Nano - nano, asinan, rujak, campur sari...

Judul diatas menggambarkan perasaan gw saat ini. Begitu melihat tanggal dan ternyata hari H gw itu sekitar 1 minggu lagi. Weww.. di hari yang sama tepatnya minggu depan, itu perasaan gw pastinya uda kaya apa tau kali ya.. Hehehee...

Jujur, kalo dikatakan strezz ato panik gimana gitu ga juga. Terbukti makan gw makin menggila, tidur tetep nyenyak, dan otak gw ga 100% ada disitu. Padahal orang - orang bilang menjelang hari H, bahkan uda dari 1 bulan sebelom hari H tidur ga nyenyak makanpun tak enak. Tapi itu ga berlaku buat gw. Hehehe..

Kalo ngomongin hari H nya mungkin gw ga terlalu gimana banget, tapi kalo ngomongin after hari H, JUJUR itu yang bikin gw cukup panik... Akan ada perubahan cukup besar yang akan terjadi dalam hidup gw. Misalnya gaya hidup gw yang kalong ini harus diperbaiki (;P), kudu rajin memasak, rajin bersihin rumah, dll (Pokoknya tugas IRT lah ya), uda gitu hamil, melahirkan, punya anak, dll ( Tugas Ibu). But sebenernya yang amat sangat penting dan terus gw doakan sampe detik ini adalah fungsi istri dan keegoisan gw sebagai manusia daging yang tinggi emosi dan harga diri. Hehe.. Kalo tugas IRT or IBU mungkin mao ga mao dengan berjalannya waktu itu akan dilakukan. Masalah kebiasaan aja.

Tapi kalo masalah EGOIS seorang wanita, itu yang amat sangat sulit untuk diubah. Gw inget, waktu hubungan kita di awal, semua yang gw pikirkan lebih terpusat kepada diri gw sendiri. Sebagai contohnya, gw ini paling ga suka dibentak2. Entah mengapa tiap ada yang bentak gw bahkan anak kecilpun yang melakukannya, air mata gw langsung berlinang dan self pity gw langsung meningkat. Ga punya kekuatan melawan, namun cuma bisa nangis. Pokoknya keadaan yang sangat ga gw sukain banget lah..Mungkin karena gw trauma ama papa gw yang suka ngebentak kalo ngomong. Dari dulu, bokap itu punya kebiasaan suka bentak - bentak kalo ngomong sama istri, anak - anak dan karyawannya. Maklum ada turunan Cina Daratan kali ya.. Hahaha..        ( Fyi, gw ga heran kenapa bokap kaya gitu sejak gw ke China dan melihat bagaimana manusia - manusia disana kalo ngomong itu bentak - bentak semua. Kalo di Indo pembeli adalah raja, kalo disana penjual adalah raja..)

Akibatnya, gw sangat takut dibentak. Untuk menghindari gw dibentak, gw cenderung ga terlalu banyak ngomong sama bokap. Itu yang membuat gw jauh kali ya ama beliau. Terus berlanjut di kehidupan nyata. Gw paling takut ama orang galak or suka bentak - bentak. Tiap ada orang bentak - bentak, gw akan sebisa mungkin ga berinteraksi sama dia. Sampe gw berikrar suatu hari kalo gw punya cowo and jadi suami gw, ga akan gw cari yang suka bentak - bentak.

Ternyata kejadian bentak - bentak ini terus gw hadapi di kehidupan sehari - hari. Saat gw pelayanan, kebetulan banget leader gw ini juga punya kebiasaan kalo lagi ngomel bentak - bentak. Hehe.. Di oper ke beberapa leader, eh leadernya hobbynya pada bentak - bentak semua. Itu air mata uda sering banget kali ya berjatuhan. Sampe mungkin leader gw uda cape hadepin air mata gw. hahaa.. Dia ampe bilang jangan gunakan air mata untuk menyelesaikan masalah or minta dikasihani. Sejujurnya, itu air mata emang turun dari sononya. bukan sengaja. Percayalah gw paling ga bisa disuruh acting nangis kalo emang ga ada yang sedih. Mao ampe gw merem melek juga ga keluar tuh air  mata. Hahaha

Terus, berlanjut gw punya cowo L yang awal2nya dia itu terkenal murah senyum dan konyol dan gila. Pokoknya ga suka berantem, ga suka cari gara - gara, dan ga suka bentak - bentak pastinya. hehehe..

Gw uda berpikir, YEs, ini dia cowo yang gw mao saat gw uda jadian. Hehehee... Ternyata pikiran ini cuma bertahan beberapa waktu. BAru 2 bulan jadian, munculah kejadian 'bentak - bentak'. Bayangin baru 2 bulann... Tapi dia ga bentak - bentak gw depan umum sih. L bentak - bentak gw itu pas uda sepi ga ada orang dan di motor. JAdi dia teriak - teriak juga ga ada yang denger terkecuali gw pastinya. Gw sangat amat shock dan hanya bisa terdiam disitu. Asli shockk bangett... mengapa oh mengapaa... Terus begitu gw pulang, gw langsung ilfeel abis ama neh cowo. Secara sifat inilah yang gw coret dari dolo. Syarat utama dan mutlak.

Sebenernya L saat bentak - bentak itu kejadiannya sangat singkat dan emang gw keterlaluan banget sih. Abis itupun dia langsung melembutkan suaranya dan meminta maaf sama gw. Dia begitu karena uda bener - bener ga tahan. Tapi namanya gw shock, gw ga pernah mao terima tlp dari dia lagi, SMS pun gw jawab dengan ketus. Itulah kenapa gw ga ada foto - foto wisuda bareng. Hiksss.. Ga ada kenangannya deh ampe sekarang. Waktu itu gw lagi sebel banget dan mogok ngomong. Ngomong aja males, apalagi foto - foto bareng. Hehehe..

Sampe akhirnya gw pun memaafkan dia dalam waktu yang cukup lama. Terus disitu gw uda tekankan dan pastikan bahwa dia ga akan boleh bentak - bentak gw lagi seumur hidup dia. Hahhaa.. kejamnya kekasih..
Disitu L ga bisa janji kaya gitu. Dia cuma bisa berjanji dia akan berusaha tapi ga bisa pastikan itu ga akan dia lakukan. Gw suka sifat dia yang ga gombal dan sembarangan buat janji. Hidup L. hehee...

Ya, walo gw uda paksa - paksa dengan berbagai cara, tetep aja dia ga mao. Huhuhu. Ya sudahlah, gw terima usaha dia dan gw coba untuk percaya lagi sama dia. Akhirnya berjalan waktu, ternyata adegan bentak - bentak ini ga cuma sekali. Selama jadian 3 tahun, adalah beberapa kali, Lumayan banyak malah. Hahaha..

Dari yang sebel, kesel, sampe mati rasa tapi tetep aja dongkol. Hahaha.. Tapi semakin kesini, gw semakin banyak merenung. Gw cuma mikir tentang janji nikah yang harus diucapkan nanti. Dimana gw harus bertanggung jawab, tunduk, hormat, melayani dan mendukung suami gw dalam suka maupun duka, dan dalam segala kondisi lah,, Bukannya gw berjanji akan bertanggung jawab dll sebagai istri apabila suami gw ........

Disitu dibilang gw harus  mendukung suami gw. Kalo dolo gw berpikir dia harus ikutin maonya gw berarti kalo gw terus bawa itu ke pernikahan nanti, janji nikah sebagai istri gw cuma janji gombal dong. Gw berpikir seharusnya daripada gw sibuk ngoceh - ngocehin dia buat ga bentak - bentak and marah2in gw, mending gw cari cara dan berpikir bagaimana ya gw hadapi L kalo dia lagi 'kumat' and gw bisa mendukung dia supaya ada perubahan dengan tuh karakter negatif dia. Sebenernya sifat dia  ini berguna juga sih saat gw lagi ditipu melalui telepon atau saat gw buat masalah,. Hehehe.. Secara, gw ini paling ga bisa marah - marah or bentak - bentak orang. Karunia gw ini kan belas kasihan, jadi ada orang memelas dikit gw pasti kasihan ama dia and ga tega akhirnya. Bahkan sulit membedakan mana yang penipu dan mana yang beneran. Makanya saling melengkapi juga sih. Hehehe...

Kembali ke perenungan gw. Mungkin dolo kita para wece suka gunakan metode ngambek biar si cowo ini mengikuti kemauan kita. Misalnya setiap L bentak gw, pasti gw akan buat adegan mogok ngomong, dan buat dia nyesellll banget supaya dia kapok sama tindakan dia itu. Tapi ternyata manipulasi seperti itu bukannya buat dia berubah permanen, malah tetep aja kejadian seperti ini berulang - ulang terus. Lain halnya, saat suatu hari gw tau gw melakukan suatu kesalahan yang bila gw kasih tau L, dia pasti akan 'ngoceh2' and bentak2. Butuh beberapa hari buat gw kumpulin tenaga dan akhirnya cerita. Hahaha.. Gw tau, apapun kesalahan gw, gw harus cerita sama dia. Terbuka. Kebiasaan ini uda dari kecil. Sama bonyok juga gw begitu. Mao ulangan jelek, ato apapun yang gw tau gw pasti diomelin kalo cerita, tetep aja pasti gw ceritain. Ga bisa gw simpen. Pasti rasanya ga enakkkkk banget di hati ini. Seperti ada yang gitik2.. Hehehe..

Pernah waktu kecil banget, cc gw ngajarin suruh buang nilai ulangan gw yang jelek. Bahkan uda dirobek - robek sama dia. Dia bilang ' lo jangan ngomong, tar lo diomelin. Uda diem aja."... Entah mengapa hati ini ga enakkkkk banget... cuma tahan beberapa jam. Begitu nyokap pulang, gw langsung bilang nilai gw jelek tadi. Ulangannya uda dirobek dan dibuang ke tempat sampah. hahaha... Cici gw cuma ngomel2 and bilang bodoh banget gitu gw ngaku. Tapi entah mengapa jadi legaaa....Padahal juga nyokap ga akan sadar kalo gw ga ngaku sebenernya.

Lanjut ke cerita gw sama L, akhirnya setelah gw ngaku ternyata respon dia biasa aja. Sebenernya sih alasannya karena dia juga pernah melakukan kesalahan yang sama. Dasar lelakiii.. hahaha... Jadi dia ga marah. Tapi disitu gw cuma bernafas lega dan mengelus dada, sampe dia ketawa dan bilang gw pasti takut diomelin.. Gw iyakan saja. Terus L pun minta gw ingatkan kalo ampe dia 'kumat' lagi.

Inti dari cerita gw, gw cuma mao bilang sebagai wanita kita jangan berfokus dengan perubahan calon suami or suami kita kelak. Tapi kita tahu kelemahan dia, dan cari cara yang bijaksana buat hadapi itu dan mendukung dia supaya dia bisa berubah. Susah pastinyaaa... Tapi pasti bisa. Asal pikiran kita mulai ke arah situ dulu.

Banyak temen - temen gw yang mao married selalu cerita sama gw dan bilang gini " gw yakin calon suami gw akan berubah saat menikah nanti. Dia ga mungkin melakukan kesalahan itu. Jangan berpikir yang jelek - jelek. Positive thinking."... Oke, positive thinking gw setuju, tapi menurut gw pemikiran bahwa calon suami kita saat menikah akan berubah menjadi baik tiba - tiba sepertinya itu terlalu naif ya. Uda gitu kita bisa shock dan kecewa saat mendapati tidak adanya perubahan dari calon suami kita ini. Yang harus kita pikirkan, siapkah kita menerima segala kekurangan dia, dan coba mulai praktekkan saat kita membangun hubungan pra nikah.

Saat ini, gw juga terus menerus melatih diri gw untuk bisa menekan egois gw. Gw ga mao saat memasuki bahtera rumah tangga, sifat menuntut gw ini masih hadir. Gw tau hati L itu baik, at least dia itu penyayang keluarga, bertanggung jawab dan bisa dipegang omongannya dan yang paling penting dari semuanya dia itu cinta Tuhan walo masih banyak kekurangan dia. Makanya di hari - hari terakhir menuju pernikahan gw, gw terus berdoa dan merenungkan FT, biar T terus kasih gw kebijaksanaan saat memasuki rumah tangga nanti.

Saat L kumat, gw harus hadapi karena itu adalah ketakutan gw dan gw harus menang. Kenapa Tuhan ijinkan gw punya papa yang suka bentak2, leader2 yang suka bentak2, dan calon suami yang sifatnya samat juga... Karena Tuhan ingin proses gw lebih lagi dan bisa hadapi ketakutan gw ini. Setiap ketakutan dan trauma dalam hidup jangan sampai dipelihara, tapi harus dihadapi. Gw tau hanya Tuhan yang akan sanggupkan gw. Makanya harus ada cinta segitita antara gw,L dan Tuhan.

Btw, gw senang saat2 ini, kita makin sering saling membangun, L sering memimpin doa dan kami uda ga sesering dulu perang dunia ke 3 nya. Kalo dulu hal kecil bisa jadi masalah yang berlarut - larut hanya karena keegoisan kita, tapi sekarang at least saat kita mendekatkan diri pada Tuhan dan FirmanNya, banyak perubahan yang terjadi atas hubungan kita. So, guys, mari kita persiapkan married ini dengan abis2an di karakter dan hubungan kita dengan T lebih dari persiapan kita untuk hari H.

Keep pray for me.. tinggal seminggu lagi.... ;P

Comments

  1. sin.. gw blom ngerasain tuh gmn rasanya menjelang hari H, tp gw sering dampingin tmn gw dan mank lu termasuk spesies langka sech bisa mkn banyak hehehe
    i'll pray for u ya sin... mg2 u bisa jadi istri yg submit ama suami & rumah tangga lu diberkati.
    tenang aja, mskipun gw blum merid tp kalo kalean hdp sebagai suami-istri yg takut akan Tuhan & taat, pasti kalean bisa ngelewatin semua itu. Perubahan sikap kan tergantung jg gmn kita menilai itu smua, namanya pacaran jg ada perubahan sikap kok. tp klo berubah ke yg lebi dewasa dan lebi bae, Why not?
    cia yoo
    congratz for both of u yaa..
    mwahhhh
    God bless :)

    ReplyDelete
  2. @leny : ajaib kan len? Karena gw orangnya cuek bebek kali ya... Wkwkwkwk... yaps, pastinya banyak terjadi perubahan dan biarlah perubahan yang terus memproses kami menuju kedewasaan dan semakin dekat dengan T. Positif pokoknya. Hehehe... Ta yaaa

    @stephanie ; thanksss yaaa

    ReplyDelete
  3. Haloo Sinta.. good luck yah, tinggal besok yah? ayo smangat!! enjoy your big day.. nanti kalo udah selesai smuanya crita2 yah hehehe..

    neway, gw stuju tuh sm yg lo bilang di atas, jangan pernah berharap seseorang utk berubah, karena kalo dia beneran ga berubah kita kcewa.. mendingan kita terima aja dia apa adanya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat