Home schooling ato traditional school??

Bo, gw emang belom punya anak sih.. hehehe.. Tapi gw mengangkat topik ini, karena tidak sengaja tadi gw mampir ke blog orang dan nyangkut dengan curriculum montessori. Sebenernya gw uda denger dari lama. Cuma gw ga ngarti apa itu montessori. Gw kira itu nama sekolah. Ternyata bukan loh. Itu tuh kurikulum yang berbasiskan mengajarkan anak sesuai kemampuan dan talentanya. Jadi mengajarkan segala sesuatu dengan cara yang menarik and ga ngebosenin.

Kalo di USA, Montessori method ini biasa di pake buat home schooling ato kalo di public school pun 1 guru menangani 1 murid. Terus mereka juga ga ada sistem nilai, tugas2, hukuman, dll. Pokoknya bener2 dibuat semenarik mungkin segala sesuatu. Denger2 orang yang sekolah dengan ala montessori method ini jauh lebih pinter anaknya dibanding sekolah biasa yang pake aturan tugas sebejibun.

Sebenernya asal muasal gw mempelajari ini ada 2 alasan. hehehe..
1. alasan pertama, walau belom married and punya anak ya, sudah sejak lama gw membahas sekolah anak2 kita nanti sama L. Jadi kita sudah mencari kesepakatan anak kita tar bakal disekolahin di mana.. Hehehe. Jujur cara pikir gw ama L ini emang agak beda. Ya namanya perbedaan itu kan wajar ya. yang penting fokus di tujuan dan cari win2 solution. Jadi ceritanya gw ama L kan bakal tinggal di Bogor setelah married. Nah, dolo sempet muter sana sini buat cari rumah. Sempet suatu hari gw mao tinggal di daerah Sentul. Disitu ada sekolah baru BPK Penabur internasional yang konon baguss bener. Ya, namanya gw sangat amat idealis sama yang namanya pendidikan. Pokoknya gw pengen anak gw ini bisa mendapatkan pendidikan yang bagus, hehehe.. Bukan karena mahal dan fasilitas ya. Tapi gw emang ga suka dengan cara belajar sekolah Indo yang intinya mengejar prestasi sebejibun dengan tugas yang banyak. Bikin anak stress aja.

Nah, karena sang calon suami yang pasti lebih memikirkan duit dan kemampuan materi, tentunya teriak2 dia.. Huahahaa.. Dia sangat amat tidak setuju. Dia bilang anak mah tergantung gimana ortu didiknya. Kalo sekolah itu yang penting jangan sekolah jelek. Yang biasa - biasa aja cukup. Tapi disitu gw ga setuju kalo anak gw nanti di sekolahin di R*CIS ( skul gw dulu. hehee.. ceritanya ini skul nasional paling bagus di Bogor ), soalnya gw tau gimana tuh sekolah mendidik anaknya. Emang sih anaknya pinter2, tapi banyak juga yang pada stress.. Secara PR nya itu sebejibun. Tugasnya banyaknya amit2 dah. Pokoknya ga banget dah. Gw ga akan kasih anak gw skul disitu.. Hehhee...

Terus bagi gw, bahasa inggris tuh penting banget ( soalnya emaknya ini paling kaga jago sama bahasa Inggris..hahaha). Gw menyesal kenapa dolo itu gw ga belajar Inggris bener2. Sekarang jadilah cuma bisa Inggris pasif aja. Padahal menurut gw itu dari kecil kudu dibiasain. makanya kenapa gw ga mao dia skul di skul nasional biasa ( aneh ya, belom kawin aja uda ribut sekolahin anak dimana..hauhuaahuuaa)....

Nah, terus akhirnya kan gw pikir, okelah alasannya masuk akal. Emang mahall bokkk sekolah internasional. Jadi mengadulah saya pada Bapa di Sorga... TUhan, aku mao anakku nanti ga skul di R*cis. Maonya skul yang ada Inggrisnya tapi ga mahal. Gimana ya TUhann.. Hehehe...

Eh..eh tau ga sihhh.. Kan ceritanya akhirnya gw tinggal di ruko deket rumah gw yang daerahnya itu cuma ada 2 pilihan TK(yang deket tinggal jalan kaki). pertama itu R*Cis tadi, yang ke 2 itu TK B*ptis (TK gw dolo). Nah itu pilihan 1 kan dah pasti gw coret, Ini TK ke 2 itu persis letaknya cuma beberapa blok dari ruko gw. Bahasa lebaynya mah ya dari balkon lantai 2 lo lempar juga sampe anaknya. wkwkkwwk.... ingatt... ini lebay.com

Tapi entah mengapa gw enggan sekolahin anak gw disitu. Soalnya itu TK gw tau belajarnya kaya apa dannn uda pasti Inggrisnya cupu,.. Neh kan produk bikinannya gw.. hehehhee... Jadi sebenernya hiks..hikss.. amat berat hatiii....

Nah... yang bikin gw terkejut adalahhh.itu doa gw sama Bapa yang kemaren ntu.. dijawab juga loh... Tiba2 tanpa gw sadari pas jalan menuju ruko yang sedang di renovasi, gw melewati sebuah bangunan yang baru selesai dibangun dan ada tulisan Bogor Montessori school.. Weww.... gw langsunggg seneng sambil joget2 dong.. ihh,, doa gw di jawab.. Padahal gw kaga tao itu montessori apa.. hauhauhaua... yang gw tao montessori itu international school. Akhirnya, gw berceritalah pada L, dan tauu ga sih respon L cuma kalo itu international school, ogahhh... hiks... hikss.. sedihlah hatiku mendengarnya.

Tapi pas sudah mulai gw lupakan ide montessori, baru gw denger dari sodara gw montessori itu bukan international school, tapi dia beli curriculum montessori. Nah, langsung blink blink dong mata gw.. terus gw tanya itu ada Inggrisnya ga. Sodara gw bilang ada dong. Tergantung skulnya. Klo tempat dia di daerah Tangerang sih dalam seminggu ada 2 hari khusus bahasa Inggris. Jadi seharian ngomong Inggris.. Hehehe...

Akhirnya, gw merasa ini ada titik terang alias win - win solution. Sekolah juga deket, tinggal ngesot dari rumah, plus ini bukan international school and juga bukan nasional biasa. Jadi itu alasan gw sekarang mencari2 tau.

2. Nah alasan ke 2 inilah yang lebih memaksa dan membuat gw jadi bener2 buka inet and mulai browsing2. Hehehe... Jadi ceritanya ada sepupu gw yang saat ini umurnya uda 14 tahun. Tapi kelakuan dia masih kaya anak 7 tahun. Jadi dari kecil dia itu ga suka sekolah apalagi belajar. Dia cuma suka maen drum. Dari umur 3 tahun dah bisa maen drum dia. Tapi ya namanya anak, mao suka apa juga at least dia bisa matematika dasar dongg... biar dia ga dibegoin orang suatu hari. Uda gitu lo ga mungkin kan cma maen drum seumur hidup lo tanpa tau yang namanya manajemen. Pemain drum kan juga kudu bisa baca, kudu bisa ngitung dll..

Tapi mungkin karena ortunya berpikir ini anaknya emang talentanya di drum, and mereka juga dolo sekolah pada ga beres jadi diberi kebebasanlah buat anaknya ini. Sampai berjalan waktu, sempet ga naek kelas molo akhirnya dia menemukan 1 school di gading deket humnya yaitu montessori school. (saat itu gw belom tau nih montessori apaan). Karena montesorri temanya itu ga boleh ada hukuman, tugas2 paper yang banyak dll, makanya diberi kebebasan semakin bebaslah dia. Uda gitu, gw ga tao ini schoolnya yang ga bagus, ato emang salah anaknya apa emang salah ortunya. Pokoknya sampe kelas 6 SD sekarang dia masih belom bisa ngitung lancar. Bayangin, waktu dia nginep di rumah gw aja, gw suruh itung mundur dari 20 itu mikirnya bisa sampe setengah jam kali. Tambah2an juga kudu pake tangan. tambahan puluhan uda ga kepegang kayana ama dia. Apalagi perkalian.

Dolo gw denger, gurunya itu sempet bohwat sama dia. Saking ga bisa diemnya neh anak. Sampe mao diiket di bangku karna kerjanya gangguin orang molo.. Oh ya, gw baca di webnya intinya montessori ini ga ada licence namanya. Jadi banyak yang pake nama montessori, padahal ga tao montessori beneran apa ga. Uda gitu, gw juga denger pas ujian itu, gurunya kasih tau jawabannya ke anaknya. Makanya nilai dia bagus2,

Nah, kestressannya adalah saat memasuki SMP. Namanya Indo kan tetep ada aturan pendidikan. Mao internasional ato apapun, tetep kudu ada ujian akhir dan ujian masuk skul. Setelah lulus SD ini, dia kudu masuk SMP kan. Bayangkan, perkalian ga bisa dan nulis aja belom terlalu lancar, SMP mana yang mao terima. Ada sih sekolah yang mao terima, kaya gandhi school dll. Intinya sekolah internasional yang harganya itu mahalnya seamit. Intinya sekolah itu terima2 aja. tapi begitu anaknya ga bisa ngikutin, ya duit ga kembali. Curang kan? gw lupa ya berapa duit. Kalo ga salah biaya masuknya aja itu 40 apa 60 juta gitu. Dan kalo misalnya dia masuk smp kelas 1, terus ga naek kelas terus, ya mao ga mao dia pindah sekolah, duitnya itu ga balik. Plus bayaran bulanannya itu mahalnya juga seamit2..

Oh ya, ngomongin montessori gw ga bilang skulnya jelek sih. Tapi ini keadaannya anaknya juga emang luar biasa, dan di rumahnya itu ga ada displin dan aturan. Jadi dia selalu dianggap anak yang khusus berbeda daripada yang lain. Jadi diwajar2in aja. Padahallll menurut gw, dia itu ga boleh dianggep kaya gitu. jadilah dia seperti ini. Ortunya uda pusing mikirin ini anak mao gimana sampe papanya juga uda ke singapore buat cari info, tapi u know lah. gw rasa singapore lebih strict daripada indo ya. Indo masih bisa di sogok, singapore mana bisa??

Nah, ga sengaja gw baca blog tentang homeschooling montessori dari salah seorang blogger juga. Terus gw iseng browsing ke sini.. Intinya disini dia jelasin, home schooling montessori ini mengajarkan anak dengan cara yang menarik. Ga seperti sekolah biasa. Ini bisa diajarin di rumah. Tadinya gw juga mikir buat sodara gw ini kudu home schooling. Tapi setelah gw baca, ini kayanya kalo mao home schooling, intinya orang tuanya lah yang harus ngajarin. Tapi sepertinya ga mungkin ya.. hahaa... dia kudu keluar dari rumah itu, dan masuk ke lingkungan yang ada aturan dan disiplinnya. Gw cuma khawatir sama masa depannya kalo begini terus. Sodara gw ini anaknya baik, ramah, dan berpotensi. Orangnya ga sombong, menyapa siapa aja, terus mao bantu siapa aja and ga pelit. Pada dasarnya anak - anak kecil itu pelit, dan menyebalkan. Kalo dia ini ga. Kalo ke mall, ampir semua yang jaga kenal sama dia. Soalnya dia dari kecil tiap ke mall selalu ngilang dan tiba2 uda ngobrol sama mba2 ato mas2 penjaga SPG. Karena dia tinggal daerah gading, ya itu maenan dia ke mall lah tiap minggu minimal.

Saat gw baca materi ini lah, sempet terpikir apa gw aja ya yang jadi gurunya dia buat homeschooling. Hehehe.. gw sih dari dulu pengen banget. Soalnya emang gw pengen jadi guru dari dolo. hehehe... Terus gw tao sodara gw ini anaknya berbakat, dan dia ini asal di asah sedikit pasti jadi berlian, orang sukses. hanya aja caranya yang salah. Gw sempet bertanya sama L, gimana. Dia sih oke2 aja. Cuma kalo sampe setahun gitu, jadi mikir juga dia. Hahaha...

Gw baca materi ini bagus juga. Intinya sodara gw ini harus dicari celahnya dimana buat ngajar dia. Ga bisa dipaksain. Sodara gw ini kalo uda ga suka melakukan sesuatu, mao dipaksa kaya gimana juga ga akan dia kerjain. Guru2 skolahnya aja pada ga bisa. Pernah sodara gw ini di bawa ke psikolog, terus di ajar baca itung ama psikolog, ehhh,, masa pas di tengah2 di intip ama maminya, psikolognya malah di ajak maen pingpong sama dia.. Pokoknya emang agak luar biasaa... ahahhaha..

Sampe sekarang sih masih bingung apa yang harus dilakukan buat sodara gw? Uda cari info sana sini, kayaknya di Indo kok ga ada ya skul yang bener2 concern ke kasus kaya gini. Saat ini sih, dia ada les sama guru Jepang yang lumayan. Sebelom les sama dia, tambah2an aja ga bisa. Sekarang dah bisa tambah2an sedikit. Gurunya ini baek banget, sampe nyariin sekolah buat sodara gw. Guru Jepang ini yang katanya mendirikan pertama kali kumon. MAterinya dia yang buat. Tapi entah mengapa, sekarang dia dikeluarin dari KUMON. Jadilah dia ngajar privat anak2. DIa penyayang anak kecil dan juga bener2 care. Ga minta bayaran mahal2 lagi. Ya, cuma sepertinya permasalahan sodara gw ini hanyalah masalah aturan dan kedisplinan di rumah yang ga mungkin dia dapatkan di rumahnya. WEw... Kali ini gw kudu ngadu lagi sama Bapa di Sorga biar dapet jawabann dehh... Hehehe.. rasanya apa yang bisa gw lakukan buat mengubah dia, pengeeennn banget gw lakukan...

Nyokap gw di hum juga bilang gitu. Asal dia bisa bantu sodara gw ini, dia juga pengennn banget melakukan apapun. hehehe.. Ya, moga2 dapet jawabannya sebelom taun ajaran baru dah.....

Comments

  1. Hi Shee..

    Baru bisa mampir nih dan langsung mantengin posting yang atu ini. Daaaannn gw cukup takjub karena ternyata ada juga orang yang punya daya imajinasi yang sama kek gw.. *salaman*
    Gw (yg notabene belum nikah ini) juga sering kepikiran gimana kelak ya anak(-anak) gw nanti (mulai dari nama, mau dititipin dimana karna gw kerja, trus mau sekolah dimana). Gak sabar pengen jadi mama hehehe..

    ReplyDelete
  2. @pipi : ai, piii... Gw jg suka ke blog lo... Hehe. Tiap mao comment, itu ngehank..hiks..soalnya gw dr hp.. Padahal da ketik panjang2.
    Ya, sama gw jg suka berimajinasi tinggi.hehe... Nah, itu lo coba omongin ama cami dr skrg.haha.. Gw aja ributinnya dr sebelm married. Bisa berdebatnya bener2 heboh..hihi

    ReplyDelete
  3. Kalo camiku sih menyerahkan semuanya ke aku. Dia sih oke2 aja asalkan "sesuai kantong" hehehe..

    Share aja nih, temen gw anaknya ada yg sekolah di sekolah berbasis montessori gitu dan menurut dia gak bagus karena pihak sekolah tuh gak terbuka. Pertama kali sekolah anaknya disuruh gak boleh ditemenin, cuma anak temen gw itu kan pemalu jadi nangis terus jejeritan. Nyokapnya minta nemenin dia sebentar gak dikasih, akhirnya anaknya nangis ampe muntah2. Trus anaknya pernah jatuh di toilet sekolah gak dikasih tau, ampe anaknya tuh benjol dan demam. trus anaknya cerita kalo dia jatoh, pas ditanya kegurunya baru deh dia cerita kalo emang tuh anak pernah jatuh. belakangan malah ada yang kena flu singapore gak dikasih tau dan anak yg sakit itu tetep dikasih masuk sekolah ampe ada 6 orang yang kena flu itu baru deh diumumin.. temen gw sampe keki banget akhirnya duipindahin deh ke seoklah lain.

    menurut gw sih kita sebagai "calon ibu" harus bener2 selektif milih karena gak semua sekolah berbasis begituan ataupun sekolah internasional gitu mutunya bagus..

    ReplyDelete
  4. Ya pi. gw juga baca emang montessori itu bukan nama sekolah. Jadi orang beli lisensi doang. Bagus apa ga nya tergantung sama manajemen sekolahnya. Itu temen lo di montessori mana?
    gw sih rencana ampe montessori paling preschool aja sama TK paling. Kalo SD, mungkin sekolah biasa aja. Tapi mungkin gw mao beli materi montessori, terus gw didik sendiri dah. Hahaha.. Home schooling sendiri gitu. Tapi ga tao juga. Muahal soalnya tuh materi.

    Emang kita kudu selektif banget.. Kalo ga bisa gaswat. hehehe

    ReplyDelete
  5. yang di daerah citra..

    Kalo homeschooling sih ada juga gurunya yg mana harganya beti sama skolah national plus. Temennya adek gw ada yang homeschooling. Cuman gw lebih stuju kalo anak kita sekolah di sekolah umum. Biar bisa sosialisasi. Kecuali kalo anak kita mau jadi artes hahahhaha..

    ReplyDelete
  6. @PIPI : oh maksdnya home schooling, selain dia skul di sekolahan, di hum tetep gw didik ala home schooling gitu kalo dia ampe masuk nasional. haha.. buat pre school ampe sd paling kalo sanggup. Soalnya sebenernya pendidikan tuh yang penting gimana didikan ortunya. Ga bisa andelin skul 100%. Mao skulnya sebagus n semahal apapun tapi kalo di rumah ga ada aturan dan didikan, anaknya bisa kacau.. hehehe...

    ReplyDelete
  7. Hi..
    baru baca nie blog-nya..udh telat apa belum ya?mau sekedar share aja solusi bt sodaranya. Aku sering ikutin parenting ayah edy,cb aja hub 021-26337754, 085694975174 buat di observasi and nantinya disarankan sekolah yg cocok bt anaknya. Setau aku selain anknya,org tuanya jg bakal di kasih saran gimana cara ngadepin anaknya supaya bisa terarah. Kayanya segitu dl dech share dari aku..utk lebih lengkap ttg ayah edy dan metodenya bisa buka www.ayahkita.com


    Cheers..moga2 ini jawaban dari Bapa

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat