Siklus hidup aye selama ngerawat si kembar

Hai2.. Bisa ngeblog lagi. Soalnya akhirnya gw dapet 'mbak' juga.. Setelah sekian lama mencari kesana kemari mencari si mbak..jeng..jeng...(smbil nyanyi lagu Ayu ting2)... Moga2 mbak yang ini awet and kerjanya bagus plus jujur dah.. AMINNN...

Doi baru dateng kemaren. Orangnya sih uda agak tua.. Ya 30an lah. bukan yang masih kucrit2 kaya kebanyakan gitu. Doi juga belom pernah nikah. Jadi selamet deh ga bakal direcokin minta pulang mao ketemu anak suami. Terus kayaknya belom punya pacar juga. Orangnya agak 'lemot' and budek. Jadi kalo ngomong harus teriak2.hauhaua.. tapi ga apa2 dah. Justru yang kaya gini biasanya ga centil. Paling pusing kan ngadepin mbak yang kerjaannya pacaraann terus.. maenin hp terus. Sejauh ini sih gw liat dia kaga megang hp terus.
Doi kalo ngerjain sesuatu luamaa bener.. cuma bersih sih. Uda gitu kurang insiatif, jadi kudu disuruh buat ngerjain A,B,C dll.. Cuma ngerjainnya bener - bener. Ga ogah2an. Tapi ini masih baru pertama dateng sih ya. Jadi kaga tao aslinya gimana. Pengalaman dia juga uda banyak. Uda sering kerja. Jadi ya moga2 dia betah.
Tapi menurut pengakuan doi, doi suka sakit2an. Gaswat dah. Moga2 aja dia di Bogor cocok sama udaranya.

Oh ya, karena rumahnya masih daerah Bogor cuma plosok2 sono, gw kira dia bakal minta pulang sebulan sekali kan. Akhirnya kemaren sama si nyokap di bilang pulangnya jangan sering2 ya. Sebulan sekali aja. Eh dia sendiri yang bilang mao pulang pas lebaran aja.. Puji TUhan dah. Gw kira bakal dag dig dug terus tiap bulan nunggu dia balik. Hehe

Eh ya, buat masalah mbak ini, gw tiap ari doaa terus ama Tuhan minta mbak yang jujur, betah, kerjanya bagus, dst2.. hehe.. Gw percaya TUhan pasti sediakan yang terbaik. Tadinya uda hopeless and uda siap bayar 1 juta buat ambil di yayasan. Di Jakarta, kebanyakan pada ga mao mbaknya ke Bogor. Hiks. Ada cuma di Depok katanya. Bayar 1 juta buat biaya awal.. muahal kan. eh, ternyata kita ga sampe ambil ke yayasan itu dapet deh mbak ini. Tanpa yayasan lagi. Cuma kasih ongkos ke adek nya yang nganterin 100rebu. Lumayan kan. hehehe....

Oke, itu masalah mbak. Sekarang gw mao cerita siklus kehidupan gw buat ngejaga si kembar ini. Secara usia twins Jo kan uda 1,5 bulan. 2 minggu mereka di RS. Berarti sebulan lah gw ngerawat tanpa bantuan si mbak. Gimana kehiduapan aye?bener2 gw uda ga ngerasa pagi, siang dan malem. Semua sama bagi gw. huehehueue...

Saat ini kan gw pake asip alias asi perah yang berarti gw harus rutin buat mompa asi. Awal abis lahiran gw masih 2 jam sekali, terus 3 jam sampe akhirnya 4 jam sekali. Nah, selama 2 minggu twins Jo di RS kan gw masih hidup normal tuh. Jadilah gw bisa pompa dengan konsisten dan menghasilkan 3 - 4 L ASI di freezer selama 2 minggu itu. Soalnya babies minumnya masih seuprit2 awalnya. Paling cuma 20 - 30 cc. Kadang kurang. Buat mereka bisa minum 45 - 60 cc itu butuh ampir 2 minggu.

Eh, tapi begitu twins Jo pulang gw uda ga bisa rutin mompa. Sesempetnya aja. KAdang selang 4 jam, kadang 5 jam bahkan bisa 7 jam. Alhasil ASI gw ini turun drastis. Dari yang sekali pompa dolo bisa 180 - 200 cc per 4 jam eh jadi tinggal 120 cc per 4 - 5 jam. Sedangkan Twins Jo itu kan minumnya makin lama makin banyak. Sekarang aja uda 80 - 100 cc sekali minum. Selang 2 - 4 jam lah minumnya. Kadang 1,5 jam uda nangis2. Terutama si Joanne. Ini si bocah 1 ini minumnya buanyak and cepat lapar.. hehe.. Makanya berat dia sekarang uda 3,1. Beda ama si ceceh yang minumnya itu 80 - 90 cc. Dia lebih ga cepet laper dan suka ga abis plus kadang suka muntah or gumoh. Uda gitu poops nya si ceceh ini lebih sering daripada si dede. Makanya badan dia lebih cungkring. Beratnya 2,8. Beda 300 gram ama si dede. Kalo ngegendong si ceceh mao 1 jam juga ga pegel.. eh gendong si dede 10 menit aja tangan rasanya pegel bener yaa. hahaha.. Tapi ga apa2 dah.. Bagus makin berat berarti makin sehat..

Oh ya, kembali masalah ASI akhirnya stock gw yang segambreng di kulkas itu sedikit demi sedikit mulai berkurang dan KURANGG.. Akhirnya mulai campur sufor setelah umur mereka 32 hari. Hiks.. 1 kali sehari. Kadang 2 kali kadang ga sama sekali. Kenapa bisa kurang? Jadi gini ceritanya. Seperti yang gw bilang tadi, awal mereka belom pulang gw bisa konsisten dan konsentrasi buat pompa. Tapi begitu mereka pulan kehidupan jadi tak teratur.Terutama malem hari. Awal2 gw ga tidur ama sekali. Bayangkan saja, misalnya gini. Jam 10 malem si Joyce laper, gw kasihin susu dong. Ini aja memakan waktu 15- 30 menit. Tergantung doi lagi semangat minum or kaga. Uda gitu kudu di pok2in. Ini juga bisa 5 - 30 menit. Kalo lagi beruntung begitu di berdiriin langsung sendawa. Tapi kalo ga beruntung bisa setengah jam. Kalo ga ampe bersendawa, suka muntah dia. Makanya daripada asi gw yang sangat berharga itu keluar lagi dengan sia2, makany gw pok2in terus dah. uda beres ehh uda ampir 1 jam berlalu. Lalu tidurin dah. Setelah itu lanjut gw kasih minum si Joanne. Samimawon ini ge, bisa kurang lebih 1 jam. Cuma untungnya dia biasa lebih cepet minumnya plus lebih cepet sendawanya.

Lanjut gw pompa deh... Pompa itu bisa memakan waktu 15 - 30 menitan plus cuci botol and steril.. Eh uda 45 menit. Setelah itu gw ganti popok. Kalo malem pake diaper kan. Jadi uda 4 jam or gw denger ada yang eek, kudu diganti. bersih2in ehhhh uda laper lagi. Jadilah perputaran di ulang kembali sampe pagi begitu teruss....untungnyaaaaa anak2 gw ini kaga rewel. 1 bulan pertama mereka amat sangat jarangggg sekali nangis. Gw jadwalin juga kali ya. Jadi gw tulis jam berapa mereka minum dan berapa cc. Jadi gw bisa tau kira2 bakal laper lagi jam berapa. Kalo ga ditulis, bisa gaswat. Soalnya ini nyokap, cici ama gw suka ketuker mana yang uda dikasih minum dan berapa cc. Jadi lebih gedebak gedebuk karena kudu nunggu sapa yang nangis duluan.

Kalo di catet kan gw jadi bisa siapin kira2nya kapan mereka bakal laper. Oh ya, ribetnya itu si ceceh ini mulutnya lebih kecil. JAdi kdu pake botol yang nipplenya kecil and botolnya juga kecil jadi ga gampang kesedek. Sedangkan si dede mulutnya lebih besar and kalo minum itu penuh napsu. Kalo pake yang kecil ga nampol dia. Ostomatis gw kudu siapin susunya itu di botol sesuai kebutuhan. Si ceceh yang kecil, si dede yang gede. Makanya butuh waktu buat siapinnya. Jangan sampe salah gw manasin or pindahin susu dari botol kaca ke botol susu. Yah pokoknya agak ribet dikit di bagian situnya.

Cuma yang namanya jadwal and pencatatan tetep aja kan bisa meleset. Jadi kadang dia 2 jam eh uda laper or poops tiba2, jadilah gw suka missed jadwal pompa. Kudunya 4 jam eh jadi 6 jam or 7 jam. Pokoke kacau dah jadwal pompanya. Uda gitu pagi hari nyokap uda bangun gw teler.. Tidur dah. hahaa. Tidur bisa 3 -5 jam..hihi.. Itu pun yang menyebabkan gw missed jadwal pompa juga.

Pokoknya Sebulan pertama itu amburadul di ASI. Menyesal gw ga konsen di sono juga. Akhirnya setelah curhat ma cici gw, dapet infolah intinya kudu konsisten dan coba mulai dari 2 jam lagi terus lama2 tingkatin. Akhirnya dengan segenap hati dan tenaga mulai lagi 2 jam terus 3 jam. Sekarang sih 3 - 4 jam sekali. Kadang bisa 5 jam. Tetep ga bisa konsisten.. hehe.. Abis gmna ya. Masa pas anak nangis kdu minum susu dan bertepatan jadwal pompa, gw lebih utamain pompa. Kan kaga mungkin. Tapi lumayan meningkat lah. Sekarang kalo 4 jam bisa 150 - 190cc.. naek dikit... hehe... Tapi lumayan..

Makanya browsing sana sini ketemu produk yang namanya mama soya dan baca testimoninya akhirnya kuputuskan mao coba dan mulai menjualnya. Promosi.com. Abis uda hopeless banget ini ASI kumaha.. Gw mao full asi lagi..hiks..hikss...

Ya, itulah kisah kasih kenapa bisa berkurang asi dan siklus kehidupan. Kalo pagi ada jadwal jemur dan mandi. Gw awal2 ampir selalu kehilangan jadwal jemur and mandi. Ga kuat dah., JAdi kuserahkan sama nyokap and cici gw. ahaha...

Tapi sekarang karena uda mulai terbiasa, gw uda mulai bisa atur. Jadi malem bisa nyolong2 tidur 1 - 3 jam. Apalagi cici gw baik hati mao bantuin jaga salah 1 anak. Jadi si Joanne suka dibawa tidur ama die di kamarnya. Jadi gw cuma jaga si Joyce. Lebih ringan dah. So, pagi dan siang hari gw kuat buat ikutin jadwal jemur dan mandi. Tapi siang or sore tetep nyolong tidur.hahaha..

oke deh.. Sekian aja cerita aye tentang ngerawat si kembar. Next, gw cerita2 lagi deh ya...

Comments

  1. wisshh gileee padet banget jadwal lu ya sin hahaha..duh pasti ribeeett yaa 2 baby gt..tapi seneng banget dong tentunya..wah joanne mirip siapa neh tukang makan,udah ketahuan tuh bakat gembulnya haha..

    ReplyDelete
  2. Ya betull.. Padet bener.. Kaga ada abisnya... Tp makin gede jarak minum makin lama plus pupnya makin jarang sih.. Dulu bisa 8x sehari... Skrg paling 2-3 x aja... Hehe
    Wah, bakat gembul? Bukan gw yang pasti *crossfinger

    ReplyDelete

Post a Comment

People said....

Popular posts from this blog

NYX , very love it!!

Akhirnya cat rambut DONE!!

Diet time with Olive oil n Quaker oat