Kuruss..kuruss..kuruss

Waktu gue hamil dulu, total kenaikan berat badan gue 24 kg. Segitu gue ngelahirin pas 34 minggu alias 8 bulan. Gimana kalo ternyata ngelahirinnya itu 9 bulan 10 hari ya.. Naek berapa kilo gue.
Setelah ngelahirin turun 10 Kg dan karena Jojo prematur dan kudu nginep di RS 2 minggu, jadilah gue harus bolak balik RS setiap hari untuk nganter ASI. 1 bulan pertama gue ga ada prt, suami kerja dari pagi hingga malam - malam sekali, untunglah ada nyokap yang bantuin gue. Cuma ya kalo malem, gue bertarung sendiri. Secara nyokap kan bobo ya. :D

Tiap hari 2 jam sekali pompa, kasih susu, pok2in, ganti diapers kalo pup (nb pup 8x sehari bukan?), mandiin x 2 anak. Belom cuci botol and pompa juga. Jadilah 1 bulan gue turun 12 kg. utang 2 kilo. Akhirnya kedatangan prt cuma dia bantu bersih2 aja + bantu kasih susu buat si Jojo. Nyokap mulai kembali ke toko tiap pagi ampe sore. Makan aja baru sempet jam 3 sore keseringan. Asi yang gue hasilkan 1 hari bisa 1 - 2L. jadilah dalam 3 bulan berikutnya gue turun 4 kg. So, abis ngelahirin gue malah lebih kurus daripada sebelom hamil. Bonus 2 kg.

7 bulan gue kasih full ASIP buat Jojo, dan akhirnya gue campur juga karena PRT gue resign dan ga ada penggantinya. Masalahnya umur segitu, si Jojo uda mulai merayap ke sana ke sini. Ga bisa gue tinggal sering2. Jadilah gue mompa hanya 6 jam sekali. Alhasil ASI pun berkurang banyak. 1 bulan kemudian gue kedatangan seorang babysitter dan semakin tenanglah hidup gue. Makan dan tidurpun mulai cukup. Jojo gue latih dari umu 2 bulan buat tidur dari malem ampe pagi. Akhirnya di usia dia 3 bulan, dia bisa tidur dari malem ampe pagi. Lumayan kan.

Ternyata di usia Jojo 11 bulan, si bs berenti karena mao merid dan akhirnya gue memutuskan buat berenti asi juga. Uda tau kan usia 11 bulanan itu anak ga bisa diemnya kaya apa. Lebih tidak memungkinkan di tinggal - tinggal. Apalagi uda mulai makan, jadi kudu masak + nyuapin dst2 yang menyita banyak waktu. Kayaknya ga mungkin sanggup kalo masih harus rutin ngurus ASIP.

Beberapa minggu kemudian, si sus berhasil nyari pengganti dan datanglah si Fitri. ASI uda berenti dan makanpun tetap porsi kuli. Akhirnya naiklah berat gue 6 KG..
Jadi yang tadinya bonus 2 kg, malah jadi utang 4 KG lagi sodara2.

Nah, gue ini tipe orang yang paling susah diet. Gimana ya? seumur hidup gue berhasil diet itu cm pernah 1x. Karena saat itu berbarengan dengan gue lagi patah hati (saahh) + gagal sidang (memalukan)..
Asli loh itu dalam 1 bulan gue turun 10 kg. Liat makanan juga ga nafsu sama sekali selama 1 bulan itu.

Gue ini orangnya cuek amat sangat. Ada yang bilang kalo istri full time di rumah sama kerja itu punya 1 perbedaan. Katanya kalo yang kerja itu masih memperhatikan penampilan. At least dandan or jaga badan kali ya. Kalo yang di rumah biasanya amburadul dan kucel. Tapi setelah gue inget2, dari jaman gue kecil ampe kerja ampe sekarang merid, ga ada yang berbeda dari hidup gue. Malah temen kul gue bilang sekarang gue jauh lebih mending daripada kuliah. Padahal sekarang kucelnya kayak sayur asin. Berarti waktu kuliah gue ancur banget ya. huehueuheue... Ini yang ngomong cowo masalahnya.

Gue inget waktu kuliah, gue selalu memakai kaos oblong, celana jeans yang cuma punya 2 apa 3 biji jadi gonta ganti tiap ari, sama tas ransel and tidak lupa sepatu sendal gunung or sepatu kets. Rambut awut2an palingan juga gue kuncir kuda (paling rapihnya). Sedangkan waktu kerja, gue ini paling males disuruh belanja baju. Gue lebih rela duit gue abis buat makan enak daripada beli baju bagus ( ini alasan gue gemuk kali ya..wkwk). Jadi jaman dulu nyokap gue suka ajak gue belanja ke mangdu 1 taun sekali dan belanja bisa berjuta2 cuma buat gue. Soalnya gue ga akan beli baju ampe taon depannya pasti.. Paling males kalo di ajak belanja baju. wkwk..

Nah pas kerja itu, gue kan orangnya males ribet ya. Jadi waktu belanja kemeja, gue liat ada yang cocok, langsung aja gue beli setengah losin dengan warna yang berbeda tapi model sama. Padahal saat itu gue ga gemuk2 amat rasaan. hueuheu.. Baju masih muat kalo ga M ya L. Jadilah tiap kerja gue pake kemeja dengan model ampir sama tiap ari dengan warna berbeda. Ada juga sih beberapa kemeja model lain yang tidak seberapa itu. Namanya kerja tiap ari kan pasti ada yang ngeh juga dong. Secara gue belanja itu 1 taon sekali.. hihi..

Padahal dulu gue kerja di daerah Sudirman, yang tau sendiri lah ya busana kerjanya itu macam apa. Temen - temen gue ada yang pake dress, stocking, dan seandainya kemeja pun ada model2nya gitu. Tidak lupa make up yang lengkap pula ( ga semua sih  ).

Jarang lah yang pake baju cuma kemeja dan celana panjang. Nah gue ini selalu pake kemeja dan celana panjang dengan beberapa warna sih. huehuehue...

Sampai suatu hari manager gue ngeh juga dan nanya ama gue " rasaan baju lo modelnya sama semua ya cuma beda warna. lo beli selosin ya? " hahaha.. Gue jawab aja " kaga, setengah losin doang.."
hiihihi

Terus, gue kalo berangkat kerja itu ya cma mandi langsung cabut. Kaga ada pake dandan2an. Bedak aja ga pernah pake. Di kantor pun sepatu2 high heels cuma gue masukin laci. Jadi di kantor gue pake sendal jepit tiap ari. Kalo ada training or kudu ke klien baru dah keluar itu sepatu.. hihi... Jadi asli penampakan gue ancur sekali kalo gue inget2.. Sampai suatu hari manager gue pernah ngomong lagi " lo tiap ari kerja kaga mandi ya? tampang lo kucel amat sih".. wkwkwk...

Nah apakah itu membuat gue berubah? ternyata si manager uda suka cuap2in gue pun tetep tidak merubah gue. Manager gue ini cowo loh masalahnya. Cowo muda. wkwkw
Temen gue aja ada yang dikatain gemuk sama temen cowonya ampe ada yang langsung bayar PT (personal trainer) di Gym. haha

Nah gue kaga mempan dikata2in. Uda kebal alias muka tembok. Makanya gue setiap merenung and curhat ama laki gue, gue selalu bilang gimana ya supaya gue termotivasi buat kurus. Laki gue ini juga orangnya cuek. Bukan tipe romantis yang suka memuja2 istrinya kek sinetron. Kita suka ledek2an sekalipun uda merid. Nah jadi kalo laki gue ngatain gue lebar or apapun ga mempan juga buat gue. Asli loh, gue menjadikan ini pergumulan yang cukup lama. Duh nyari motivasinya itu yang susah..

Sampai suatu harii....

Pas gue lagi iseng - iseng cek FB, gue liat ada foto yang di post sama temen gue. Jadi foto kawinan temen gue gitu. Nah yang kena mata gue itu bukan yang merid. Tapi salah 1 temen smu gue yang jadi tamu dan foto bareng2 gitu. Eh dia kurusan amat ya. Padahal dulunya juga emang kurus sih. Cuma ga sekurus itu. Terakhir gue ketemu agak montok dikit. Akhirnya gue bbm deh iseng tanya2 sama dia. Eh kok u jadi kurus amat sekarang. Ternyata bener dia turun 5 kilo dari terakhir gue ketemu.

eh ya, sebelom gue ceritain tentang temen gue, salah 1 alasan gue mikir 1000x buat diet adalah karena kebanyakan diet itu menyiksa diri dengan ga makan ini itu. Kek contoh temen gue ada yang turun dalam 3 minggu sebanyak 8 kg. Caranya ga pernah makan nasi, cuma makan rebus2an macem sayur dan buah. Duh, gue kek gitu sih ya bisa sih gue tahan 1 bulan mungkin. Tapi pasti ada 1 titik gue ga kuat dan akhirnya gue makan kayak monster (lebay) karena gue merasa kasihan dengan diri sendiri. Atau ada juga cara minum suplemen pengganti or susu diet or apalah yang biasa di jual2. Caranya makan cuma 1x sehari sisanya minum itu susu and suplemen. Katanya uda mengenyangkan. Duh, gue pernah kek gitu. Gagal pada akhirnya. susah dah kalo yang kek gitu. Kan ada saatnya kita lagi nginep2 di mana or lagi ada acara apa yang isinya makan2, akhirnya makannya pelepasan dah. Mana harganya selangit pula kan ya?

Uda gitu kalo masalah olahraga, kalo ngegym gue ga mungkin bisa. Secara sekarang uda ga ada prt, jadi ga bisa ninggalin anak2 di rumah sendirian kan? uda gitu harganya juga selangit booww.. Kebanyakan juga tempatnya di mal2 dan mana tahann abis olahraga abis2an kita kudu ngelewatin stall2 makanan yang menggiurkan itu.. hihihi...

Nah kembali ke temen gue yang mengurus ini, gue tanya kenapa dia bisa kurus. Dia share kalo dia cuma work out tiap hari ngikutin program hip hop abs nya Shaun T. Jadi ngedance sambil olahraga. Isinya ada 4 dvd yang tujuannya itu buat bentuk otot perut. Menurut testimony2 banyak yang mengurus jauh mengikuti program dia. TANPA SIT UP sama sekali. wahh gue ngedengernya langsung semangat dong. Jojo tuh suka nempelin gue banget. Mao ngapa2in susah. Nah kalo ngedance2 gitu kan mereka bisa ikut2an bukan? hihihi

Jadi program si Shaun T ini, dia kasih kalender yang isinya senin - sabtu kita harus ngedance tiap ari. Isi dvdnya video2 dancenya itu. Kek aerobic gitu dah. Gerakan2nya juga gampang2. Cuma 25 - 30 menit sekali olahraga. Jadi di kalender ada jadwalnya. Misal hari senin pake video cardio, hari selasa abs sculpt, dst2.. Nanti minggu ke 2 mulai lebih berat. seminggu 2 x olahraga sekaligus 2 video. Jadi total 1 jam, Makin lama intensitas makin banyak.

DVDnya beli dimana? gue kaga tau di Indo dimana belinya. Gue cek ebay sih ada. Cuma sampenya bisa kapan coba, keburu ilang rasa. haha..

Akhirnya gue menempuh jalan donlod. Maapkan daku ya Shaun. Kalo ada yang jual gue mao beli. Tapi gue googling kaga nemu yang jual aslinya. Kalo nunggu ebay dateng kelamaan. hihi

Jadi dengan olahraga murah meriah tanpa harus keluar rumah, gue bisa dapatkan melalui hip hop abs ini. Uda gitu dia tiap ari dengan video beda2. Jadi ga bosen and ada rutinitasnya. Jadi kalo sehari aja ga olahrga rasanya ada yang kurang gitu. Kalo olahraga seminggu 2 apa 3 kali, kan ada masanya ga olahraga. Jadi pas mau olahraga lagi suka males jadinya gue. hehe.. Jadi gue semangat 45 dah masalah olahraga ini.

Nah masalah diet gimana? Temen gue ini bilang ga pake diet2 gimana2. cuma pake aplikasi myfitnespal  yang ada di android or apple. Jadi aplikasi ini buat ngetract berat, lingkat pinggang, pinggul (kalo mau rajin masukin) sama kalori yang kita makan setiap hari. Jadi di awal, kita isi berat badan dan tinggi kita ke aplikasi ini. Terus target mau turun berapa kilo. Nanti dia akan kasih tau berapa kalori yang kita butuhkan setiap harinya. Nah setiap hari, kita harus masukin tiap makanan yang masuk ke perut kita. Awalnya gue kira itu aplikasi luar, pasti makanannya aneh2 gitu kan. Ternyata cukup lengkap loh. Sampai nasi kuning, soto, nasi timbel semua ada di situ. Ada juga sih yang ga ada. Cuma ya gue kira2 aja pake makanan yang mirip2. Misal sop sapi, gue cari aja beef or sapi.. liat mana yang menunya isinya kira2 sama ama yang gue makan. Nah kita isi juga seberapa banyak yang kita makan. Kalo ini mah pake kira2. kayak nasi 1 sdk nasi itu kurleb 150 gram. Total ternyata 83 kalori.

Nah jadi intinya kita boleh makan apa aja selama masih dalam batas kalori per hari. Ini cocok banget buat gue. Kita cuma maen di porsinya aja bukan. Jaman dl gue makan nasi itu bisa 2sndk nasi. Kalo enak lauknya, gue bisa nambah 1 sendok nasi lagi (horror ya).. Uda gitu gue ampir tiap hari makan mie instant ( ini keknya kunci ga bisa kurus). Asli loh gue uda keterikatan banget sama yang namanya mie instant kayaknya. Kalo 1 hari ga makan itu kayaknya ada yang kurang.

Nah semenjak pake aplikasi ini, gue jadi bener2 mikir 2x kalo mau makan sesuatu. Hasilnya nasi gue berubah jadi hanya 1 sendok nasi tiap makan. Uda gitu gue uda ngikutin program ini selama ampir 2 minggu dan hanya 1x gue makan indomie selama hampir 2 minggu ini.. Wah kemajuan besar. hihi... Masalah berat badan? waktu 3 hari pertama gue praktek, lumayan turun 1 kg. Tapi terputus karena sinchia. Wah kalorinya ga terhitung deh kalo itu. Mana 1 hari itu gue pergi ke 4 rumah. Tiap rumah pasti disuguhin makanan. Kan ga enak ya kalo kita nolak.. hihihi ( alasan aja ). Apalagi sinchia nya itu hari jumat, otomatis sabtu minggunya masih suasana sinchia. Masih ada tamu dateng dan makanan bekas sinchia masih banyak di rumah. Sayang kan dibuang kalo ga abis.

Setelah Sinchia gue mulai lagi deh Senin kemaren. Btw, abis sinchia berat kembali ke semula alias naik 1 kg lagi dah. Ga apa2 dah. Anggep aja yang 3 hari itu test food dl.. :D
Target gue 1 minggu turun 1 kg. Jadi dalam 5 minggu turun 5 kg. Moga - moga berhasil ya saudara2. 1 minggu kemaren gue bolong 1x olahraganya. Soalnya pas baru olahraga 5 menit, prt pulang ari dateng. Akhirnya dapet juga prt pulang hari. Walo seminggu cm dateng 3x. Lumayan lah daripada ga ada. Hehe..

Sorenya ceritanya gue mao olahraga ulangi lagi gara2 tadi pagi batal. Eh kembali baru 5 menit mulai, dateng tamu. Temen bonyok yang numpang mandi karena dari toko jauh ke rumahnya. Ada kenalan meninggal, jadi mau langsung ke Jakarta. Batal lagi dah. Akhirnya hari itu gue menyerah juga.. haha.. Tapi besoknya lanjut lagi dong... Kalo makan ya masih lumayan terjaga lah. So, minggu pertama turun lagi deh 1 kg. Moga2 di minggu - minggu berikutnya gue bisa tetap konsisten ya.

Sebenernya tujuan gue share, mana tau ada yang susah diet macam gue and ga punya waktu buat olahraga keluar rumah. Uda gitu buat jadi motivasi gue juga biar suatu hari bisa nulis kalo gue berhasil turun.. hauahuaa..

wish me luck...

Comments

  1. Ya ampunnn kita samaan soal baju beli setengah lusin..muahhahaha :p Sama model beda warna aja..

    Jadi instal myfitnespal deh..heheh.. Bener sih, kalo gym dimall itu adanya tiap pulang malah mampir makan.. *sigh*..haha ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aipy : *toss.. Kirain cuma gue aja yg suka beli baju setengah losin.. Untung ada temennya.. Hihihi..
      Bener tuh.. Kalo ga gegym ga gt aware sama wangi2 makanan.. Kalo abis ngegym tiba2 idung jd peka walo jarak makanannya jauh.. Haha

      Delete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat