Premarital check up( part 1 )

Hari ini gw mao sharing tentang premarital check up. Buat capeng - capeng yang lagi prepare weddingnya, jangan lupa masukkin tes ini kedalam list kalian yak, karena tes ini puentingg amat sangat.Apa aja sih isi premarital check up? Neh gw coba bahas beberapa ya. Karena gw bukan dokter, CMIIW ya...Kalo pketan dari prodia harganya untuk sepasang cowo n cewe itu 2;5jtan. (agak2 lupa), Yang di tes :

1. Hematologi lengkap : kalo dijelasin ama orang prodianya sih ini tes darah dll. Ada trombosit, leukosit, dll. Biar tau ada aneia, leukemia dll apa ga. Terus jg ada tes golongan darah and rhesus.Kalo menurut gw ini ga terlalu penting ya. Hehe. Kalo trombosit, leukosit dll gw pernah periksa pas tes demam berdarah n thypus kemaren. Jadi ga penting juga. Kalo golongan darah uda pernah.rhesus juga. Tp rata2 kalo rhesus orang asia kan sama. Kalo menurut gw ga terlalu penting sih karena ampe lo tau ada penyakit ato gen turunan juga so what? Apa batal married?hehe. Ga bisa diobatin juga. Berdoa sajalah pada Tuhan. Percaya ama Dia.hehe

2.Tes urine, kolestrol, hepatitis B dllkalo yang ini gw emang pernah tes. Kalo yang belum ada baiknya tes sih. Kaya kolestrol, diabetes, asam urat dll. Ga perlu mao married jg kudunya emang tes ya. Biar aman terkendali. Kalo ada yang uda lebay ya segera dijaga and turun deh. Kalo hepatitis emang gw pernah tes aman terkendali. Jdi yang ini jg gw coret

3. Anti toxo, anti rubella, anti cmv..Nah ini dia yang mao gw bener2 bahas. Menurut gw sebenernya premarital check up itu yang penting point ini. Yah, tau sendirilah polusi, makanan, dll yang kita makan jaman sekarang ini uda aneh - aneh. Jadi rasa - rasanya ga aneh kalo kita ( cewe ) terkena salah 1 virus diatas. Apalagi buat kita - kita yang suka makan sushi, sashimi, ato suka deket - deket kucing, anjing dan hewan berbulu lainnya. Kalo kita kena virus di atas, buat cewe sih ga masalah ya.ga akan ada efekny sama sekali. Tapi virus ini sangat berbahaya buat calon anak - anak kita kelak. Bisa cacat, tumor, ato kematian pada anak.

Gw pertama kali tau hal ini dari pembina di gereja gw. Jadi beliau tuh dulu kerja di salah satu supermarket besar. Gw ga ta gimana ceritanya, pokoknya itu dia suka berada disekitar pemotongan daging yang bulu - bulunya bertebaran kemana - mana. Dia ga pernah tes torch ini. Nah, terus dia hamil. Biasa klo kita hamil, sama dokter disuruh tes torch.( terlambat sih sebenernya) tapi pasti disuruh tes di usia kemahilannya beberapa bulan, barulah ketawan dia terkena salah 1 virus di atas. Terus ya cuma bisa pasrah aja kan berharap semua baik - baik saja. Sampai akhirnya dia melahirkan seorang anak yang sehat dan lucu. Awal - awalnya semua baik - baik aja sampai anaknya mulai muncul tanda - tanda yang aneh di usia 1 tahun. Terus baru ke detect ada tumor otak di kepala sang anak. Sampai anak ini harus menghadapi puluhan operasi dan ahirnya meninggal di usia kalo ga salah 3 tahun. ( sedih jadinya). Makanya cc pembina gw selalu wanti2 betapa pentingnya tes ini. Daripada menyesall..

Tapi tenang, sampe kita terkena salah 1 virus di atas, itu masih bisa diselamatkan. Caranya kt terapi obat selama kurang lebih 3 bulan.virusnya itu akan tidur, ga mati ya. Tapi dia ga akan impact ke bayi kita nanti.Makanya sebaiknya dilakukan sebelom kita married 3 bulan. Soalnya banyak yang kebobolan di tengah - tengah pengobata. Kan gawat juga.Nah kalo kita bilang tes torch, harganya itu 1,6 juta lebih. G kaget. Kok jadi lebih mahal dr paket. Kalo paket, cewe aja 1;4jutaan. Pas gw baca isi panel torch, ternyata ada tambahan anti hsv 1 dan 2. Ini juga mao gw bahas. Penting apa ga nih ambil tes ini. Tergantung siapa yang mao tes.hehe..Hsv 1 dan 2 ini adalah herpes. Gw tao sedikit tentang herpes karena baru aja gw menghadapi seorang kenalan gw yang terkena penyakit ini. Saat ini gw dan cami sedang terus berdoa and mencari jalan keluar buat dia. makanya sempet browsng sana sini and sempet konsul sama dokter ( cc ipar cami).Hsv ini sih cuma bisa tertular lewat darah, bisa dibilang lewat hubungan intim. Bentuknya ini kaya cacar. Kalo hsv 1 ini tbuh bagian atas. Kalo ini bisa disembuhkan dan ringan. Tp kalo hsv 2 ini tubuh bagian bwah yang tidak ada obatnya untuk seumur hidup. Kalo pria yang kena akibatnya : luka2nya hanya di tubuh bagian luar, daya tahan tubuhnya akan sangat amat lemah dibanding orang lain. Kalo dia kecapekan, stres maka penyakitnya akan kambuh. Tapi dia msih bisa hidup lama(ga kaya aids). Tapi orang yang terkena hsv 2 ini, rentan terkena aids. Makanya kalo amp kena hsv 2, wajib buat tes aids juga. Kalo cewe yang kena, biasanya ga keliatan dari luar, tapi bagian dalemnya alias rahim.

Nah kalo cewe yang uda kena bisa berakibat sangat fatal, yaitu anaknya bisa cacat ato kematian. Makanya gw bilang diatas penting dan ga penting.Kalo emang kalian ga pernah berhub intim dengan beberapa lawan jenis terutama pria 2 ya. Harusnya sih ga kena. Kecuali ortunya kena terus ngelahirin anak, anaknya jg turunan kali ya. Gw ga tao kalo yang ini. Yng pasti klo sebelom married, ini uda pernah macem2... WAJIB TEST!!daripada anak kalian kenapa2.

Tapi kalo kalian yakin ga pernah.. This is the first time ama suami ato istri kalian nanti, menurut gw ga perlu ya. Mahal juga.hehe.Tapi kalo kalian ga yakin sama pria kalian sebaiknya suruh dia tes dah.hehe.. Soalnya gw pernah cerita kan di posting sebelomnya kalo pria - pria itu kalo ngumpul or menjamu klien, suka disodorin cewe. Apalagi gw juga baru tau ternyata bayak kenalan gw yang ada di dalam lingkaran itu. Pokoknya pastikan kalian bersih.

Nah, karena gw ambil cuma 3 tes yaitu tes anti toxo, anti rubella, dan anti cmv.... ( lanjut ke sini )

Comments

  1. haiii shee,
    nanya dunkkk.. itu u test d prodia? prlu k dkter dlu ga sih sblumnya? atau lsg k lab aja?

    g jg lg mempertimbangkan prlu gaknya premarital cek nihh. itu 2,5 sepasang utk smua tes yg u sebutin d atas yah?
    kekny g jg mau ambil test yg kek u gt aja, anti toxo, rubela, btw yg anti cmv itu buat apaan yah?

    ReplyDelete
  2. @yenny : yaps. Gw test di prodia. Tp prodia bogor ya. Kudunya harganya sama kali ya. Ga perlu surat dokter kok kalo gw. Walo gw bawa sih sebenernya.
    Anti cmv gw lupa. Tp itu juga penting sepertinya. Pokoknya yg gw inget emang ada 3 test yang kudu diikutin. Besok setelah gw terima hasil n konsultasi akan coba gw jelaskan lg ya.hehe

    ReplyDelete
  3. Sippp.. d tggu info lbh lnjutnya yahh hehheee... :)

    ReplyDelete
  4. @yenny : yen, uda gw update di posting berikutnya ya... Ternyata ada kesalahan neh..huhu..
    Cmv baik orang prodia maopun dokter ga bs jelasin. Intinya ini salah satu virus yang bisa membahayakan janin..hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat