Pengalaman pertama ke Kidzania

Akhirnya setelah sekian lama kepingin banget ke kidzania, kesampean juga Jojo pergi. Tapi sayangnya yang pergi hanya Jo1. Jo2 tiba - tiba sakit dan berdampak ga ikut. Jadi emang dari dulu uda nahan - nahan ga ke kidzania. Soalnya sudah mendengar konon anak - anak yang cukup besarlah yang cocok untuk berpetualang disana. Daripada uda bayar mahal - mahal dan ternyata anak2 ga bisa main ini itu. Sayang juga kan.

Saya paling ga suka pergi ke tempat hiburan itu di weekend atau tanggal merah. Asli, pasti ga happy deh akhirnya. Yang ada kelamaan ngantri plus sumpek juga. Kebetulan Jojo lagi liburan mid term yang berbarengan dengan sepupunya yang juga sekolah di merk yang sama walau berbeda kota. Jadilah kita janjian untuk playdate bareng di hari Rabu kemarin.

Kami sudah merencanakan perjalanan ini dari beberapa minggu sebelumnya. Jadi Jojo tuh uda seneng banget karena akan pergi ke kidzania. Saya sudah mempersiapkan semuanya di H-1. Namun tiba-tiba di subuh jam 4 pagi, Jo2 bangun dan bilang haus minta minum. Waduh, saya uda tau nih kalo subuh ada yang bangun minta minum, artinya pasti lagi demam. Begitu saya pegang jidatnya, bener aja deh Jo2 lagi demam. Langsung buru - buru saya WA cici saya untuk membatalkan keberangkatan ke kidzania. Soalnya anak cici saya yang 1 lagi sekolahnya ga di 1 merk sama Jo2. Sekolahnya ga ada liburan mid term. Jadi boloslah dia demi ke kidzania. Saya pikir saya WA subuh - subug, supaya siapa tau masih keburu dia bangunin dan suruh anaknya ke sekolah. Sekalipun agak mustahil sepertinya seorang anak yang sudah dijanjikan mau pergi ke kidzania, namun tiba - tiba batal dan disuruh ke sekolah. Hehe

Akhirnya pas pagi - pagi bener aja cici saya bilang anaknya ga mau disuruh ke sekolah dan berakhir nangis bombay. Kasian juga. Saya kebayang banget betapa kecewanya. Namun saat pagi Jo2 bangun dan saya pegang anget2 dan ga terlalu panas, saya coba bertanya sama dia. Apa boleh saya pergi bersama Joyce untuk sekalian jemput sepupunya yang mau nginep di rumah. Ternyata Jo2 bilang boleh. Saya disuruh pergi dan dia di rumah aja bersama popoh dan ie2nya. Wew. Jo2 ini memang anak yang sangattt pengertian dan dewasa banget. Kalo lagi sakit tuh jarang banget rewel. Disuruh makan apa aja or minum apa aja mau. Jarang banget ngerengek2 minta sesuatu yang dibilang ga boleh. Saya bersyukur sekali Tuhan berikan anak - anak yang sangat pengertian seperti mereka.

Jam operasional kidzania

Akhirnya saya pun pergi ke kidzania berdua dengan Jo1. Sebagai info , kidzania buka jam 09.00-16.00 di hari Senin - Kamis. Jumat - Minggu dibagi menjadi 2 shift. 09.00 - 14.00 dan 15.00 - 20.00 Saya sampai disana jam 09.10 pagi. Antrian tiket sudah dibuka dari 30 menit sebelum dibuka.

Harga Tiket Kidzania

Untungnya saya ga beli tiket jauh - jauh hari. Kan banyak tuh kupon - kupon dijual dengan harga sangat miring. Tapi pas saya cek di webnya, ternyata lagi ada promo bayar pakai BCA dapat discount 35%. Maksimum 1 kartu untuk 4 orang.
Harga tiket anak - anak di hari biasa Rp 150.000,-
Sedangkat tiket dewasa Rp 95.000

Aktivitas di Kidzania...

Saya kira namanya pergi hari biasa tuh bakal sepi banget. Ternyata begitu saya masuk ruame banget. Ada beberapa rombongan sekolah yang hari itu sedang field trip ke Kidzania. Jadi saran saya sebelum berangkat coba cek via telepon hari apa yang lagi ga banyak rombongan sekolahnya. Cuma enaknya kalo hari biasa itu, jamnya lebih panjang dan rombongan sekolah rata-rata hanya sampai jam 12- 13 siang uda pada pulang. Jadi di pagi hari pas ngantri bisa dapet pas kloter ke 2. 1 kloter rata - rata membutuhkan waktu 20-25 menit. Sekali masuk 6 -10 orang tergantung jenis aktivitasnya. Tapi setelah jam 12 biasa cm ngantri 5-10 menit uda bisa masuk wahana sih.
Tempatnya menurut saya ga terlalu besar macam trans studio atau dufan ya. Tapi aktivitasnya banyak dan seperti yang saya bilang karena 1 aktivitas bisa 20-25 menit, jadi amat mustahil dalam 1 hari bisa menghabiskan semua permainan. Segini hari biasa ya, gimana weekend. Saya rasa kalo weekend mungkin hanya bisa dapet +/- 5 aktivitas. Kemarin Jo1 bermain 10 aktivitas + bikin sim. Aktivitasnya menarik sih. Anak - anak jadi bertambah pengetahuan dan mulai mengerti konsep bekerja, dapet uang dan bisa membeli sesuatu dengan uang yang di dapat.
Cuma jujur menurut saya umur 6 taun pun masih belum maksimal untuk menikmati kidzania ini. Sepupu Jojo yang pergi bareng dan kebetulan sudah 8 taon ini paling menikmati kidzania menurut saya. Pulang - pulang, dia bisa mengulang semua penjelasan yang dia dapet dari kelas - kelas yang dia ambil tadi. Berapa milyar bakteri, jenis-jenis bakteri yang terdapat dalam tubuh. Pokoknya dia begitu exciting dengan semua info - info yang baru dia ketahui tersebut. Jadi saran saya kalo mau anaknya bisa menikmati dan dapet esensi dari kidzania ini dengan maksimal, tunggu sampai usia 8 taon. Minimal 7 taun mungkin ya. Untuk anak - anak yang lebih besar, ada juga beberapa permainan yang cukup menarik seperti jadi pembaca berita, penyiar radio dan dubber. Walau sepertinya ga terlalu banyak sih ya.

Makanan di Kidzania

Sebetulnya di dalam kidzania ini banyak aktivitas yang setelah kerja dapat makanan. Misalnya jd pembuat donut, pulangnya dapet 1 pcs donut dan tazos. Terus membuat roti juga dapet roti, pembuat coklat dapat coklat, menganalisa bakteri dapat yakult. Lumayan kan makan terus di dalem. Hehe.  Akhirnya kami putuskan untuk beli pizza aja. Jadi bisa dimakan sambil ngantri dan jalan - jalan. 1 pan pizza besar harganya 150rb dan rasa pizzanya lumayan enak. Setelah pulang dari kidzania, baru deh kita makan beneran di luar kidzania.

Sebenarnya ada juga makanan lain yang dijual. Tapi harganya ga worth banget ya menurut saya. Semisal 1 paket nasi + katsu+ sedikit ayam + salad harganya 100rban. Mendingan beli Pizza. Lebih worth gitu kayaknya walaupun tetep mahal sih. Hehe. 

Yah.. Kira - kira begitulah sedikit gambaran di dalam Kidzania.

Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat