Sodara sakit, temenin ke Malay deh

Sebenarnya gw ingin menceritakan secara detail setiap gw abis jalan - jalan ke suatu tempat. Tapi kalo uda lewat rasanya agak malas dan uda lupa - lupa inget. hehe...
Ini, mungkin yang terbaru aja. Tepatnya bulan Juni kemaren kalo ga salah. Setelah kejadian gw gagal mao lasik di bulan Mei. Ternyata di bulan juni ada berita bahwa sepupu gw sakit. Sakitnya itu belom tau apa yang pasti gejalanya itu paru - paru masuk air. Alhasil nafas itu harus menggunakan oksigen.

Sebenernya gejala - gejala itu uda dateng dari beberapa bulan sebelomnya. Kan sodara gw ini tinggal di daerah(Jambi), jadi kalo sakit itu emang agak - agak ribet pengobatannya. Bokap gw sih dari awal uda suruh dia untuk pengobatan ke Malaka. Tapi dia bandel dan bilang ga ada apa - apa. Dia ngotot masuk RS di Bogor aja. Jadi kan HB nya turun terus leukosit nya juga kalo ga salah. Jadi dia minta dokter tambah darah buat dia. Malah dia yang jadi dokternya. Setelah ditambah darah, dia pulang lagi ke daerah and beberapa minggu kemudian kita denger dia masuk RS lagi di Jambi. uda sesak dan ga bisa nafas. Ternyata paru - paru masuk air. Mao ke Jakarta juga uda ga bisa dan ga di recommend sama dokter. Akhirnya dia dirawat di rs terus pake ambulance, ttd surat lepas tanggung jawab dari rs terus terbang ke jakarta. Pada masa - masa ini, sempet juga ada kejadian ketingggalan pesawat karena kesalahan RS. Akhirnya nunggu lagi untuk bisa dapet pesawat berikutnya. Untung bisa.

Begitu sampe Jakarta, sepupu gw ini langsung dilarikan ke RS Siloam Kebun Jeruk. ( Disini dia masih ngotot ga mao ke Malaka ).. Kita uda peringatin kalo di Indo, duit pasti di keruk banyak dah gitu prosesnya lama dan benerlah kejadiannya emang seperti itu. setelah 2 minggu dirawat disitu, uang uda abis hampir 100 juta tanpa ada hasil apa - apa. Hanya kemungkinan - kemungkinan dan sangat lambatttt.... akhirnya setelah divonis kanker getah bening sama dokter, barulah dia mao ke Malaysia. Akhirnya bonyok memutuskan gw menemani sepupu gw dan istrinya ini untuk pengobat ke Malaka.
Abis kasian jg sih, Mereka kan orang daerah ga pernah ke luar negeri. Suaminya pernah tapi kan suaminya itu pesakitnya.. Jadi ga mungkin dia yang ngurus. Kebetulan gw uda beberapa kali ke Malay dan pernah 1 kali ke Malaka. Jadi mungkin bisa jadi penunjuk jalan.. hehe

Akhirnya berangkatlah kita di siang hari dengan pesawat air asia. Mereka gw suruh nunggu di mobil, dan gw urus administrasi dll.. Pas mao berangkat baru gw panggil mereka. Ceritanya supaya dia pake oksigen dulu di mobil. Sesampainya gw di counter check-in, ternyata gw baru tau bahwa tidak boleh bawa oksigen ke pesawat dan pesawat tidak menyediakan oksigen. OMG. Ternyata petugasnya menjelaskan bahwa pesawat air asia ini memang bukan untuk orang sakit. Bahkan oksigen kecil yang kayak botol whip cream itu aja tetep ga boleh. So, laen kali kalo kalian tujuannya mao berobat ke luar negeri and butuh oksigen, jangan naik air asia.

Setelah gw beritau sama sodara gw ini. Dia bilang dia menyanggupi untuk ga pake oksigen. Pesawat kita itu jem 14.00, terus kita masuk 12.30. Perjalanan sekitar 2 jam, terus sesampainya di KL kita masih harus naik taksi ke Malaka sekitar 2 jem juga. Jadi total ga pake oksigen itu sekitar 6 - 7 jam. haduh dag dig dug juga kan..
Akhirnya kita masuklah ke pesawat. Di perjalanan, gw terus berdoa supaya Tuhan kasih oksigen sama sepupu gw ini. Sesampainya di KL, sodara gw ini nangis dan bersyukur dia masih hidup. Terus kita cepet2 cari taksi dan menuju Melaka.

Aneh bin ajaib, disitu sodara gw bener - bener sehat bahkan bisa bercanda dengan om2 yang ikut taksi kita(kebetulan dia mao ke Melaka juga). Sesampainya di RS bahkan kita sempet makan dulu dan check in penginapan. Sesampainya di UGD, ditanganin sama suster baru disitu dia bilang dia merasa sesak dan lemes.. Gw percaya, di perjalanan itu Tuhan yang kasih nafas sama kekuatan buat dia. Thanks Jesus.

Yang gw kagum dengan penanganan disana ( yang membedakan dengan di Indo)..
1. Kita sampai situ jem 9 malem. Disana, dokter cuma buka klinik sampe jem 5 sore dan kunjungan itu pagi. Jadi setelah jam 5 sore, dokter itu uda pulang. Tapi karena om gw pernah pengobatan disana dan dapet no HP dokternya, jadi dia teleponlah dokter, dan dokternya itu baik banget. Dia bilang kalo uda sampe telepon aja, dia akan dateng. Bener juga, setelah ditelepon ga lama dokter dateng. Dokternya itu orang India.. Namanya dr. Balbir Singh. Dia pincang, jadi jalannya juga uda tertatih2. Sempet agak meragukan, tapi ternyata dia baik banget. Dokternya ini bisa berbagai bahasa. Bahasa indo, inggris, bahkan bahasa hok kian dia bisa.. ckckkck..

2. Setelah ditanganin, kasih oksigen, dll kita ga langsung ditagihin duit. Ditanganin dulu, baru setelah agak lama baru gw keluar untuk daftar. Disitu baru diminta 1 juta untuk pembayaran awal. Sampai akhir juga ga pernah dimintain duit. sampai uda mau pulang baru di mintain duit. Pokoknya ga money oriented banget deh.

3. Kamarnya itu murah. Dia cuma ada 2 kelas. Kelas yang VIP alias 1 orang ato kelas biasa yang isinya 1 kamar 4 orang. Karena kita cari yang murah, ya kita ambil yang 4 orang cuma 70 Rm semalem (210 rebu). Gw pikir pasti kamarnya sama kaya di Indo. Ternyata begitu sampai. wew, kamarnya luas banget, bersih, bahkan kamar mandinya kayak hotel berbintang.haha..
Selain itu, yang nemenin juga boleh tidur di situ. Kita bisa sewa kursi lipet dengan harga 10 RM semalem ( kalo ga salah ).

4. Ga ada jem besuk juga. ga kaya di Indo yang selalu diusir2..hehee... kita bisa disana seharian. Tapi karena banyakan pasiennya berasal dari luar kota ato luar negeri, jadi emang jarang yang besuk juga sih ya. Ga kayak di Indo. Kalo kita sakit, yang dateng segambreng ( hahaha )

5. Di RSnya itu, dibagi2. Tiap lantai dibagi jadi beberapa wardrobe. Setiap wardrobe nya itu berisi beberapa kamar. Ga banyak sih. Paling cuma 10 - 12 kamar lah. Ga ngitung juga sih. 1 kamar isi 1 ato 4 kasur. Terus mereka itu kayak ada persaingan antar wardrobe. Ditulis nama suster -susternya di papan dan akan dikasih bintang untuk setiap pasien yang puas dengan suster yang menjaganya. Jadi sistemnya 1 pasien ada 1 mentor suster yang concern ma dia. Ganti - ganti sih karena kan ganti shift.
Jadi ada yang bintangnya banyak ada yang ga ada bintang sama sekali. Makanya mereka ramah banget and cekatan.

6. Oh ya, waktu sampe di UGD, kan dokternya minta obat - obat yang selama ini dikasih. Dokternya itu kaget loh kok ga ada obat sama sekali yang dikasih. Pas ditunjukkin sama sodara gw, kata dokternya itu mah vitamin. Harga 1 vitaminnya itu 1,5 juta. Sodara gw ini uda dikasih 7 biji waktu di Indo. Kta dr Balbir, itu mah ga ada gunanya. Kudunya dikasih obat buat paru - parunya ini. Gitu. Terus hasil rontgen, MRI dll juga beda. Mereka ga ngerti jadi kudu scan ulang.. Jadi yang mao ke Melaka, mending jangan lakukan cek2 seperti itu dulu di Indo. LAngsung aja disana. Jauh lebih murah juga.

7. Sodara gw ini ditanganin sangat cepat. gw disana cuma seminggu. dalam seminggu, sodara gw uda dibiopsi. air dari paru - paru uda dikeluarin plus ga perlu masuk ICU. Di Jakarta dia masuk ICU sekitar seminggu ( ICU itu kan mahall bnerrr)...
Ternyata memang kanker getah bening stadium 3c.. Tapi keadaannya dibanding waktu baru dateng itu uda beda banget. Sangat sehat. waktu di Jakarta kan sodara gw ini masuk RS, pas gw sama cc gw tengokin, ampun deh ngeliat keadaannya itu sedih banget. Kayaknya uda kritis banget. ngomong susah, badan getar2, nafas sesak.. Pokoknya sedih dah. Tapi di Melaka, baru 1 hari aja uda ngomong biasa nafas uda lega dan uda ga lemes.

8. Sesampainya di Indo.... Sodara gw ini di Melaka kemaren sekitar 1 bulan. Jadi ceritanya kudu di kemo 3 minggu sekali. tapi ga mahal juga sih kemonya. Katanya harus kemo sekitar 6 kalian. nah dia abis di rawat 2 minggu, dia nginep disana selama 3 minggu lagi untuk kemo ke 2 kalinya. Total pengeluaran dia 1 bulan lebih 1 minggu sama 2 minggu di Jakarta itu hampir sama. Uda gitu, pas pulang juga ternyata obat yang dikasih ga segambreng seperti di Indo. Obatnya cuma buat diminum selama 5 hari. Abis itu ga perlu minum obat lagi. Kalo di Indo, kita dikasih obat yang paling mahal dan segambreng. Uda gitu, obat - obat itu kalo diminum terlalu banyak bisa berakibat ke ginjal. welehh

Ya itu beberapa progress yang dialami sih.. Over all, di Melaka tempatnya enak, makanannya murah, makanannya enak, mall nya juga banyak. Tinggal jalan kaki ke mana2. Selain itu penginapan juga murah - murah and deket sama RS juga. Pokoknya recommended lah.

Tapi kemaren sempet denger juga Malaysia sama Indo lagi tegang. Rakyat Indonesia minta memutuskan hubungan diplomatis dengan Malay.. Huhuhu..sedih banget dengernya. KArena sodara gw ini masih kudu pergi sekitar 2 - 3 kali lagi ke malay buat kemo menyelesaikan pengobatannya ini. Kalo ampe putus. Gimana nasib dia?? ya, tapi gw terus berdoa biar dia sembuh dan Tuhan yang turut campur tangan. Aminnnn

Comments

  1. haiii salam kenal yah , thx for sharing info nya , btw aku dah sering dgr crt ttg RS Mahkota ini semoga sharingnya berguna buat org2 yg perlu berobat kesna yah !
    iya smg hub diplomatik RI- Malay ga terganggu

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat