Cerita - cerita aja..

TENTANG TIDUR...

Masalah menidurkan anak ini asli loh perjuangan tiada tara sampai sekarang. Jaman bayi mereka amat gampang banget tidurnya. Ga perlu digoyang - goyang ga perlu di tepok - tepok pasti tidur. Mereka juga selalu tidur hampir sesuai waktunya. Maksdnya malem itu ya bobo, paling bangun buat minum susu abis itu tidur lagi. Kalo pagi ampe malem juga sering tidur sih sebenernya. Tapi kan ada yang bilang kalo pagi - sore itu tidur mulu nanti malemnya jadi kalong. Puji Tuhan waktu newborn kaga begitu si Jojo. Mereka tau kali ya kalo mereka itu berdua, maknya rempong kalo malem pun mereka jadi kalong. Hehehe... Sampai usia kurleb 3 - 4 bulan mereka uda ga pernah bangun - bangun tengah malem minta susu. Paling si Joyce kadang ada 1x ngendusin minta susu tapi ga setiap hari. Lumayan tuh ampe 1,5 taun keknya masih suka kadang nangis tengah malem or subuh minta susu. Untungnya sekarang sudah tidak pernah. Kalo Joanne, nih anak asli kebluk. Kalo uda tidur mah jarang ngendusin. Si Joyce nangis - nangis kayak gimana juga ga akan kebangun dia. Terkecuali nangisnya uda histeris dan ga berenti - berenti. Baru dah dia kebangun. 

Pernah suatu kali si Joyce nangis - nangis ga tau kenapa. Gue tanya mau susu, dia bilang ga mau. Gue gendong2 ga mau juga. Di tepok - tepok ga mau diem juga. Akhinya si Joanne gelisah dan terbangunlah dia. Terus dia berdiri ambil guling kasih ke si Joyce "nih nih nih... " sambil kasih guling ke ccnya andd.... langsung diam si Joyce terus tidur lagi. Asli loh itu nangis2nya setengah jem ada kali. Ampe bapanya aja ikut kebangun. Abis kasih guling ke ccnya, si Joanne tidur lagi and langsung lelap. Gue ama papanya cuma bengong and ngakak. Asli itu subuh - subuh kejadiannya. Mana ngantuknya uda luar biasa kan ya. Walo ngantuk2, kejadian ini bikin gue ama Leo ngakak. hehehe

Oh ya lanjut masalah menidurkan anak, sampai akhirnya kedatangan PRT,dia suka goyang - goyangin Jojo (padahal anaknya ga digoyang2 tidur), gue uda bilang ama si prt buat ga goyang - goyangin takut kebiasaan, tetep aja ga didenger ama doi, dan bener aja si Jojo ini jadi demen digoyang - goyang kalo mao tidur ampe gede. Pas uda berat, prt gue dong ga pernah mau gendong apalagi goyang - goyangin. Kesel eike.. dia yang uda membuat noda malah ga mau bertanggung jawab. hehe..

Sampe gue denger - denger bisik tetangga buat ga biasain goyang - goyangin karena itu bisa berlangsung sampai besar, panik juga dong gue. Secara anaknya 2 terus kalo ga ada prt, pengsan gue. Mending goyang - goyang cuma 5 menit. Kadang bisa setengah sampai 1 jam gue goyang - goyangin @anak. Jadi kalo 2-2nya gue goyang2in bisa hitung sendiri lah ya berapa lama itu gue gendong. Mak gue aja uda nyerah. Ga mau bantu goyang - goyangin Jojo kalo mao tidur. Pinggang dia sakit katanya. Gara - gara suka goyang2in, punggung gue and pinggang sakitnya ga minta ampun. 

Setelah bulat tekad buat menghentikan semua ini daripada tulang gue keropos di usia muda, akhirnya gue mulai cari info sana sini tentang cara nidurin anak. Jadi pas umurnya 1,5 taunan kali ya gue mulai taro di kasur berdua. Gue gelapin lampu dan kitanya juga ikutan pura - pura tidur. Jadi bener - bener gue harus ga bergerak sama sekali. Gue amankan kamar dari benda - benda berbahaya supaya ga bisa dipanjat - panjat dan di tarik2. Pokoknya tuh kamar ga ada apa - apa selain kasur, lemari yang dikunci dan meja tinggi + tv diatasnya. Jadi dia ga bisa manjat. Jadi tiap malam mereka bakal jalan sana jalan sini, maen - maen sampai akhirnya ketiduran. Gue pura - pura tidur sambil ngeliatin takut mereka saling melukai. Kalo uda mulai dah tarik - tarikan or gebuk - gebukan, langsung gue pisahin dan gue suruh bobo.. begitu terus tiap hari. Asli loh gue suruh merem diem aja tapi ga boleh tidur itu susah. Kadang malah gue suka ketiduran padahal kan papanya belom pulang kerja. Kasian ga ada yang siapin makanan. hehehe.. Makanya gue kudu tahan - tahanin deh supaya ga ketiduran. 

Pas uda mau 2 tahun akhirnya gue menemukan cara lagi dengan nyalain lagu - lagu rohani + klasik. Lumayan membantu dan bikin mereka cepet tidur. Uda gitu kalo di luar ada berisik - berisik, mereka ga akan kebangun karena gue setel musik sampai kita semua uda tidur and ga mungkin ada yg berisik di depan baru gue matiin. Jadi lumayan sangat membantu. Karena jaman dulu, sekalipun mereka uda ketiduran baru gue tinggal bentar suka ada yang nangis. Joyce ini gampang banget kebangung. Denger suara dikit suka kebangun. Makanya sejak ada musik yang nyala terus, Joyce jarang ngendusin. hehee.. 

Kan biasa Leo pulang kerja, sambil nemenin doi makan kita cerita - cerita tentang sehari - hari yang terjadi gitu. Bisa ngobrol - ngobrol. :D

Belom selesai masalah nidurin ini, masih ada 1 perjuangan lagi. Gue suka dilema masalah tidur gara - gara mereka ini kan suka gelut. Daripada pada baret - baret, jadi tidurnya gue pisahin. 1 di kiri 1 di kanan dan gue di tengah. Kalo gue tidur terlentang, kadang mereka suka iseng tiba - tiba loncat ke badan gue. Asli sakit banget. Mana gue lagi merem kan pura - pura tidur jadi ga ada persiapan buat melindungi diri. Sedangkan kalo gue tidur nyamping, gue dilema mau hadap kiri or kanan. Kalo gue hadap kiri, yang kanan suka isengin gue karena gue punggungin. Cari perhatian gitu berasa di cuekin. Kalo gue hadap kanan, sama juga yang kiri iseng. Phew dilema tiada tara.. Kalo setiap bisa nidurin mereka, itu rasanya senangnya bukan main. Kayaknya gue berhasil melakukan sesuatu yang besarr..

Uda gitu akhirnya gue menyerah dan mulai menemukan metode baru. Joyce ini kalo gue pangku terus gue tepok - tepok pantatnya sambil gue goyang - goyangin badan (posisi duduk), cepet tidurnya. Ga sampe 5 menit biasanya uda ketiduran. Jadi mau ga mau dah daripada waktu terbuang sia - sia setiap mau nidurin mereka gue lakukan ini. Nahhhhhh kembali gue masih belum mendapatkan cara menidurkan si Joanne. Nih anak ga bisa diapa - apain kalo mao tidur. Di gendong ga mau, dipangku ga mau, di tepok - tepok pantatnya juga ga mau, dielus - elus juga ga mau. Dia ini cuma bisa tidur pake bantal yang ada sletingnya. Jadi harus sambil pegang - pegang sleting. Sebenernya sih enak ya ga perlu diapa - apain. Tapi masalahnya bisa lamaaa baru dia tidur. Bisa 30 menit - 45 menit baru akhirnya tidur. Bayangkan buat nidurin si Joyce 5 - 10 menit. Terus gue tidurin si Joanne 30 - 45 menit. Pas si Joanne tidur, Joyce uda mau bangun. Paling gue kedapetan waktu cuma 1 jam paling lama buat 'me time'. huhuhu... 

Yang paling ngeselinnya itu, kalo si Joyce uda tidur ga sampe 30 menit, gue kecolongan si Joanne ngendap - ngendap isengin si Joyce dan akhinya si Joyce bangun.. waaaakkkkk, itu asli loh kesabaran gue sangat amat teruji.... keselnya ampe keubun2. Mana nidurinnya ga gampang pula..

Yah pokoknya itulah dilema menidurkan Jojo sampe sekarang. Gegara susah nidurin mereka, ga ada yang mau nidurin Jojo. Nyokap gue juga menyerah kalo suruh nidurin. Pernah ampe 1 jam ga tidur - tidur di kamar bonyok malah diajak maen. Leo juga kalo suruh nidurin belom 15 menit uda berakhir teriak - teriak and bentak - bentak. Soalnya laki gue ini gampang tidur. 5 menit pasti uda ketiduran. Nah si JOJO ini kan susah tidurnya, jadi laki gue uda tidur mereka belom tidur. Nah namanya uda nyenyak tidur terus di ganggu2in gimana sih rasanya. wkwk... Malah emosi dan akhinya gue yang nidurin mereka..

Gimana ini kalo mau jalan - jalan? ga bisa ditinggal dah anak - anak? wkwk


TENTANG MAKAN

Jojo sekarang uda ga terlalu sering minum susu. Paling pagi bangun tidur gue kasih 100 ml pake gelas belom tentu abis. Siang ga setiap hari dikasih susu. Paling kalo emang kekurangan cemilan aja mau ga mau kasih susu. Kalo malem juga jarang kasih susu. Kalo makan malem gue liat cuma sedikit, biasa gue kasih 100 - 200 ml lagi pake gelas or kadang kalo mao cepet pake botol. 

Telat banget ya uda 2 tahun 1 bulan Jojo masih pake botol kadang. Nyokap gue sih uda bilang normal kok, nanti uda gede juga bakal lepas sendiri. Temen gue bilang ga mungkin juga kan sampai besar mereka masih pakai botol susu. Tapi tetep gue mau menghilangkan kebiasaan minum pake botol karena katanya ga bagus juga buat giginya + males juga cuci botol..hihihi...

Sebenernya kalo kasih gelas itu lebih rempong. Secara suka ogah - ogahan minumnya. Kadang tumpah - tumpah terus dimaen - maenin. Cuma gue yakin kalo kita latih sekarang, ke belakangnya kita juga yang senang dan dipermudah. Kalo mereka uda bisa minum susu lancar pakai gelas kan enak juga. Hehehe

Nah kalo mengenai makan, ada perbedaan kebiasaan makanan mereka. Joanne ini lebih gampang dalam hal makan. Gue kasih capcay abis 3 piring pigeon. Ga pake nasi ya.. Cuma capcay doang. Gue kasih Labusiam juga mau pake nasi. Sayur asin, bayem, daun singkong, daun paya, sayur asem, kacang panjang, buncis, taoge, wortel, jagung muda, pokoknya segala macem sayur mau dimakan ama Joanne. Gue pernah juga kasih toge sepiring pigeon buat dia gadoin gitu. Eh dia demen malah minta nambah. Cuma ini anak kalo makan sendiri suka ga abis. Lama pula. Joanne ini lebih demen lauk daripada nasi. Jadi kalo gue kasih nasi sama lauk apapun, lauknya abis nasinya cuma dimakan dikit. Makanya biasa belakang - belakang gue suapin nasinya. Karena si Joanne suka sayur and lauk, biasanya nasinya gue kasih dikit aja. Toh tetep butuh karbo juga kan. 

Kalo si Joyce lebih ribet kasih makannya. Dia ini cuma suka sama yang namanya IKAN. Asli loh kalo ada ikan, dia bisa makan 2 piring pigeon. Cuma ikan tok. Ikan kukus, ikan goreng, ikan panggang, apapun jenis masakannya asal ikan dia doyan. Paling demen ikan bawal goreng. Makanya di rumah stock ikan bawal paling banyak. Kalo ikan kukus, dia juga demen. Ikan kukus tok loh ga pake bumbu sama sekali. Biasa dia bisa gadoin ikan 1 ekor bawal sedeng sendiri. Malah kalo ada lagi, masih mau mungkin. Cuma gue batasin aja. 

Cuma jeleknya, dia ga mau sayur or lauk apapun. Apalagi sayur. Kalo ada sayur, bisa dia pisahin atau dia buang. Ga mau nyoba sama sekali. Dipaksa kayak apa juga kaga mau. Tapi kalo ayam, dia masih mau sih. Walo ga sedemen ikan. Ayam kukus putih gitu juga dia demen. Biasa dia suka gadoin ayam 1 potong paha gitu sendiri. Jojo ini dari 1 taun uda bisa makan daging. 1,5 tahun keknya uda ga perlu disuir - suir kalo ayam. Kalo sapi, asal empuk and lunak bisa dia makan kalo potong kecil - kecil. Kalo sekarang, ayam kasih aja 1 potong abis sampe ke tulang - tulangnya.. Jojo suka banget sama tulang ayam. Ini tulang bisa dikunyah - kunyah ampe hancur baru dilepeh. sigh..

Untungnya si Joyce demen buah. Biasa gue potongin 2 buah apel fuji, bisa abis ber2. Buah yang disukain Joyce itu apel, pear, jeruk, strawberry. Sedangkan buah yang dia sama sekali ga mau makan itu alpukat, mangga, pepaya. Sisanya kadang masih mau kadang ga.

Kalo Joanne ga terlalu suka buah tapi masih mau makan. Walo ga sebanyak si Joyce sih. Buah yang dia ga mau makan alpukat sama strawberry. Tapi kalo mangga and pepaya justru malah demen banget dia. Terbalik dah.

MAK GALAU

Kali ini gue mau cerita tentang kegalauan gue yang bikin gue stress dan tidur tidak nyenyak. Jojo ini punya kebiasaan jelek dari kecil. Mereka suka mukul - mukul orang. Kalo ga jenggut rambut, cakar, tendang or pukul.. duhhh... gue uda ga tau mau diapain lagi nih mereka biar bisa berubah... *nangis guling - guling

Apalagi beberapa hari yang lalu, gue baca status salah 1 teman di FB yang anaknya seumuran anak gue bilang kalo dia kesel banget ama temen skul anaknya. Suka mukul - mukul and ngerebut maenan anaknya. Anaknya uda sabar dan diem aja selama ini kalo digebuk - gebuk. Uda gitu muncul comment - comment dari temennya yang bilang dia juga kesel di sekolah ada temen anaknya yang suka gebuk - gebuk juga. Sampai suatu hari dia samperin mamanya dan ngomel - ngomelin mamanya dan anaknya. Di comment dia bilang mak macem apa itu anaknya bisa pukul - pukul gitu. Ga bisa didik anak ya dan blablabla... Asli itu piso rasanya nancep - nancep di dada gue... Eh tapi yang mereka cerita itu bukan si Jojo ya maksdnya. Hihi..

Gue sih tidak menyalahkan para komentator di FB itu, secara jaman gue dulu belom punya anak, sering gue juga mengucapkan kalimat yang mereka - mereka suka sebutkan. Soalnya gue waktu kecil, ga pernah berani mukul - mukul. Begitu juga cici2 gue. Kayaknya haram gitu di kepala kita menyakiti orang lain. Jadi gue selalu menjudge mama yang anaknya suka mukul - mukul pasti ga bisa mendidik anaknya. 

Tiap liat anak kecil di mall or dimana gitu lagi mukul - mukulin prt or sapa kek gitu ya, pasti gue langsung komat kamit kesel ama tuh anak. Tidak terlepas juga mamanya pasti gue ikut komat kamitin karena gue berpikir pasti di rumah ini anak dimanja, ga pernah diajarin dst2.

Tapi oh tapiii mengapa ternyata gue mengalami jadi mama si anak yang suka mukul - mukul. huaaaa... *nangis guling - guling.

Bahkan kalo abis sekolah minggu, itu  mama2 suka ada yang mukanya cemberut karena anaknya abis digebukin ama anak2 gue. hiks2.. maap ya mama2..

Terus akhirnya gue coba instropeksi dulu ke diri gue sendiri dan gue mulai mencari - cari jawaban begimana bikin anak2 ga mukul2. Gue tanya sana sini dan coba gue implementasikan..
  1. Jangan manjain anak
          Duh asli deh gue ga berasa manjain mereka. Mau nangis guling - guling kek gimana juga gak akan gue gendong. Pokoknya tangisan mereka ga berlaku buat gue. Cuma mungkin karena gue masih tinggal sama bonyok gue, Jojo jadi berasa selalu ada yang belain mereka. Namanya kakek nenek gimana sih terhadap cucunya. Mana tahan kalo ngeliat cucunya nangis or diomelin. Jadi ya gue ga bisa menyalahkan bonyok gue. 
Tapi asli loh, tiap ada papanya (padahal lebih galak dari gue) or bonyok gue, si Jojo ini rewelnya bukan main. Kalo ga ada siapa - siapa di rumah mereka ga suka cari perkara sama gue.
So, buat yang ini gue agak clueless.. 

2. Disiplin setiap dia mukul
    Ini selalu gue lakukan dari umur mereka 1 tahun sampai sekarang. Jadi tiap dia mukul or menyakiti siapapun gue akan freeze mereka. Berdiri di tembok ga boleh bergerak selama 2 menit. Kalo jaman dulu mereka ga terlalu mengerti kali ya, tapi sekarang uda lumayan sih. Kalo gue ancem, dia langsung stop mukul. Cuma tetep reflek buat mukul orang itu tidak hilang kalo diluar sana.. phew

3. Beri contoh
    Temen gue yang jadi guru bilang kita orang tua harus kasih contoh. Gue akui disini ada kebocoran yang gue lakukan sih. Semenjak ga ada prt, asli gue suka kelepasan. Dulu waktu ada prt,  gue ga pernah loh mukul or jewer mereka. Tapi pas ga ada prt, kadang gue suka emosi. Jadi pas mereka lagi makan, terus mereka ga suka mereka bisa lempar piringnya ke lantai. Jadi berantakan di lantai. Duhhh kalo lagi kek gitu gue emosi banget. Mana ga ada prt, gue kudu bersihin badan mereka, kudu bersihin lantai juga.

Belom kalo lagi urus yang 1, 1 lagi suka ga bisa diem lari sana sini, megang ini itu. Duh pokoknya crowded banget deh keadaannya. Kadang gue suka hilap jewer mereka akhirnya. huhuhu.. gue akui ini gue salah. 
Selain itu kadang, kalo mereka lagi berantem kan gebuk - gebukan or salah 1 bisa jambak2 rambut sodaranya terus cakar or cubit and ga mau lepas gitu even uda dibentak - bentak ama gue untuk stop. Jadi kadang gue pukul tangannya or gue jewer.. duhh abis melakukan itu biasanya gue suka menyesal sendiri.. Gue tau gue salah.. hiks2..


Akhirnya setelah 2 bulanan tanpa prt, gue uda mulai bisa mengontrol emosi gue. Waktu awal - awal masih belom beradaptasi kali ya. Sekarang gue uda ga pernah mukul or jewer mereka. Kalo mereka melakukan kekerasan gue terus disiplin mereka. Kadang gue cuma elus - elus tangannya gue bilang " tangan ini untuk sayang. tangan ini tidak untuk memukul"
Eh lumayan malah stop mereka. Waktu gue pukul tangannya, malah nangis or kembali menyerang atau bahkan menyerang gue. 
Cuma kalo diluar sana mereka mukul terus gue melakukan itu, bisa dimakan ama mamanya kali ya. huehuehue... Anak2 mukul malah gue elus2.. 
Papanya juga uda gue kompakin pokoknya ga boleh mukul or jewer semarah apapun kita dan uda sepakat. Cuma kalo ortu gue, ga bisa diomongin begitu, Soalnya bagi mereka, justru anak mukul harus dipukul. Ya sudahlah ya. Gue ga bisa merubah lingkungan Jojo,  karena cepat atau lambat mereka akan bertemu dunia yang mungkin ga sesuai. Yang penting mereka tau kalo papa mamanya sendiri ga mengajarkan kalo kesel or marah itu dengan cara memukul.

4. Bacain buku - buku 
     Kalo masalah bacain buku, gue uda lakukan dari Jojo umur 1 tahun. Dari yang ga mau denger, dicuekin sampai suka banget dibacain buku. Asli loh ga mudah bikin mereka suka buku itu. Kitanya kudu heboh and telaten bacain buku tiap hari sekalipun dicuekin. Waktu Jojo umur 1,5 tahun akhirnya mulai bisa dibacain 1 -2 halaman paling. Pas 20 bulan, uda mulai bisa dibacain 1 - 2 buku @6 halaman kurleb.
Belum 2 tahun, uda bisa dibacain buku 2-3 buku, itupun gue stop karena mulut uda berbusa. hehehe.. Bukunya juga uda mulai belasan halamannya. Sekarang 2 tahun 2 bulan uda bisa 3 - 4 buku dan uda 20halaman lebih @ bukunya. Lumayan kan buat anak seumur mereka bisa dibacain buku sebanyak itu. 
Gue ampe langganan sama toko bukunya beli buku anak - anak. Biasa gue beli yang 2nd. Lumayan kan murah meriah. Hehe... Gue sampai hapal sama buku - bukunya. Uda ga perlu baca lagi, uda tau ceritanya apa aja. Pernah suami gue ampe tanya "lo ngarang ya sin? kok ga liat buku sama sekali".. kikikikkk

Jojo juga dibacain terus sampai hapal ceritanya. Gue cuma perlu buka halaman, nanti dia yang cerita itu isinya apaan.. hihihi

5. Doain and tumpang tangan
     Duh gue tiap malem selalu doain mereka dan tumpang tangan biar Jojo itu penuh kasih, ga mukul - mukul dst. Gue ampe mikir Tuhann salah apa dakuu.. Kok anak2 bisa begini bener ya ringan tangannya.. 
Keknya anak - anak yang mamanya kerja aja banyak yang ga suka mukul2. Padahal kalo mao dibilang manjaan mana, pasti manjaan yang mamanya kerja dong. Wong kalo ditinggal ama sus or neneknya, pasti kan sus ga berani galak2 dibanding mamanya sendiri. Belom kalo mamanya pulang kerja, pasti kan kangen2an ama anaknya. Jadi bisa dibilang lebih dimanja kondisinya. Yah kek si Jojo ketemu papanya. Uda jarang ketemu, kalo ketemu tuh nemmpeelll kayak perangko. Ampun dah. Mamanya cuma jadi pajangan..

6. Pakai kata - kata positif
    Duh, gimana ya. Gue tau ini yang bener. Tapi kenyataannya tidak semudah teorinya. Ada yang bilang ga boleh ngomong anak nakal tapi bilang anak aktif. Nah, tapi kalo misalnya mak2 pada cemberut abis digebukin anaknya ama Jojo, masa iya gue bilang " Jojo ini cuma aktif doang kok".. bisa di cakar2 nanti gue. wkwkwk...

Uda gitu mereka lagi ngomel - ngomel, masa iya gue bilang Jojo anak yang baik, Jojo anak yang sabar, jojo anak  yang ramah.. Kan ga mungkin. Tatapan emak2 uda pada sinis, bisa makin sinis kalo gue ngomong begitu. Mao ga mao gue marah pasti ke si Jojo kan. Asli loh malunya itu luar biasaa... Gue kalo bisa sujud, mau deh sujud ke depan mak2 yang anaknya disakiti.. huhuhu


KENAPA YA SI JOJO INI?

Gue mencoba merenung kan kenapa ya nih anak - anak demen bener gebuk2, padahal dulunya ga suka digebukin. Gue mulai jewer or pukul itu ya pas 4  bulanan yang lalu pas prt gue resign. Sedangkan mereka itu uda sering gebuk2an dari bayi masih berapa bulan gitu. Pas uda bisa ngesot lah kayaknya.. 

Mungkin karena mereka dari bayi itu uda bersaing kali ya. Begitu brojol juga bersaing. Mereka suka rebut - rebutan maenan dan mencari cara untuk bertahan terus. Kalo anaknya cuma 1, mungkin kondisinya semua orang mengalah buat dia. Ga ada persaingan dan bisa shock ketemu orang macem Jojo. Kalo anak paling kecil, si kakanya di rumah pasti dituntut untuk mengalah juga buat si adek. Kalo adek nangis, si mama belain adek. Jadilah dia uda biasa dibela. Kalo si Jojo, mereka harus berjuang ga bisa ngarepin pembelaan. Karena gue akan belain salah 1. Biasanya ya yang salah gue disiplin, yang bener gue bela. 

Gue ampe tanya ama temen gue yang anaknya kembar juga. Anaknya baru 1 tahun lebih. Gue pernah ketemu kayaknya anaknya pada anteng. Akhirnya pas gue tanya anaknya suka gebuk2an atao ga dia kirim ke gue foto punggung anaknya yang baret2 bekas dicakar2in. phew.. ternyata kami senasib. huhuhu...

Tapi gue ga bisa jadikan ini excuse sih. Gue ga aware masalah ini dari awal. Kudunya kalo gue tau bakal kayak gini, gue kudu concern masalah gebuk2an ini dari awal. Ga membiarkan. Gue sampai googling cari artikel sana sini, tapi ga ada yang membahas terlalu dalam dan gue masih galau sampai sekarang.

PR besar buat gue, sebelom mereka sekolah beneran kebiasaan mereka kayak gini kudu gue selesaikan sesegera mungkin. Sebelom gue diteleponin sama mak2nya di sekolah nanti. hehee...

Dulu waktu gue belom merid, gue takut banget kalo misal punya anak terus di bully2 gimana ya. Apalagi denger - denger berita anak SD aja bisa bully2. Apalagi kalo punya anak cowok. Jaman sekolah gue terutama SMP, sering banget ada yang dibully2 terutama anak cowo. Gue tau gimana kerasnya dunia. Bahkan kemaren gue baru ketemu sodara gue yang anaknya baru kelas 3 SD cerita kalo dia baru pindah sekolah. Gue tanya kenapa. Dia bilang dia abis di bully2 di sekolah. Sering digebukin sama temennya. Puncaknya pas ditusuk pake pensil ke kepalanya sampai berdarah. Akhirnya mamanya pindahin sekolahnya. 

Duh, gue uda mempersiapkan dari awal kalo nanti punya anak, mereka harus bisa menghadapi kondisi kayak gitu. Harus bisa bertahan terhadap lingkungan yang keras. Masalah itu yang gue aware, ga nyangka malah sekarang gue galau gara2 anak2 gue yang suka melakukan kekerasan sama orang lain.. huhuhuhu... Gue merasa gagal sebagai ibu. Idealisme semua luntur. Mungkin ini salah 1 cara Tuhan juga buat proses gue supaya gue terus bersandar sama Dia. Masalah makan, susu, cara tidur, toilet training semua bisa gue cari tau lewat google. Tapi masalah ini, gue cuma butuh kasih karunia Tuhan buat kasih hikmat sebagai seorang ibu untuk mendidik anak - anaknya. Bukan karena kuat gagahku tapi karena kasihMu. Jadi curhat. hehe..

Doakan saya ya.. sigh.


Comments

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat