Kelanjutan JJ Bride ( 3 months 12 days )

Weww.. Tak berasa waktu berjalan begitu cepat. Persiapan wedding gw masih tersisa 3 bulan 12 hari. Padahal gw berasa masih banyaakkkk banget yang perlu gw lakukan. Gw akan review apa aja yang sudah gw lakukan selama +/- 9 bulan yang lalu dan apa yang belum selesai...

Cerita asal muasal
Hal pertama yang gw lakukan adalah booking bridal. Sebenernya pengennya booking tempat dulu kali ya yang penting. Tapi diantara semua vendor, emang bridal yang paling flexible. Tanggal berapa aja dia bisa.
Hasil browsing sana sini, gw menemukan JJ Bride adalah bridal yang sangat memenuhi kebutuhan dan keinginan gw. Tapi keliatannya mahal. So, gw berpikir untuk buang2 jauh keinginan pake bridal ini.
Vendor pertama yang kita datangi adalah Catherine Bridal. Gw suka dengan foto prewednya, make upnya bahkan saat dia kasih liat before after seorang alumni yang pake catherine gw sangat takjub. Secara cewe ini gemuk dan sipit. Hal yang paling sulit untuk di make up.Tapi afternya cantik banget.. Makanya gw sempet naksir berat. Harga paket yang di tawarkan 18,5 juta new gown dan ga bisa di nego. harga fix. Tapi CS nya baik banget. Ga maksa sama sekali dan menyuruh kita untuk ketemu lagi di pameran aja. Jadi bisa dapet banyak bonus. Akhirnya gw simpen aja nama CS dan berencana bakal ketemu lagi di pameran.

Vendor ke2 yang gw datangi adalah GESTER Bridal. Kalo Gester ini cukup terkenal di forum WK. Bridal lokal tapi makeupnya bagus kata orang -orang. Gw coba liat di fb, foto2 alumnus tapi entah mengapa kok yang pada bilang bagus banget menurut gw biasa aja ya. Ga pernah denger ada yang bilang make upnya ga bagus. Padahal gw belom menemukan make up yang wah banget. Terus gw coba gown2 di Gester. Untuk gown, gw akui emang Gester bagus - bagus banget. Sempet ada 1 gown yang gw suka model halter neck gitu. Uda catet beberapa kode gown yang kita suka. Pokoknya dah naksir banget sama gown2nya. Harga disini juga uda paket termasuk foto liputan, prewed, mobil, jas, HB, cake dan undangan. Gw agak lupa harganya. Kalo ga salah sama kaya Catherine cuma dia paket lengkap. Sebenernya dari awal gw ga terlalu suka sama paketan lengkap. Soalnya kita harus ambil vendor yang belom tentu kita suka. Jadi, gw bilang tar kita dateng lagi.

Akhirnya, pameran datang..dan mulailah kita hunting2 vendor di pameran. Gw inget banget pamerannya itu tanggal 7 Mei 2010 tepat 1 tahun sebelom gw married. Karena wedding date gw itu 7 Mei 2011. Kok bisa pas banget ya.. Hehe...
Rencana, mao cari bridal dulu supaya bisa pastiin mao pake yang mana. Gester ga pernah ikut pameran, jadi kita cuma mikir mao muter - muter ke beberapa bridal dulu baru tar terakhir ke Catherine kalo emang uda yakin ga ada yang lebih baik dan murah.

Sempet ngelewatin beberapa kali JJ Bride. Cami gw tau kalo gw ini suka sama JJ Bride. Dia tanya gw mao masuk apa ga... Tapi gw bilang ga usahlah. Uda pasti mahal.. hahaha.. Akhirnya kita mulai keliling2 lagi.. Sampai akhirnya Leo liat gw mupeng banget dan gw ini orangnya penasaranan. hahaha. Akhirnya dia bilang, ya uda masuk aja dulu. Kalo mahal ya ga usah.. Hehehe.. Akhirnya kita coba masuk ke JJ Bride dengan disambut 2 orang CS yang baik hati. Meria dan Meryana. kita dijelasin beberapa paket dan info - info mengenai JJ Bride. Intinya memperkenalkan lah ya. Setelah cukup panjang dijelaskan, akhirnya sampailah kepada poin yang bikin gw penasaran daritadi, yaitu HARGA. Begitu dia sebut harga paketnya, lemeslah gw. Hilanglah harapan.. hahaha.. paket yang dia sebut itu tinggi banget.. kalo ga salah 30 jutaan. Pokoknya mahal banget. Tapi dia diskon2 ceritanya sampe akhirnya menemukan angka 20 juta.. Gw coba nego - nego sedikit akhirnya mentok di 19 juta dapet new gown ( 12,8jt) dan MUA + photografer foreign. Bonusnya 40 pose ( 20 edit + 20 no edit ). Akhirnya gw mulai semangat karena harganya mendekati harga Catherine. Terus gw langsung bukain aja sama dia bagi gw itu masih mahal karena di vendor sebelah, gw bisa mendapatkan angka 18,5 juta. So, kalo ga lebih murah gw ga mao. Akhirnya diturun2in jadilah 18 juta tapi 30 pose edit semua. Karena merasa ini uda murah, jadi tertarik dah kita. Berencana pengen ke Catherine dulu buat bandingin baru balik lagi, tapi biasa trik marketing. Kita dibilang kalo ga deal sekarang, bonus dan harga ini uda ga berlaku. Akhirnya, ampir 1 jam lebih disana.. Deal lah kita. Tapi gw minta gown yang paling rendah dulu alias 6,8. Karena setau gw di JJ ini ga bisa downgrade. akhirnya deal juga di angka 15 juta.

Ya, mungkin emang uda jodoh kali ya ama bridal ini.Ga ada yang kebetulan menurut gw. Tuhan yang uda tuntun supaya dapet bridal yang terbaik. hehehe.. Sempet gw browsing sana sini tentang JJ dan bridal-bridal lain terutama Catherine. Gw sempet bilang2 kudunya liat2 dulu, or Catherine bagus ya ininya.. kok JJ gini ya, gitu ya.. Sempet banyak ngeluh sama Leo sampai akhirnya Leo marahin gw. haahaha.. Dia bilang, kalo uda deal yakinlah sama vendor kita. Semua kan ada plus minusnya. Kalo uda deal sama JJ, jangan buka2 forum bridal lain. Ga guna tau. ga membangun. Gw pikir2 bener juga nasehat Leo. Hehehee...

Sempet gw dapet lagi issue baru, yaitu kita semua membanding - bandingkan harga paket dan bonus. Karena, dari SD gw paling suka sama pelajaran Matematika, akhirnya gw itang itung sana..kok merasa harga paket gw mahal amir ya... Ga adil neh JJ.. gw ditipu.. hahaha... Pokoknya sempet ngomel2. Saking penasarannya, gw bacain forum JJ dari home ke VIII. Padahal saat itu uda Home ke XVI. Hahaha... Kebayang kan serajin apa gw. akhirnya gw menemukan ada kesenjangan yang sangat jauh antara paket gw dengan yang lain. kasusnya itu adalah 1 capeng yang married di May 2010, berarti dia deal 1 taun lalu ya. Yang gw temukan adalah dia dapet paket mirip ama gw, tapi new gown dan harga cuma 10,8 juta. Gw pikir - pikir, walau 1 tahun bedanya, tapi kan jauh bangettt. Sempet gw kesel, akhirnya gw bawa kasus ini sama CS gw Meria. Gw sms aja "Mer, kenapa kok aku dapet paketnya mahal ya. Kenapa capeng lain bisa lebih murah dari aku.bahkan ada yang bisa dapet 10,8 doang tapi paket lengkap. Tapi ya udalah." lupa sih tepatnya smsnya apa. Pokoknya intinya gw cuma pasrah walo gw kesel. Yang gw kaget balesannya adalah "Wah, ga mungkin ci. JJ ga pernah jual paket semurah itu. Coba capengnya siapa, nanti meria cekin. biar cc tenang."

Karena issue gw ini bukan hoax dan asumsi, bahkan sudah gw kumpulkan data2 buktinya.. hahaa.. apa coba. Jadi gw sebut aja nama, dan tanggal meridnya sampe ke venuenya. Bahkan FB, ym nya juga gw punya.. wkwkkwkk...

Akhirnya ga lama kemudian, dibaleslah sms gw. " ga kok ci. Pasangan ini ga segitu harganya. Tapi dia dapet paket sekian2( gw lupa angkanya, yang pasti angkanya itu lebih dari gw ). Bahkan total paketnya sekian karena dia nambah foto lebih dari 30. jadi segini.. pokoknya total paketnya di atas 20 juta."

Gw bilang aja. "masa? ok deh, tar gw cek dolo sama pengantennya. Thanks buat infonya"

Ini ada pikiran negatif sama positif, gw yakin banget kalo harga paket 10,8 karena jelas2 di pampang di forum. bahkan detail paketnya. Akhirnya gw langsung meluncur ke YM untuk ngobrol sama pengantennya langsung. Berapa harga paket dia. Akhirnya baru gw ketahui ternyata CS gw ini ga boong. jadi ceritanya dia waktu deal itu cuma ambil paket prewed nya doang atau bridal. Gw lupa dah. Pokoknya cuma 1 doang. Makanya dapet 10,8. tapi belakangan dia berubah pikiran dan tambahin bridal atao prewednya gw lupa. Akhirnya paketnya jadi sama lagi dengan gw. Wew.. ternyata oh ternyata.. dapet pelajaran baru. hehehee.. Jangan mudah menjudge dulu, bahkan menjelek2an. Untung, kasus ini ga gw bawa ke forum. kalo ga malu dah gw karena gw yang salah. hehehe.. Untungnya lagi, gw bertanya sama CS gw dan konfirmasi sama capengnya langsung. Sehingga gw ga berdosa karena menjatuhkan bisnis orang. hehehe.. Padahal prinsip gw dari dulu, jangan pernah lakukan apa yang kita ga mao orang lain lakukan sama kita. Salah satunya menjudge. Gw juga ga mao kalo punya bisnis diginiin sama orang lain.

Akhirnya, setelah dari kejadian ini gw jadi tau itungan2 paketnya JJ. Gimana semua bonusnya itu ada itungannya. Jadi intinya emang trik marketing JJ pake harga bisa diturun2in, bonus pose, dll. Padahal itu kalo diitung2 sama aja. gw uda cek ke banyak capeng dan emang itungan gw ini bener. Seperti yang gw bilang, gw paling suka sama matematika, dan gw suka sama dagang or bisnis. Hehehhee..
Padahal kalo dulu pas dia ancem2 harga bisa berubah lagi dan bonus beda lagi, gw yakin pas gw ngotot pergi dan gw balik lagi, tetep aja. Wong, emang harganya segitu. Hahahaha... Itu trik dia orang aja. Tapi, gw yakin itu semua tetep tuntunan Tuhan kok. Kalo ga di gituin mungkin gw masih ngutak ngatik sana sini cari bridal dan belom tentu gw bisa dapet pelajaran berharga tadi plus hasil make up dan foto prewed yang sangatttt memuaskkaannn... Hehehehe.. Gw seneng ketemu sama CS gw yang baik, seneng dapet teh hijau setiap gw kesana, dan seneng saat ketemu ms.Sherina ( MUA gw) yang sangat baik.. Menurut gw service JJ itu emanggg TOPPPP..

Karena gw merasa bersalah sudah menjudge JJ dolo, makanya gw pikir gw akan membantu JJ menjelaskan kesalahpahaman ini kepada capeng2 lain. hehehe... Kasian juga kan capeng yang BETE gara2 merasa ditipu atau tidak adil, karena ini akan impact ke si capeng2 ini pas hari H. Jadi sensi, jadi memandang semua negatif akhirnya di hari H bukannya bahagia, malah ngedumel terus... Pdahal apa yang mereka dapatkan di JJ itu, sangattt bagusss... percayalahhh... hehehhee...

Emang kejelekannya itu di JJ ini harga paket awal sama duit yang lo keluarin terakhir nambahnya bisa banyyyaaakkk bangett... namanya juga orang Taiwan... hahaha.. neh agak OOT dikit, gw kalo ke Cina terus nawar barang gila2an pasti tuh penjual ngedumel2 sambil bilang neh pasti orang Taiwan.. wkwkwkkwkwk... Dia kira kita ga ngarti dia ngomong apa.

Pokoknya Taiwan itu terkenal pelit, lihay. Ya, jadi kalo mao deal sama bridal atao apapun yang berbau Taiwan, harus siap untuk mengeluarkan kocek yang banyak. karena apa yang diawal belom tentu diakhir mengeluarkan jumlah yang sama. Cuma kalo masalah kualitas, emang Taiwan ini TOP. Beda sama Cina yang tipu sana tipu sini. Kalo mereka mah masih bisa dipegang lah. Ada uang ada barang lah.

Status di JJ sekarang uda pilih gown (nambah 1 juta..huhuu.. tapi emang bagusss bangettt), prewed, pilih foto.

Yang belum :
1. Pilih aksesoris
2. Pilih gown pengapit
3. Booking MUA untuk keluarga
4. Canvas + album jadi

Uda itu aja kayaknya kalo mengenai Bridal...

Comments

  1. aku juga dulu pake JJ dan sangaaaaaaaat puas ^_^ harganya gak di"maenin" kok dan bnr2 JJ bttgjwb, aku MUanya pake yg lokal pas prewed tp trus dia resign krn mlahirkan, eh jadi diganti sm yg foreign tnpa tambahan apa2 :) semangat yaaa bt psiapan weddingnyaaa... ciayooo!

    ReplyDelete
  2. haii... Wah sama ya kita pake jj.. Enak banget free ugrade. Jarang terjadi..hehe
    nama cc Lia Tantowi bukan? Kayaknya aku pny fbnya deh..ngintip2 prewed ama foto hr H..huehehehe

    ReplyDelete
  3. @ ci lia... gra2 ci lia blg di blog ci lia klo cici fto pre wedd nya pke JJ.. ak jd search pke om google n nyasar di blog ini.. ternyata cici comment juga.. >,< btw aku melisa

    ReplyDelete
  4. hai...aku rencana merit nov'11 tp sampe skrg blom survey bridal, aku uda rencana mau pake JJ, soalnya temen2 aku dl prewednya bagus2,yg jd masalahnya, kira2 kalo aku foto bln juli, keburu ga ya? mepett bgt nihhhh , hiks...-cecile-

    ReplyDelete
  5. @cecile : hai. kamu ada YM? kita ngobrol secara personal aja.. Bisa kok.. Tapi kenapa harus juli foto prewednya? Temen aku kemaren ada yang pakenya mepet juga bisa kok. Tepat waktu.. Tapi kalo emang kamu mau, kayaknya kudu sekarang.. Nanti aku ajarin cara ngedeal ama CS JJ biar kamu ga kecewa setelah deal. Hehehe...

    ReplyDelete
  6. Hai Sinta..
    salam kenal :)
    aku juga udah deal dengan JJ Bride waktu pameran bulan Februari kemaren, aku cuma ambil paket pre-wed jatoh di harga 10,5 dengan fotografer foreign. tapi yg bikin aku nyesek di hati tuh cuma dapet 20 pose plus bonus 2 pose. Bonus lain (yg gw yakin ini sebenernya adalah paket "pasti dapet") adalah album, mini album, 2 foto kanvas besar.
    nyesel bangetttttt....sampe sekarang aku masih kepikiran seandainya waktu itu nawar sampe 40 pose seperti Sinta kira2 bakal dikasi gak ya, soalnya waktu di pameran rata2 vendor lain nawarin paket dapet 20 pose edit & all file non edit. Cuma kekurangan mereka gak dipinjamin gown, dan kalo aku pinjam gown secara terpisah bisa kena charge 1,5 - 3 jt. Setelah aku brosing sana sini, aku merasa 22 pose doank bener2 ga worthed untuk harga 10,5 juta aplg properti foto seperti payung, bunga, dll aku bawa sendiri.

    kira2 waktu pertama kali diprospek sama marketingnya, Sinta ditawarin berapa pose yah ??

    ReplyDelete
  7. @erika : hai sis. Sorry baru bales. Aku dapetnya 30 pose kok. 20 pose edit dan 10 pose non edit. Kalo JJ bonusnya beda2 kok. Ga ada standardnya. Kaya kanvas itu ukuran setiap orang beda2. Ada yang dapet ukuran 30 x 40, 40 x 50, 50 x 60 bahkan 1M. terus album juga ada ukurannya dan jenisnya. Jadi ga mungkin value setiap orang beda2. Biasa kalo dinilai duitnya sama2 aja. Emang standard dari JJ itu cuma dapet 20 pose biasanya. Itu jga yang ditawarin marketing aku. Dolo aku karena uda browsing2 dolo, jadi aku bilang ama marketing pokoknya aturin biar aku dapet 30 pose plus harga paketnya lebih murah dari Ca**rine. Hehehe. uda itu aja... jadi di atur2 di bonus lainnya deh... HTH

    ReplyDelete
  8. Hai Ci Sinta,,, aku abis dp di jj minggu lalu.. Tapi abis baca blog cici kok aku berasa paketku mahal ya? Karena harga segitu, perbedaannya lumayan jauh sama apa yg aku dpt,,, Boleh minta email cici ga? aku mau tanya2... Coz aku kok jadi overbudget di bridal,,:(

    ReplyDelete
  9. @anonymous : hai2.. Km add fb aku aja. Sheenta_susanto@yahoo.com
    aku jarang buka email soalnya.. Aku deal mei 2010... Kemungkinan kita bs beda 500 - 1 jt kudunya. Tp cb km jabarin is paket km apa. Ok?

    ReplyDelete
  10. hi sista.. aku juga pakai JJ buat bulan nov 2011 ini.. kamu org bogor juga ya? aku juga orang bogor n pesta di bogor.. waktu itu pesta di bogor jugakah? mau tanya2 waktu itu re-touchnya gmn? aku sih paketan nya juga bingung sih, kl dibandingin kamu termasuk mahal juga kali ya, secara beda setahun.
    thank you ya

    ReplyDelete
  11. hai2. Aku pestanya di Jakarta. Tapi temen aku ada tuh yang pesta di Bogor. Lebih baik kamu pastikan jemnya deh. Soalnya tmen aku sempet bentrok karena jem. Jadi dari JJ itu, MUA bisa keluar setelah jem 5 kalo ga salah. Sedangkan pestanya jem 6. Mao jem 7 juga ga akan sempet. Soalnya kan Bogor - Jakarta lumayan macet. Plus itu mefet banget. Akhirnya dia cari MUA lain buat retouch. COba kamu pastikan jem make upnya ya...

    ReplyDelete
  12. Hii all, kemaren aku udah deal juga nih sama jj bride dapetnya harga 14juta cuma foto di indoor aja trus aku pake bajunya di luar kota jd ga dapet make up pas hari H nya. Bonus sih standard lah. Setelah aku liat2 yang lain2 kok berasan paket aku mahal yaa. Minta masukannya dong. Boleh minta ym sinta ga buat nanya2 langsung. Thanks ya :)

    -Wie_

    ReplyDelete
  13. aq ga bisa et kamu sis... :( aq search ga ada...
    bisa et aq? http://www.facebook.com/profile.php?id=1503381089 (eka lydia christiana)
    thanks a lot..

    ReplyDelete
  14. Hai...sinta salam kenal,
    Kasih tau dong gmn caranya nge deal in ama jj bride biar dpt bonus banyak :)
    Bisa minta email kamu ga?

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat