Pengalaman liburan dengan Jojo ke negara lain

Selama ini liburan paling jauh yang pernah Jojo pergi cuma Singapore dan Malaysia. Alasannya yang pertama uda pasti karena biaya yang muahal apalagi 2 anak dan alasan kedua karena anak - anak balita kayaknya ga akan inget deh dia uda liburan kemana aja. Paling cuma inget 1 - 2 bulan. Abis itu ya lupa. Kayaknya bagi mereka mau jalan - jalan ke Bandung atau Singapore ga ada bedanya soalnya yang mereka inget cuma naek pesawat, tidur di hotel plus ada kolam renangnya. Sisanya blank. Mungkin hanya itu yang menarik bagi anak - anak balita,

Pertama kali Jojo di ajak ke Malaysia, tepatnya KL dan Genting itu pada saat mereka usia 4,5 tahun.  Saat ini saya rasa mereka udah ga terlalu inget dengan perjalanan tersebut. Mungkin hanya Snow World di Genting yang tak terlupakan sampai sekarang di hati mereka. Soalnya kita sempet foto bareng dan di cetak terus di pajang deh di rumah. Jadi mungkin teringat terus kali ya di hati. hehe  Waktu itu kami memutuskan ajak jalan - jalan ke sana soalnya hanya Genting tempat yang paling gampang buat latihan jalan - jalan jauhan. Soalnya hotel, tempat main dll hanya di 1 area yang sama. Plus ga mahal - mahal amat dibandingkan jalan - jalan ke negara lain. Jadi papa mamanya bisa enjoy, anak pun bisa menikmati tanpa harus capek - capek banget.

Dari jaman Jojo masih bayi, saya emang uda planning usia 4 tahun mau bawa Jojo ke Genting dan usia 6 tahun mau bawa Jojo ke Disneyland Hongkong. Saya tipikal orang yang kalo melakukan perjalanan itu harus buat persiapan yang matang dengan itenerary yang the best. Ga mau wasting time dan money lah. Soalnya kan jarang - jarang bisa jalan - jalan. Makanya saya emang uda rencana akan ajak Jojo jalan - jalan hanya ke tempat - tempat yang emang saya uda pergi. Jadi saya bisa kebayang medan pertempurannya seperti apa. Ga mau sampe sana ternyata kaget - kagetan. Baik dengan cuaca, transportasi, makanann pakaian ataupun jalanan - jalanannya. Ribet kan uda bawa barang banyak, bawa 2 anak kecil plus masih harus cari - cari jalan dan muter sana sini. Apalagi kalo sampe anak - anak sakit di perjalanan. Duh, yang ada perjalanan jadi ga enjoy lagi, Mungkin kalo Jojo uda gedean, baru deh bisa diajak berpetualang bersama.

Puji Tuhan, saat usia Jojo 4,5 tahun kesampean juga bawa Jojo ke Genting dan kesampean juga buat Jojo pergi ke Disneyland saat usia 6 tahun 3 bulan. Saya mikir kalo bawa anak di bawah 6 tahun ke Disneyland Hongkong tuh ga akan maksimal enjoynya. Soalnya wahananya kebanyakan untuk anak yang tingginya 110 cm ke atas. Terus juga show - shownya itu ga akan terlalu menarik buat anak balita karena fokus mereka kan masih belom bisa terlalu lama.
Jadi usia 6 tahun kayaknya usia yang pas deh menurut saya. Jujur dari jaman Jojo bayi saya baru bikin wishlist sampe Jojo usia 6 tahun nih. Sekarang kayaknya mau bikin planning baru. Hehe..
Pengennya sih ke Korea 2-3 tahun lagi. Soalnya Jojo suka banget makanan Korea. Jadi enak diajak kulineran. Doyan kimchi plus bisa makan pedes pula. Jadi harusnya sih aman ya di bawa ke Korea,
Biar emak bapaknya nabung dulu buat jalan - jalan nanti.. xixixi...
Selanjutnya kayaknya uda bisa jalan - jalan ala backpackers deh pas usia Jojo uda 10 tahun ke atas. Jadi bisa ke negara - negara yang jauhan. Doakan saja supaya berkat terus mengalir. Jadi bisa jalan - jalan ke sana.

Oke sekarang saya mau kasih beberapa tips kalo bawa anak - anak jalan - jalan apalagi kalo keluar negeri yang mungkin punya cuaca dan iklim yang berbeda. Plus pasti namanya jalan - jalan itu kan cape banget ya.
1. Minum Sambucol dari sebelum sampai saat di perjalanan sekeluarga. Sambucol ini tuh kayak imboost tapi natural. Bagus banget buat daya tahan tubuh, Biasanya bisa beli di tokopedia. Tapi pastikan Sambucolnya asli dan made in Australia. Katanya kalo made in yang lain agak kurang nampol.
2. Bawa pakaian yang bisa dipakai baik untuk cuaca dingin maupun panas, terutama di musim semi atau gugur (untuk negara yang memang memiliki 4 musim). Jadi semisal bawa baju2 adem, sweater, celana legging hangat, dan rok. Jadi kalo misal ternyata cuacanya itu lagi panas ya pake 1 lapis yang adem2 aja. Tapi kalo cuacanya dingin, pakai 2 lapis baju. Jadi tuh ya, negara 4 musim tuh susahhh banget di tebaknya. Waktu saya ke Hongkong, saya sampai tangkringin google weather untuk pantau cuacanya. Ga cuma google weather, saya tuh sampai nonton youtube yang shooting di Hongkong 1 minggu sebelum saya berangkat. Kalo menurut pantauan, saya liat mereka masih pake baju - baju tebel dan payung dimana2. Soalnya hujan melulu. Eh, pas saya berangkat ternyata puanas poll.. Pernah juga ada kenalan yang dulu sempat berangkat ke Cina, dia pantau google weather cuma 20 derajatan. Jadi dia bawa baju biasa aja. Cuma jaket tipis. Eh pas sampe, ternyata cuma 10 derajat. Dinginnya bukan maen. Terpaksa dia beli baju dingin on the spot.
Jadi PR banget deh kalo berangkatnya itu musim semi atau gugur. Kalo musim panas dan dingin mah ga usah ditanya ya. Uda pasti pakaiannya. Apalagi Jepang. Siap - siap bawa jaket yang super hangat kalo musim dinginnya. 
3. Bawa Essential Oil. Ini super penting. Saya bawa beberapa EO dan minyak untuk imboost. Balurin aja tiap hari apalagi pas tidur. Jadi ngebantu untuk membangun daya tahan tubuh si anak.
4. Bawa obat - obatan penting kaya paracetamol dan lactoB. Soalnya ada beberapa negara yang ga bisa sembarangan beli obat di toko obat. Jadi harus resep dokter, Jadi mending bawa dari rumah.
5. Usahakan jejelin makanan tiap 1 -2 jam sekali, Ini penting banget. Ga cuma buat anak kecil. Buat orang dewasa juga ini tips sangat penting. Biasanya kalo jalan - jalan, saya ga pernah perduli laper apa ga. Pokoknya perut harus terus diisi. Ketemu seven eleven or apapun beli sesuatu terus isi perut. Apalagi kalo ada themepark di itenerary. Ini wajib bangettt.. Jangan suka sok - sokan ga laper or tar - tar aja karena uda biasa tahan laper. Yang ada akhirnya mabok or masuk angin, hancur sudah perjalanan hari itu. Bahkan bisa sampe besok - besoknya.
Saya pernah pergi ke suatu negara untuk maen theme park bersama beberapa teman. Saya uda kasih tips untuk makan. Tapi karena dia sudah terbiasa makan itu ada jamnya, jadi dia ga mau makan saat belum lapar/jam makan. Tau sendiri kan kalo dalam themepark itu beli makanan mahal dan wasting banget kalo kita harus ngabisin wktu buat makan 2 -3 x dalam theme park. Akhirnya temen saya ini pas main suatu wahana, beresnya langsung muntah - muntah. Hanya dia doang yang mabok. Yang ga mau makan ini. Akhirnya kita pun ga lanjut maen yang lain karena kasian juga liat mukanya uda pucet gitu dan kita pun pulang, cari makan di luar terus ke hotel. Makanya penting banget guys buat jejelin makanan ke perut setiap saat. Apalagi anak - anak.
6. Bawa topi. Soalnya kebanyakan kalo jalan - jalan itu kan kita di outdoor. Jadi sebaiknya bawa topi supaya kepala ga bersentuhan dengan matahari lama - lama. Itu juga bisa bikin kita sakit kepala guys.
7. Bawa jas hujan/payung. Kita ga tau cuaca tuh kaya gimana. Kadang bisa tiba - tiba hujan. Jadi sebaiknya bawa payung/jas hujan selama di perjalanan.
8. Bawa tas ransel yang ringan, awet dan bisa nampung banyak barang. Ransel anello sih jawaban banget buat travelling saya. Jangan bawa tas mini - mini. Daripada ga muat bawa apa - apa plus putus di jalan.
9. Bawa botol minum. Kalo ketemu tempat pengisian air, langsung isi. Dehidrasi juga bisa bikin kita sakit dan sembelit. Jadi sebaiknya jangan lupa minum yang banyak.
10. Bawa dollar daripada bawa mata uang negara tersebut banyak - banyak. Soalnya kita ga tau kan kita bakal ke negara tersebut lagi  apa ga. Tapi kalo bawa dollar buat duit cadangan, selain nilai tukarnya lebih untung dan mudah, dollar ini bisa dipakai di negara manapun saat kita jalan - jalan berikutnya.

Yah, segitu aja kira - kira tips dari saya kalo mau jalan - jalan ke luar negeri apalagi bawa anak - anak kecil. Semoga membantu..

Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat