw, sah2 aja. Itu kan tergantung kita. Saat kita ga minta ortu buat ambil keputusan, mereka juga ga akan memaksa kita. Kecuali jaman Siti Nurbaya kali ya. hehe. dan untungnya Tuhan kita ga kaya gitu.

Sama halnya hubungan kita dengan Tuhan. Intinya siapapun yang akan kita pilih, ya harus dapet restu dari Tuhan. Bisa kita yang bawa dan kenalin. Bisa kita minta Tuhan yang pilihin. Ga ada cara yang salah. Yang pasti, kita tahu apa maunya Tuhan. Kita tahu seperti apa yang Tuhan mau buat jadi PH kita. So, kalo masalah seiman or ga seiman ini ga usah dibahas kali ya. Kalo kita kenal Tuhan kita, kita pasti tahu jawabannya. Ada kalanya yang kita bawa ini Tuhan cuma bilang baik. Tapi bukan yang terbaik. Tuhan tetep ijinkan kok. Itu pilihan kita sendiri. Cuma ya saat kita ga memilih yang terbaik, resiko untuk hidup tetep dalam jalan Tuhan itu lebih sulit.  Mungkin hidup lebih enak, tapi jalan menuju kesesatan lebih lebar kali ya. Nah kalo jawabannya Engga or Tidak, sebaiknya tinggalkan saja.

Gimana cara dapet jawabannya. Pertama sortir dolo, neh calon PH kita sudah percaya, takut akan Tuhan, dan hidup dalam FT belom. Kalo 3 hal ini aja dia uda ga kerjakan, gimana kalian mao tanya T terbaik apa ga. Menurut kita aja uda ga terbaik.  Betul ga? Nah, terus sisanya dapatkan sendiri jawabannya dengan hidup dalam Tuhan, dan intim dengan Dia. Dia akan berikan jawaban dengan caraNya. Beda - beda sih. Buktinya baca aja blog2 yang menceritakan hubungan mereka sampai mereka bisa menikah. Setiap mereka pasti ada masa2 pergumulan dan bertanya sama Tuhan. Itu aja berbeda semua kan ceritanya, lama waktunya dsb2nya.

Kenapa sih Tuhan bikin seolah - olah ribet amat ya. Ga kaya film Cina yang kita tonton ada benang merah di setiap kaki cowo - cewe. Ga buat setiap orang itu uda ada jodohnya. Jadi ga usah pusing - pusing pake berdoa, bergumul, dsb2. Kalo yang gw dapet, intinya Tuhan mao ngajar kita sama yang namanya tanggung jawab. Tuhan ga minta macem2 kok untuk pernikahan kita. Tuhan cuma minta KEKUDUSAN. Trust me, ini sangat sulit. Kalo mao lengkapnya baca aja di 1 Tesalonika 4. Siapapun pilihan kita, jalan mana yang kita pilih. Dia cuma minta itu.

Dulu, waktu gw masih jaman SMP - SMU dan berdoa sama Tuhan. Gw sering dapet 1 tesalonika 4 ini. Ini ayat ga pernah ilang dari ingatan sampe sekarang. Ya, seperti semacam peringatan kali ya. Coba kalo Tuhan uda benang2in merah semua orang alias di jodoh2in, pasti setiap manusia itu ga akan mengejar kekudusan. Ga akan berusaha bertanggung jawab atas keputusannya, yang ada malah nyalahin Tuhan kali ya.

Mungkin ini slah 1 alasan mengapa banyak orang kawin cerai dengan alasan jodoh. Semua orang merasa pasti setiap kita itu punya jodoh, dan kalo uda jodoh, pasti rasa cinta muncul, bahagia, dll. Tetapi begitu dijalanin ga sesuai dengan dongeng cerita hidupnya, akhirnya mereka cerai dan kembali mencari 'jodoh' yang dimaksud. Bahkan gw pernah denger ada yang bilang 'jodohnya' uda abis, or 'ini emang kehendak Tuhan' saat mereka di tanya kenapa cerai. Weks, kok jadi Tuhan yang disalahin. Padahal Tuhan ga pernah maksa kita nikah ama sapa. Dia cuma minta kita kudus dan memuliakan nama Tuhan sampe akhir hidup kita.

Ya, gw tau gw juga banyak kekurangan dan sangat berat menulis kalimat - kalimat di atas. Uda berapa kali gw hapus dan ketik ulang. Banyak ketidakkudusan dan ketidaksempurnaan yang gw alami dalam hidup. Tapi gw percaya, saat kita mau, saat kita sungguh - sungguh terus mengarahkan mata dan hidup kita hanya kepada Tuhan, Dia yang akan menguduskan dan menyempurnakan hidup kita. Jatuh bangun yang kita alami biarlah grafikya itu terus ke atas dalam arti bangunnya jauh lebih banyak. Jangan sampai jatuhnya yang lebih banyak.
Memang sangat sulit apalagi kita masih hidup di dunia ini yang masih DAGING. Tapi, dengan komunitas, lingkungan dan salib Yesus, kita pasti bisa menjadi lebih dari pemenang. Komunitas kita yang paling dekat itu siapa? Yaitu cinta segitiga antara kita, suami or istri dan Tuhan (yang uda berkeluarga). Gimana kita bisa bangkit kalo komunitas paling deket kita aja ga jalan di track yang sama. Ya, makanya betapa penting sih minta restu dari Tuhan atas pilihan kita dan mendapatkan jawaban yang terbaik dari DIA..

Gw juga bersyukur, ada media yang bisa membuat komunitas baru buat gw. Komunitas wanita yang takut akan ALLAH. Contoh - contoh hidup dari mereka yang uda berkeluarga dan mempraktekkan FT bahkan menjadi berkat buat banyak orang. Mereka sangat menginspirasi gw bagaimana nanti saat gw akan berumahtangga. Mungkin uda sering gw promosiin kali ya. Ada blog Ci Shinta, Ci Lia, Ci Grace dan lain - lain. Bahkan, sekarang mereka akan bikin majalah ol khusus wanita. Kayaknya, gw akan menjadi fans setia majalah mereka. hahaha.. Ini majalah langka. Ga pernah nemu majalah wanita yang kaya gini. Padahal ini penting dan perlu banget ya. So, thanks to you all.. Gw dukung doa aja deh. hehehe..

" Bukan seolah - olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku MENGEJARNYA, kalau - kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah DITANGKAP oleh KRISTUS YESUS. Saudara - saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan : AKU MELUPAKAN APA YANG TELAH DI BELAKANGKU dan MENGARAHKAN DIRI KEPADA APA YANG DIHADAPANKU." dan berlari - lari kepada TUJUAN untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dan Allah dalam Kristus Yesus."
Filipi 3 : 12 - 14

Comments

  1. Tq, btw jangan panggil ci dung. hehe.. sepertinya kita seumuran nih. Panggil Sinta aja. hohoho

    ReplyDelete
  2. gw juga udah baca bukunya..iya baguss banget.. ringan tapi meaningful yahh..

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat