Jalan - Jalan ke Pulau Tidung

Gw mao cerita tentang perjalanan gw ke pulau Tidung kemaren ini..hehe.. Liburan lebaran ceritanya. Sebenernya ini acara Alun( cc gw ) sama temennya. Tapi sebenernya si Alun sendiri ga kenal sama semua rombongan yang bakal pergi. katanya ada 20an. Gw pikir - pikir daripada ga ada kerjaan, jadi gw ikut aja dah..hehehe..
Total yang pergi ada 21 orang, 4 cowo dan 17 cewe ( kebayang dah itu rombongan berisiknya kaya apa..XP)

Kita kumpul dari Bogor pkl 04.00 subuh di tanggal 13 september kemaren. Sampe sana, uda ada minibus yang menunggu. Itu bus di import langsung dari Jakarta..haha. Gw sama Alun sampe sekitar 04.15, uda cukup rame dalam bus dan akhirnya kita berangkat sekitar pukul 04.25 dari Damri Bogor. Sampe di Muara Angke, kira - kira 05.20 lah.Jalanan masih sepi banget, secara subuh - subuh kita jalan plus lagi pada libur lebaran juga kali ya. Sampe di Pelabuhan, kita masih nunggu tour guidenya sekitar 30 menit lebih. Ada 2 temen yang langsung ketemu di sana juga. Kayaknya asli orang Jakarta mereka.

Sekitar pk 06.00 kita masuk dalam kapal yang terdiri dari 2 lantai. Kapalnya kecil sih, ga keren lah. Cuma ada tempat buat duduk di lantai pake terpal gitu dan kalo berdiri harus agak bongkok. Kita ambil tempat di lantai 2. 1 group kita aja uda ampir penuh di atas. Kapal bakal jalan kalo total penumpang minimal 70 orang. Karena saat kita naik sepertinya belom 70 orang, jadi kita sempet nunggu agak lama. Akhirnya gw sama Alun beli pop mie plus kacang pilus dolo deh.. Hehe.. Di pinggir kapal, tepatnya di pelabuhan banyak warung - warung yang jualan indomie. Jadi kita teriak aja deh dari dalam kapal buat pesen popmie. Harga Popmie 6rebu 1 cup. Gw kaga tao sih di pasaran berapa, tapi kacangnya 1 bungkus 500, jadi gw anggep ga mahal - mahal amat kali ya..hahha..

Sekitar pk 06.44 kita jalan menuju pulau Tidung. Perjalanan cukup mulus, ga ada ombak sepertinya. Karena sempet parno dulu waktu di Bali ombaknya gede banget dan gw sempet ampir muntah.. Jadi sebelom naek kapal gw minum antimo.. Sekalian biar bisa tidur juga maksdnya..hehehe. Perjalanan memakan waktu +/- 3 jam. Kapalnya agak pelan emang jalannya.. Kita semua ngampar tertidur di kapal.. Bner2 tiduran di lantai kapal.. Pules semuanya. Tapi ada juga yang berdiri di sisi - sisi kapal sih buat liat pemandangan.

Setelah 3 jam, akhirnya sampailah kita semua di pulau Tidung. Kita berangkat ikut tour. Jadi harga paketnya 320 rebu 2 hari 1 malem dapet 3x makan, 1x bbq, snorkling + kapalnya, transport angke - Tidung PP, Sepeda sepuasnya selama disana, dan penginapan AC. Untuk sewa minibus Jakarta - Bogor PP, kita harus tambah 90rebu per orang...

Karena kita berangkat ga pas lebaran, yang katanya ramenya minta ampun jadi ga terlalu ramelah sesampai disana. Walau ada banyak orang juga yang kita liat. Tempatnya sederhana, ga kayak pelabuhan dah.. Terus pemandangan yang terlihat air yang sangat jernih di pinggiran pulau, tapi sayangnya sampahnya juga banyak banget. Sayang banget ya. Padahal ini kan salah satu aset negara kita. Selain itu, pemandangan yang kita liat juga hanya rumah - rumah penduduk yang cukup padat. Diluar dugaan banget, karena gw pikir gw akan melihat banyak cottage seperti di Anyer. Ternyata hanya sebuah pulau yang isinya rumah - rumah penduduk yang cukup rapat. Ga ada jalan raya. Hanya ada jalan 2 jalur motor. Disana juga kita ga akan menemukan mobil. Hanya ada sepeda dan motor.

Ini dia sekilas foto2nya :

Foto ini ga semua personilnya lengkap.. hanya sebagian saja...

Ini sekilas gambar di pulau Tidung..

Sesampainya di sana kita langsung jalan kaki menuju rumah yang kita sewa. Rumahnya lumayan bersih lah. Walo jauh dari kata mewah..hahhaa. Rumahnya itu disebelah rumah pemilik dari rumah ini. Pemiliknya punya warung serba ada. Jadi kalo mao beli apa - apa, tinggal ke sebelah aja. Selain itu, keuntungannya juga rumahnya aman, karena dijaga langsung sama pemiliknya. So far menurut gw, tempatnya cukup aman ya. Pulaunya juga cukup aman. Orang - orangnya ramah - ramah. Abang - abangnya juga ga suka suit2in cewe2. Jadi gw cukup suka dengan penduduk sini.
Di dalam rumahnya itu terdiri dari 2 kamar tidur yang ternyata ga ada ACnya. Tapi ada sebuah ruang tamu yang cukup besar dan pemiliknya menyediakan banyak kasur disana serta dilengkapi AC di ruang tamu itu. Ga terlalu dingin sih, secara ruang tamunya cukup besar ACnya cuma 1 bh yang sepertinya hanya setengah PK. Tapi lumayan lah buat ngadem. Karena cewe2 lebih banyak, jadi yang tidur di ruang tamu itu cewe - cewe dan cowo2 itu tidur di kamar.

Sampai di pulau Tidung sekitar pk 10.00 pagi. Sesampainya, banyak yang kelaperan. Jadi langsung deh makan siang dihabek semua. Untungnya makan siang uda disiapin..hehe..Tau aja pemiliknya kalo kita pada kelaperan. Makanannya sih sederhana. Nasi, ayam balado, sop ayam, sama sambel kentang n kerupuk ga ketinggalan. Lumayan lah untuk hari pertama. Setelah selesai makan, kita langsung bersiap2 buat bersepeda menuju jembatan cinta. Katanya kalo ke pulau Tidung, berarti harus ke jembatan cinta. Jembatan ini katanya buat cari jodoh. Tapi kalo gw sih buat liat pemandangan aja dah ya..hahhaa.. lumayan jauh juga pake sepeda plus itu kita jalan siang bolong, panasnya ajubile... Tapi saking semangatnya, panas juga di lawan. Sesampai di jembatan cinta, kita sempet foto - foto, terus jalan menulusuri pulau tapi ga boleh naek sepeda. Jadi kita jalan kaki. Sepeda di parkir di depan deh. Lumayan pegel plus aus juga.. Akhirnya beres jalan - jalan, kita mampir di warung indomie baso. Itu baru jem 12.30. Jadi bisa dibilang tiap 3 jem sekali gw makan..hahaa.. Indomie baso telor harga 10rebu. Basonya baso tepung. Kurang enak dimakan..hehe..

Setelah kembali ke penginapan untuk parkir sepeda, kita siap2 ma snorkling. Jadi pk 13.40 kita berangkat menggunakan kapal kecil untuk menuju ke tengah laut. perjalanan menuju tengah laut sekitar 1 jam. Jadi agak ngantuk juga nunggunya.. Sesampainya di tengah laut, kita langsung nyemplung aja deh terus ngintip2 dasar laut yang banyak terumbu karang and ikan - ikan kecil. Tapi sayangnya pemandangannya ga gitu bagus. Jauh kalo di bandingin snorkling di Bali. Bali ombaknya gede and dasarnya bagus. Kalo disini, ga ada ombak plus pemandangannya biasa aja. Tapi lumayan lah buat maen air.Setelah puas maen snorkling, kita di ajak ke pulau kecil buat poto2. Tapi karena saking capenya, gw jadi agak males foto - foto. Jadi emang sedikit foto2 kita disana.

Setelah selesai, kita pulang kembali menuju rumah. Sekitar pukul 17.00 sore. Sekedar info aja, di rumah itu hanya ada 2 WC. Padahal kita ada 21 orang + 1 orang guide. Jadi kebayang lah ngantri WCnya seperti apa. Tapi untungnya gw dapet agak awal karena sampe duluan. Apesnya lagi, ternyata airnya itu pake tong2 orange diatas, alias ditampung dulu. Jadi kalo airnya dipake terus, bisa abis juga. Jadi air dikeran ga ngalir. Ada beberapa orang yang ga kebagian mandi karena keabisan air. Akhirnya mereka ngungsi ke rumah tetangga buat numpang mandi. sambil ngantri kita menyantap makan malam yang uda disediain dengan menu nasi, cah toge, sambal teri kacang, telor dadar n kerupuk udang. Masih enakan makan siang tadi sih. Tapi lumayan lah dari pada ga ada.

Selesai kita makan and mandi, sore sekitar pukul 19.00 kita kembali bersepeda mengelilingi pulau. Gelap jalan - jalannya dan emang ini pulau, pulau kecil dan ga ada apa - apa. Jadi setelah kll, akhirnya kta pulang juga ke rumah dan beristirahat.

Akhirnya sekitar pk 21.00, acara bbq dimulai. Sebenernya, harusnya kt bbq di deket pantai, tapi karena tempatnya rame akhirnya kt bbqan di depan rumah. Ada mas2 yang ngebakarin. Kayaknya dah pada ahli gitu. Kita cuma ngeliatin and nunggu mateng aja. Dia bakar ikan ela ( lumayan enak neh ikan ) 3 ekor, ayam sekitar 10 ekor kali ya, udang ( udangnya lembek dan ancur, sepertinya uda lama), sama jagung bakar 2 bh (bonus aja katanya).
Dibakar cuma diolesin mentega tapi enak hasilnya plus dikasih kecap manis campur cabe rawit dipotong2 dan ada saus sambal tomat juga dikasih. Semua makanan dilahap sama kita semua dan setelah kekenyangan pada pules tidur.

Subuh - subuh jam 04.00, pada bangun lagi untuk liat sunrise katanya di jembatan cinta. Tapi karena gw paling males liat gitu2an and ngantuk pula jadi gw kaga ikut dan memilih tidur..hehehe...

Gw bangun jem 06.00 pagi dan mulai pada mengantri mandi. Tapi karena takut keabisan air lagi, akhirnya gw ga mandi cuma gosok gigi sama cuci muka aja, walau ada sebagian yang tetep mandi plus keramas juga (biasa wece2 sejati ga seperti gw..hehe)

Seperti biasa, sambil mandi and siap - siap untuk pulang, kita sarapan dulu. Sang pemilik menyediakan nasi uduk, semur kentang, telor rendang dan kerupuk. Ini makanan paling enak menurut gw dari yang kemaren - kemaren..

Pk 07.00, kita siap - siap buat pulang menuju kapan yang akan mengantarkan kita semua ke Angke lagi. Sampai disana, sempet nunggu sekitar 30 menit, dan akhirnya ada kapal juga yang mao berangkat. Langsung aja kita masuk ke kapal dan mencari tempatkosong. Kali ini, kita ga kebagian di atas karena uda penuh. Jadi kita memilih untuk duduk di belakang kapal bagian bawah. Pas 1 ruangan diisi rombongan kita semua. Tapi ternyata kapal ga jalan - jalan sampai sekitar 1,5 jem nunggu. Katanya belom 70 orang, jadi dia ga mao jalan. pk 09.00 akhirnya berangkat juga kapal ini dan membawa kita kembali ke Angke. Oh ya, untuk naek kapal ke P Tidung ini, masing - masing orang membayar 40rebu. Tapi karena uda paket, kita ga perlu bayar lagi.

Itulah sekilas perjalanan gw ke Pulau Tidung. Lumayan lah buat seru - seruan, walo disuru 2 kali ke sono ogah sih gw. Cukup 1x aja.hehehe...

see u @next trip...

1. wakakkaka... hampir sama dengan pulau seribu yg dulu gua kunjungin juga. kalo ga salah nama pulaunya untung jawa. Di sana ada speda an, trus banyak pohon2 besar yang dibawhnya banyak yg sewain tiker. jadi bisa piknikan. Trus banyak warung2 tenda yang jual seafood bakar. murah2 dan seafoodnya seger2. ada kolam renang juga, ada dermaga gitu banyak yang mancing. ada sederetan kios2 yang jual oleh2, kaya baju, kerang2an, pajangan, tirai kerang,dll, Tapi ya sama. ga ada hotel. kalo mo nginep di rumah2 penduduk. Kalo gua waktu itu pulang hari.

2. Thank u bt informasinya tadinya gw pengen kesitu jd mikir lagi ah.

3. @mami odi : ya, kalo mao pulang pergi aja. Ga usah nginep.. Buat foto2 lumayan lah...hehe

4. @aini ; kayaknya ke pulau seribu lebih seru ya... Dia soalnya dah lama sih ya. Jadinya uda lebih maju n rame. Kalo pulau tidung kan pulau paling baru. Jadi masih belum terlalu jadi pusat wisata..