Tempat les recommended di Bogor untuk anak

Saya ingin berbagi informasi mengenai tempat les recommended yang memang kebetulan saya ketahui dan tempat dimana saya merasa cocok dengan konsep, kurikulum, pengajar, dst. Ini bener - bener bukan promosi apalagi endorse-an. Kenapa saya memutuskan berbagi tentang tempat les ini? Soalnya jujur aja menurut saya memilih tempat les itu sama pentingnya dengan memilih sekolah. Selain itu, susah sekali saya mencari info tentang hal ini di Bogor. Entah mengapa emak emak di Bogor jarang sekali memberikan info seperti ini di internet. Entah di Bogor jarang blogger atau memang banyak yang males sharing - sharing hal beginian. Hehe..

Oh ya, kenapa saya bilang tempat les itu begitu penting? Jadi saya mau share sedikit. Dulu saya pernah ikut sebuah seminar yang pembicaranya adalah seorang psikolog yang bernama Ibu Jacinta F Rini. Ada sebuah pernyataan dari beliau yang benar - benar merubah cara pikir saya tentang yang namanya les. Saya dulu berpikir namanya ngelesin anak - anak itu jika memang dibutuhkan dan sesuai minat bakat si anak. Jadi misalnya saja seorang anak yang memang punya bakat di musik, baru kita lesin atau misalnya anak butuh bimbingan di bahasa Inggris, baru deh kita lesin. Pokoknya saya termasuk orang yang pelit untuk mengeluarkan kocek buat les  lesan ini. Saya sempat berpikir, nanti uda mahal - mahal anaknya di lesin terus di tengah jalan anaknya berhenti karena bosan atau emang ga suka, kan rugi. Saya yakin banyak juga orang tua yang berpikir seperti saya. Soalnya terbukti tempat les calistung dan bahasa Inggris yang masih jadi rebutan di Indonesia terutama di Bogor ini.

Namun Ibu Jacinta F Rini mengatakan bahwa sebenernya namanya les itu yang penting orang tua mencari tau mengenai lingkungan tempat lesnya, pengajarnya apakah sevisi dengan kita dalam mendidik anak, juga dengan kurikulumnya. Jadi sebelum kita menitipkan anak kita untuk les di tempat tersebut, ada baiknya kita mencari tahu sedetail mungkin tentang tempat les tersebut. Jika sudah cocok dan kita percaya, ya kita lesin anak kita. Lalu bagaimana dengan minat bakat si anak? Kalo ternyata ga cocok gimana? Menurut Ibu Rini, namanya seorang anak kecil, jarang yang sudah mengetahui minat dan bakatnya apa. Mereka cenderung suka dengan sesuatu hanya karena emosi sesaat dan mulai bosan/ tidak menyukai sesuatu hanya karena sudah menemui kesulitannya.

Lalu bagaimana dong? apa kita lanjutkan saja lesnya? Jadi sebenernya tujuan kita lesin anak kita itu  lebih untuk menambah skill mereka. Walaupun mereka mungkin tidak punya bakat di bidang tersebut, tapi memiliki skill di bidang itu walaupun tidak menjadi ahlinya bukan hal yang merugikan bukan?
Misalnya saja si anak, kita lesin piano. Mungkin awal - awal saat anak belajar, mereka masih happy karena mudah. Namun begitu mulai masuk ke pelajaran yang lebih sulit, anak mulai merengek dan bilang ga suka. Otomatis orangtua akan berpikir anaknya memang tidak minat dan tidak memiliki bakat di bidang piano. Lalu di hentikan begitu saja lesnya. Padahal menurut Ibu Rini, hal tersebut mengakibatkan si anak tidak akan memiliki sifat tahan banting/tekun. Jadi anak ini akan dibentuk menjadi anak yang mudah menyerah. Kita sebagai orang tua harus terus memotivasi dan mendampingi anak tersebut untuk melewati masa - masa sulit tersebut. Tidak perlu anak tersebut menjadi pianis  profesional di kemudian hari. Tapi at least, anak tersebut les sampai mereka bisa memainkan alat musik piano. Misalnya sampai mereka bisa benar - benar memainkan lagu - lagu sederhana. Mungkin kalau kurikulum abrsm, setidaknya mereka bisa melewati level 3 lah. Setelah itu mau stop ya sudah.
Apakah rugi les piano tetapi akhirnya mereka tidak menjadi pemain piano yang hebat? Tidak juga. Ternyata saat anak les piano, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Misalnya saja melatih kecerdasan anak, meningkatkan daya konsenstrasi /fokus, mengembangkan imajinasi, membuat anak menjadi lebih tenang dan banyak manfaat lainnya. Untuk lebih lengkapnya bisa di baca di artikel ini.

Intinya semua les tersebut ga ada ruginya. Saat mereka bisa sebuah skill, itu juga membuat rasa percaya diri si anak jauh lebih meningkat. Jujur saya kurang setuju jika anak hanya di paksa untuk berprestasi secara akademis di sekolah dan fokus hanya mengalahkan teman - temannya dengan mengejar ranking. Terus terang saya memutuskan untuk mendaftarkan les anak - anak saya di beberapa tempat bukan dengan tujuan 'supaya ga kalah sama anak si A,B,C'. Tetapi saya ingin membekali anak - anak saya dengan banyak skill yang tentunya akan meningkatkan percaya diri mereka dan juga meningkatkan kreatifitas, imajinasi, sudut pandang berpikir dan juga kemampuan beradaptasi di berbagai lingkungan.

Kebetulan karena anak saya kembar, menjadi tantangan juga buat saya dalam menentukan tempat les buat mereka. Saya memberikan kebebasan kepada mereka dalam memilih les apa yang mau mereka ambil. Sebelum mereka saya minta untuk memilih, saya presentasikan terlebih dahulu setiap pilihan les tersebut dengan memberikan video, menceritakan apa saja yang akan dilakukan selama les, tantangan - tantangan apa yang akan mereka hadapi saat mereka memutuskan les tersebut dan target yang harus mereka capai saat mereka memutuskan untuk les di suatu tempat.

Walau mereka baru 5 tahun lebih, namun saya tetap memperlakukan mereka sebagai manusia yang harus mengambil keputusan dan bertanggung jawab dalam sebuah keputusan tersebut. Saat saya mewawancarai mereka 1 per 1, sengaja saya lakukan di ruangan tertutup. Saya tidak mau mereka mengambil keputusan karena ikut - ikutan kembarannya. Jadi benar - benar dari hati nurani mereka yang terdalam. Hehehe.

Saat itu Jo1 memutuskan untuk les piano dan jo2 les balet. Apa ada tantangannya? Tentu saja ada. Jo1 untungnya masih enjoy dengan les pianonya setelah les 4 bulan. Kalo saya perhatikan memang materinya masih cukup mudah. Kadang ada saatnya dia males latihan dan merasa kesulitan. Tapi masih semangat dan mau untuk les. Namun Jo2 sempat ada masalah di awal - awal. Kebetulan Jo2 anak yang ga bisa sendiri. Jadi kalo melakukan sesuatu itu harus ada temennya. Kalo ga kenal siapa - siapa pasti langsung panik dan malu. Setiap mau les, pasti males - malesan dan langsung sakit. Saya sempat berdiskusi dan terus memotivasi Jo2. Saya jelaskan tentang target yang akan dia capai bila dia tekun dengan les ini juga saya ingatkan dengan perjanjian yang telah kita buat bahwa dia akan les sampai target dia tercapai. Puji Tuhan, walau sempat ogah - ogahan di 1 bulan pertama, Jo2 bisa melewati masa itu dan mulai semangat les di bulan ke 2 dan ke 3. Jo2 mulai bisa berteman dengan orang baru dan mulai berani mengikuti gerakan - gerakan yang diajarkan gurunya. Sekarang setiap les sudah tidak pernah nangis - nangis ataupun sakit - sakitan. Jadi buibu, kita sebagai orangtua juga jangan mudah menyerah ya. Kita harus terus memotivasi anak - anak kita untuk bisa melewati padang gurun mereka. Tentunya hal tersebut bisa membentuk karakter anak - anak kita menjadi tahan banting, tidak mudah menyerah dan berusaha mengejar target mereka.

Oke, pembukaan saya panjang juga ya. Saya langsung saja merinci beberapa tempat les yang saya rekomendasikan.
1. Kiddles Bogor ( Tempat Les Mandarin )   
    IG : @kiddlesbogor
    WA : 082 12345 5155 
    Line : kiddlesbogor 
    Alamat :  Jln. Gunung Gede 1 No. 11A Bogor - Lokasi di dalam EDEN (les bahasa Inggris)
    Untuk Usia : 3 - 11 Tahun 

    Buat buibu yang sedang mencari tempat les mandarin recommended di Bogor, Kiddles ini jawabannya. Asli pertama kali saya ketemu sama ownernya dan saya dijelaskan tentang program yang dijalankan, saya langsung dapet koneksi dan merasa kami berada di jalur yang sama dalam mendidik anak. Dia sebagai guru dan saya sebagai orangtua tentunya. Metode yang diajarkan itu
active learning . Jadi lesnya sambil nyanyi - nyanyi, nari - nari, loncat - loncat, games, dan menggunakan benda - benda. Bener - bener beda dari tempat les mandarin yang selama ini saya tahu. Setahu saya biasanya kalo les mandarin itu kan, anak - anak dateng di kasih buku kotak lalu disuruh nulis banyak banget kata. Kata yang diulang - ulang terus. Pokoknya membosankan sekali lah kalo les mandarin. Dari dulu saya paling ga betah. hehe..
Tapi di tempat ini, menurut saya lesnya menarik banget. Anak - anak saya sangat happy setiap les disini dan saya kagumnya mereka bisa inget semua vocab yang mereka pelajari selama 3 bulan. Kadang saya suka iseng tanya bahasa mandarinnya ini apa itu apa yang kebetulan pelajaran awal - awal. Tapi mereka masih inget. Uda gitu mereka juga jadi suka nyanyi - nyanyi lagu mandarin di rumah. Padahal jujur aja saya ga bisa bahasa mandarin. Di rumah ga pernah ngomong mandarin. Tapi ternyata mereka bisa mulai menyukai bahasa mandarin.
Lao Shenya ini dulu bersekolah langsung di Cina. Jadi untuk kemampuannya tidak perlu diragukan lagi lah ya.
Jika ingin bertanya - tanya atau mungkin mau mencoba trial, bisa contact langsung di nomor yang saya taro di atas.

2. Kindermusik / les private piano abrsm di Bogor
    WA : 0811-1170-775
    Alamat : Jl Sukasari 3 No 39 ( Dekat SD Pertiwi  )
 
     Di tempat ini, ada 2 les yang disediakan. Saya akan jelaskan 1 per 1.

  • Kindermusik. 
          Kindermusik ini adalah kurikulum dari US yang dirancang untuk anak usia PAUD. Kegiatannya ini adalah nyanyi - nyanyi, nari - nari, belajar ritme. Tapi ga cuma sekedar nyanyi - nyanyi kayak di sekolah ya. Jadi bener - bener ada kurikulumnya dan menggunakan lagu - lagu dari mereka sendiri juga beberapa alat. Jadi kurikulum ini kalo di luar negeri bayak di pakai di day care - day care dan sekolah - sekolah. Anak - anak jadi lebih berkembang dalam kemampuan kognitif, fisik, emosi, sosial dan bahasanya. Tapi aktivitasnya ini semuanya menggunakan musik dan gerakan. Jadi bener - bener fun banget. Kelasnya juga dimulai dari usia 6 bulan. Jadi buat yang anak nya masih infant, recommended banget mulai diperkenalkan musik sejak dini. Daripada main gadget doang atau bahkan diajarin calistung, lebih baik join dengan kelas - kelas seperti ini. Jujur aja, saya jaranngg nemu les - les an untuk infant di Bogor. Anak - anak saya sempat hampir 1 tahun les di kindermusik. Hasilnya anak - anak jadi lebih tau beat dan irama. Jadi saat mereka les alat musik betulan, sangat memudahkan sekali.
  • Les Private Piano dengan sertifikasi abrsm   
          Buat buibu yang pengen cari les private piano dengan sertifikasi abrsm di Bogor, di sini cocok banget. Banyak tempat les piano yang menawarkan les hanya sekedar bermain musik dan bisa memainkan lagu. Alhasil anak - anak diajar hanya menghapal dan ga dapet sense dari alat musik itu sendiri. Kebetulan saat saya mendaftarkan Jo1 kesini, saya diwanti - wanti bahwa anak hanya boleh mulai dari piano atau piano electric. Tidak boleh dari keyboard. Alasannya tutsnya itu berbeda. Kalo keyboard, kita tidak perlu menekan terlalu kencang. Tapi kalo piano, saat menekan pelan dan kencang itu berbeda suaranya. Jari - jari juga jauh lebih digunakan pada piano. Saya merasa guru piano disini sangatt passionate sekali dengan yang namanya musik dan piano. Saya juga merasa punya 1 koneksi sama seperti dengan guru mandarin yang saya ceritakan di atas dalam mendidik anak - anak. Hanya kebetulan yang mengajar ini langsung ownernya dan lumayan rame. Lesnya seminggu 1 x @45 menit. Jadi harus booking dulu apakah masih ada jadwal yang kosong. 

3. Brain Fit Bogor

   Alamat : Ruko Bangbarung Grande B-9, Jl. Pandu Raya No.27.Bogor - Jawa Barat.
   Telepon : +62 251 755 7203 / +62 812 1106 154




   Kebetulan Ibu Jacinta F Rini yang saya sebutkan tadi adalah owner dari brain fit di Bogor.  Sebetulnya saya belum pernah lesin anak - anak disini. Namun pernah ikutkan tes cognitive anak saya disini dan sempat beberapa kali mendengar penjelasan tentang brain fit ini. Kebetulan brain fit memiliki beberapa cabang di Jakarta. Banyak yang belum terlalu familiar dengan brain fit ini. Namun menurut saya anak - anak jaman sekarang yang kebanyakan dibesarkan dari bayi - hingga besar dengan gadget dan TV wajib pake banget ikutan brain fit ini. Kenapa? Soalnya akibat anak - anak yang terlalu banyak gadget, akhirnya saat usia SD, mereka menjadi anak yang sulit fokus, baca ga bisa lama - lama, hyperactive, saraf motorik dan saraf sensoriknya lemah sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya. Makanya di brain fit ini, otak anak di stimulasi. Kalo sekolah kebanyakan hanya fokus dengan akademis dan ga menyeimbangkan fungsi otak. Namun di brain fit ini, anak - anak di stimulasi agar memiliki keseimbangan otak. Jadi kalo anak anda susah fokus, ga bisa diem, bahkan sampai usia SD susah belajar baca, ada kemungkinan tidak memiliki keseimbangan otak dan harus di stimulasi di sini. Brain fit sebenarnya dimulai dari usia infant. Namun kebetulan di Bogor dimulai dari usia 4 tahun. Jika ingin tes minat bakat anak juga bisa. Nanti anak bisa dinilai kecerdasannya ada dimana, dan apa yang perlu ditingkatkan. Tesnya bayar, namun worth banget kok. Hasilnya 1 map tebel yang menggambarkan kondisi anak kita. Jadi kita juga bisa lebih mengenal anak - anak kita. Ibu Rini selaku ownernya bener - bener punya passion terhadap anak - anak. So, bisa coba maen - maen kesana untuk tahu lebih lanjut, 


Oke, segitu aja tempat les yang saya rekomendasikan. Saya merasa ketiga tempat itu tuh super bagus, Cuma sayang banyak yang ga tau, dan seperti yang saya bilang di Bogor ini susah banget cari tempat les yang oke dan menjawab kebutuhan anak jaman - jaman sekarang, Entah mengapa yang laku di Bogor itu tempat les baca dan menghitung cepat. Padahal banyak tempat les yang jauh lebih bermanfaat untuk anak - anak kita di masa depannya. Kebetulan yang saya tulis disini adalah tempat les yang memang saya sudah gali luar dalem dan saya merasa ini bener - bener beda dari yang lain. 
Jika ada yang punya tempat rekomendasi les yang mungkin belom saya ketahui, saya sangat welcome untuk taro di kolom komentar. Tapi jangan lupa tuliskan juga alasannya. Jadi jangan hanya karena denger - denger doang. Tapi memang sudah pernah lesin disana dan merasa puas. Saya sangat butuh sekali info - info seperti itu. 

Thanks. 


Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat