Dokter .. Oh ... Dokterrr

Today gw mao cerita ttg dokter2 yg ada di Indo.. Againn...??? Sering banget rasaan gw angkat topik ini. Tapi gimana ya? Pengen sih gw demo ke presiden. Tapi kayaknya ga guna ya. Jadilah gw ngeblog aja dan brdoa sapa tao presiden ga ada kerjaan terus ngegooglingg.. Eh, ketemu dah blog gw..wkwkwk..ga mungkin banget ya.

Gw flash back dl kejadian2 pahit gw bersama dr.indo ya..
1. Nyokap gw yg di vonis usus buntu tanpa pemeriksaan minum air(apa tuh ya yg warna br). Kt temen gw yg dokter, ga mungkin lo bs tau, lo kena usus buntu ato ga tanpa minum tuh cairan. Tp sebenernya ga masalah sih ya. Walo ternyata ga usus buntu pun, emang di ambil jg ga kenapa. Kan tuh usus ga guna juga di perut kita. Kalo di luar mah, emang kudu diambil tuh usus. Nah yang jd masalah adalah, operasi usus buntu itu kan operasi kecil alias laparaskopi yang cm dibuat 3 titik dan dimasukkin alat n kamera buat ambil tuh usus.
Jadi kt sante2 aja berpikir ini operasi kecil. Bokap ma cc ke 2 gw aja plh Bogor. (fyi : rs mitra kelapa gading).
Sedangkan di rs cm ada cici gw yg paling gede, ie2 gw, gw dan Leo. Disitu kt sante2 walo tetep berdoa lah..hehe.. Sambil nunggu, gw bawain nasi babi buat cc gw. Wkwkwk.. Nah, disaat kt sante2 tiba2 lampu alarm berbunyi dan ada panggilan untuk keluarga nyokap yang artinya kita. Kaget dipanggil, larilah kt langsung ke ruang operasi.
Disitu dokter yg mengoperasi nyokap keluar sambil kedua tangannya bersimbah darah dan masih lengkap menggunakan pakaian operasi tiba2 dia bilang : ''saya menemukan benjolan di usus besar pasien. Tapi saya ga tau apa. Jadi saya minta ijin sama keluarganya untuk melakukam operasi besar di perut untuk melihat lebih jelas.blabla''

intinya kt disuruh ttd srat ijin operasi dah. Cara ngomongnya juga agak membentak2 dan menakut2in. Bayangin disitu ga ada bokap gw dan cm ada kt orang aja. Untungnya cici gw tlp papa gw. Papa gw kagetnua setengah mati. Sempet kt tlp kuku gw jg buat tanya mending gimana. Bayangkan kejadian ini terjadi sekitar 10 - 15 menit sedangkan nyokap gw masih di bius total di dalam dan perut masih berdarah2. Akhirnya, bokap gw bilang dengan tegas.'' suruh dokter ambil usus buntunya terus tutup lg perutnya. Nanti aja periksa yang laen. Plg langsung kt bawa mama ke singapore.''

Pokoknya heboh banget. Saat itu jg bokap ama cici ke 2 gw berangkat dr Bogor bawa pakaian nyokap, passpor, dollar dll. Nyetir kayak orang gila (kata cc gw).

Nah cerita ga sampe disitu, begitu kt sampaikan keinginan bokap gw, ehhh kita malah dimarahin sama dokternya. Dibentak2 dan terus ditakut2in. Intinya supaya kita menyetujui keinginan tuh dokter. Jadi kt di depan ruang operasi itu teriak2an. Untung cc gw ini cukup tegas dan galak kalo uda emosi. Akhirnya setela berdebat skitar lebih dr 10 menit, dokter kasih senjata terakhir yaiitu cc gw harus menandatangani surat penolakan yang artinya kalo terjadi apa2 sama pasien, kitalah yg bertanggungjawab dan dokter lepas tanggung jawab.. Sempet dilema lagi, sampai akhirnya kt ngotot untuk ga dibuka. Dokter nyrah dan operasi dilanjutkan..

Setelah selesai, kt ga ada yg berani kasih tau nyokap ttg kejadian ini. Tp kita semua nangis kayak orang gila. Bahkan saat di ruang operasi, nyokap kan br sadar..kt nangis tuh yang lebay gitu. Kebayang kan orang cm operasi usus buntu pas sadar kt teriak2 sambil nangis sekeluarga. Dah kaya penyakit apa aja. Nyokap jg bingung liat kt. Tapi ga ada yg cerita sama dia kenapa itu.haha

Setelah ditimbang2, akhirnya bokap ambil keputusan nyokap diopname dl bbrp hr di rs. Kalo emang uda baikan br cabut ke sing. Tapi ternyata setelah bbrp hr, nyokap seger n fit banget. Akhirnya ga jadi d dibawa ke singapore. Kt langsung plg ke hum. Disitu nyokap akhirnya tau ceritanya dan km sekeluarga amat sangat bersyukur dengan keselamatan nyokap n untung kt ga membiarkan perut nyokap di belek. Krn banyak kisah malpraktek yg kt denger kalo dr indo itu sk sembarang belek sana sini supaya dapet duit padahal mah ga kudu dan akhirnya meninggal ato komplikasi. Diskitar gw aja dah banyak banget critanya. Pas gw googling jg ternyata ratusan orang di luar sana mengalami hal yang sama. Phewww...

Setelah beberapa lama kemudian, akhirnya pergi jg bokap nyokap ke sin. Gw agak lupa critanya gmana. Yang pasti tes sana sini ga ada apa2 sama perut nyokap. Itu emang wajar kaya gitu kalo abis dioperasi dll. Pokoke intinya ga ada apa2. Parah nh dkter.

Oh ya, emang gw sempet nemenin sodara berobat ke luar dan gw liat bagaimana penanganan disana sangat berbeda sama di Indo. Mereka ga akan maen belek sebelom tes sana sini. Pokoknya ampe mereka bener2 yakin apa penyakit dan apa masalah yang perlu di atasin dengan bukti dan bukan dengan kira2, mereka br mao operasi.

2. Sodara gw yg gw anter ke Malacca. Bs dilihat crt lengkapnya di posting gw sebelom2nya.

3. Timmy keponakan gw yg juga harus dibawa ke Penang krn uda di 'coba2 sama dokternya. Bs dibaca di posting sebelom ato blog cc gw. Nanti gw edit kasih link d...hehe.. Abis neh pake hp. Agak ribet.

4. 2 temen nyokap yang sakit perut ( maag akut), tp di vonis kanker otak dan dioperasi di PIK, akhirnya meninggal.. Bayangin sakit maag jd kanker otak. Di akhir dokternya br blg eh ya salah.. Ternyata perutnya yang kenapa gittuu.. Ga ngarti dah gw crt selengkapnya.

5. Td pg gw br diceritain sama nyokap, ada temennya punya anak masih kecil.. Maen2 terus kecolok matanya pake pensil. Dibawalah ke dokter sama dia karena takut matanya kenapa2. Eh, sama dokter di kasih obat minum. Lama2 kelamaan minum, nyokapnya ngerasa kok anaknya jadi sakitnya aneh2. Tadinya ga deman, jadi demam tinggi trus, batuk, dll. Pokoknya tadinya bae2 tuh anak. Akhirnya dibawalah ke singapore sama dia. Ternyata kena radang paru2 jg kaya Timmy. Gw ga ngarti apa ini kebetulan dia kena apa gara2 obat yg dikasih dokter. Soalnya kok mirip2 gt ama keponakan gw si Timmy.

Nyokap gw blg, kt temennya dokter di indo itu dapet keuntungan 40% setiap jual obat. Makanya orang sakit apapun dikasih obat yang mahal2 dah. Biar dia cepet kaya. Makanya gw bingung kok di indo mao sakit batuk kek, pilek kek, apa aja pokoknya obatnya selalu segambreng. Sedangkan di luar obatnya murah2 n ga selalu banyak. Sodara gw yg kena tumor stadium 3c, pulang2 cm bawa obat buat seminggu. Sehari sekali minumnya. 1 macem doang.

Cici ipar Leo yang jadi doktr juga bilang, sebenernya ga semua penyakit kudu antibiotik. Dia aja kalo orang skit ga selalu kasih antibiotik. Kalo emang perlu aja. Anehnya, pasien2nya malah marah2 krn ga dikasih antibiotik. Asal tau aja ya. Antibiotik itu obat keras. Minum jg harus semua ampe abis dan itu bisa bikin tubuh kt kebal, ga ada antibodi. Jadi kalo kena penyakit susah sembuhnya. Kalo bukan karena virus or bakteri yang emamg ga bs disembuhin pake obat biasa br blh minum antibiotik. Antibiotik itu kan mahal, dan sekali minum banyak. Makanya doktr itu suka kasih kt antibiotik.soalnya untungnya gede. Makanya bewareeee yaa!!!

Comments

  1. Maksudnya kalo kebanyakan minum antibiotik, nanti kuman2 yg masuk ke tubuh kita jadi resisten(kebal) sama antibiotik. giliran nanti pas butuh antibiotik beneran, udah ga mempan tuh antibiotik buat matiin kuman.

    Pan gawat jadinya, musti pake antibiotik yg lebih keras- lebih keras dan akhirnya kalo sampe semua antibiotik udah resistan sama kuman gawat. ga ada cara buat matiin kumannya.

    Selain itu kuman ecek2 aja selalu pake antibiotik, jadi tubuh ga dilatih berperang sendiri. Akhirnya memble tuh antibodina.
    ibarat kaya orang yg ga pernah kerja dan berperang, kan memble. bener ga?

    ReplyDelete
  2. ya ni.. Betull itu... Makanya kenapa kalo sakit kalian cepet sembuh. Wong dikasih antibiotik.. Lama2 bs keracunan antibiotik kt. Hehe.. Karena itu cuma sembuh sementara doang. Tanpa diobati penyakit sesungguhnnya.

    ReplyDelete
  3. Aku jg pernah lihat sendiri dirumah sakit yg sama.ceritanya saudaraku dirawat disana dikelas 3.nah disebelahnya ada pasien yg udah 3 hari sama sekali belum divisit sama dokternya.ckckck padahal dirs.pemerintah sj minimal dokter visit 2x sehari meskipun bukan dokter yg sama.alesannya dokter bagiannya lg libur dan sempet ada tanggal merah 1 hari.jd tuh pasien cuma dicheck sama suster dan check dilabotorium doang.nah pas tuh pasien mau pulang aja (padahal mau pindah rs ) disuruh bikin surat pernyataan yg isinya sama kayak diatas dan pake drama ditakut takutin jg katanya nanti bisa ini itulah ,ketauan banget mau ditahan lama lama.lah dirs jg ngga diapa apain.aku lupa penyakit apa tp kayaknya jg bukan penyakit parah banget yg pulangnya mesti pake kursi roda dan sewa ambulan segala.soalnya waktu dirawat jg bisa ke kamar mandi sendiri kok tanpa dibantuin

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat